Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan File Rahasia di dalam Gambar

Cara Menyembunyikan File dalam Gambar

Bagi sebagian pengguna PC atau Personal Computer, khususnya yang digunakan lebih dari satu orang, biasanya merasakan kekhawatiran terhadap keamanan privasi ataupun file-file penting. Hal ini biasanya terjadi pada penggunaan PC bersama keluarga, misalnya orang tua dan anak, atau kakak dan adik.

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa terkadang setiap orang memiliki file-file pentingnya masing-masing, misalnya file skripsi yang amat rentan terhadap virus maupun human error seperti tidak sengaja terhapus atau ter-edit.

Kesalahan seperti itu sebenarnya ada beberapa cara untuk menghindarinya, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan penyimpanan cloud melalui jaringan internet, akan tetapi tidak bisa dipungkiri pula bahwa tidak semua orang punya kemudahan dalam mengakses internet. Oleh karena itu, slaah satu alternatif yang bisa digunakan adalah mengamankan file yang penting tersebut dengan menggunakan metode berikut ini, yaitu menyimpan file di dalam file lain.

Pada dasarnya cara ini sebenarnya hampir mirip dengan mengarsipkan file menggunakan aplikasi pengarsip seperti Winrar, Winzip, Archiver, dan sebagainya. Akan tetapi cara ini jauh lebih terahasia karena bentuk file-nya bukan rar, zip, iso, dan sebagainya, melainkan bisa saja berbentuk gambar JPG, PNG, bahkan bisa di dalam file MP3, atau MP4. Menariknya, orang lain tidak akan dengan mudah menyadari di mana file-file penting kita tersimpan.

Cara Menyimpan File dalam File Gambar

Jadi dalam kasus di sini kita akan menggunakan file gambar sebagai media untuk menempatkan file lain di dalamnya. Pertama-tama silakan satukan file gambar (tempat menyimpan file) dan file yang ingin disembunyikan dalam satu folder yang mudah teman-teman jangkau, artinya tempatkan folder langsung pada lokal disk.

Kemudian arsipkan file yang akan disembunyikan - kompres menggunakan Winrar atau file archived yang lain - seperti gambar berikut, Document1.docx dan Document2.xlsx merupakan file yang akan disembunyikan, File1.zip merupakan file arsip tempat menyimpan Document1 dan Document2 yang kemudian akan disembunyikan di photo.jpg.

Cara Menyembunyikan File dalam Gambar
Setelah file yang akan disembunyikan sudah terarsip (sudah menjadi file *.rar *.zip *.7z atau format lainnya) selanjutnya buka Command Promt dengan cara klik Start tuliskan cmd pada pencarian dan buka cmd.exe.
Cara Menyembunyikan File dalam Gambar
Setelah itu menuju ke direktori folder yang telah teman-teman buat tadi, misalnya terletak di partisi Local Disk (D:) ketik "D:" tanpa tanda kutip, begitupun jika berada pada partisi lain. Kemudian buka folder tersebut dengan cara mengetik "cd nama folder" tanpa tanda kutip. Seperti contoh pada gambar.
Cara Menyembunyikan File dalam Gambar
Selanjutnya ketikkan kode copy /b photo.jpg + File1.zip gambar.jpg dan ganti photo.jpg sesuai nama file gambar yang teman-teman jadikan tempat menyembunyikan file. Ganti File1.zip dengan file arsip teman-teman dan gambar.jpg sebaiknya teman-teman tidak perlu ganti. Setelah selesai tekan Enter. Jika berhasil akan muncul peringatan 1 file(s) copied. Jika teman-teman kurang mengerti tentang ekstensi file *.jpg *.zip dan apa itu ekstensi silakan pelajari lebih lanjut.
Cara Menyembunyikan File dalam Gambar
Kemudian teman-teman lihat di folder yang tadi, akan muncul sebuah file dengan nama gambar.jpg yang sama persis dengan gambar yang teman-teman pilih. Buka gambar.jpg dengan winrar dan lihatlah, akan terbuka dan didalamnya terdapat file yang teman-teman sembunyikan tadi.
Cara Menyembunyikan File dalam Gambar
Mungkin cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin teman-teman tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada dibawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan File Rahasia di dalam Gambar"

Dapatkan Info Terbaru!