Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Smartphone Android Terbaru

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Smartphone Android Terbaru

Cara Meningkatkan Kinerja RAM Smartphone Android Terbaru ― Menggunakan smartphone secara lancar tentu akan menjadikan kesenangan tersendiri bagi siapapun. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja smartphone yaitu terletak pada RAM yang ada di dalam ponsel. Terkadang RAM yang kurang mencukupi akan membuat smartphone mengalami kendala seperti ngehang, ngelag, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu harus meningkatkan kinerja RAM pada ponsel android supaya memiliki kinerja yang efektif. RAM setiap android juga berbeda-beda, mulai dari RAM 1 GB, 2 GB, 4 GB, dan seterusnya. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja RAM pada hp android yang kamu miliki yaitu sebagai berikut!

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Salah satu pengaruh terjadinya RAM memiliki kinerja yang rendah adalah banyaknya aplikasi yang ada di smartphone. Aplikasi yang melebihi kapasitas tentu akan membuat smarthone menjadi terbebani karena harus menampung banyak RAM di dalamnya. Ketika kamu menggunakannya tiba-tiba mengalami kendala yang tidak diinginkan seperti ngelag, hang atau masalah lain.

Bila hal ini terjadi pada smartphone kamu, uninstall aplikasi bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara yang efektif untuk dilakukan. Terkadang ada aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan yang membuat smartphone mendapatkan beban yang cukup berat. Hapus saja aplikasi yang tidak atau jarang digunakan pada smartphone. Dengan ini, kinerja RAM akan menjadi lebih cepat kembali.

Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Membuka banyak aplikasi secara serentak tentu tidak efektif untuk dilakukan, hal ini akan mempengaruhi kinerja RAM pada smartphone kamu. Karena terlalu banyak aplikasi yang diakses, kamu tidak bisa menjalankan aplikasinya yang akan digunakan secara mudah. Di sini kamu harus mematikan aplikasi yang tidak digunakan supaya kinerja RAM bisa berjalan lancar kembali.

Untuk melakukannya sangat mudah, kamu tinggal masuk ke menu pengaturan dan pilih manajer aplikasi. Nantinya ada banyak aplikasi yang sudah kamu jalankan, kamu bisa memilih satu per satu kemudian klik paksa berhenti dan hapus cache supaya aplikasi tersebut terhenti untuk sementara waktu. Dengan menggunakan cara yang satu ini, kinerja RAM pada smartphone kamu tentu akan semakin cepat.

Nonaktifkan Widget

Tips yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah menonaktifkan widget pada smartphone kamu. Terkadang kinerja RAM akan terganggu akibat widget yang selalu diaktifkan karena tidak penting. Dengan adanya widget akan membantu kamu untuk mengetahui berbagai macam aktivitas seperti agenda, tanggal, dan informasi lainnya. Akan tetapi, jika terlalu berlebihan dalam pemasangan widget yang ada di dalam layar akan membuat kamu kurang efektif.

Supaya smartphone kamu berjalan dengan lancar, sebaiknya nonaktifkan saja widget yang ada pada smartphone kamu. Pilih saja widget yang benar-benar penting dan dapat membantu kamu untuk menjalankan aktivititas sehari-hari di smartphone. Dengan begitu, performa RAM yang ada pada smartphone akan berjalan dengan lancar.

Nonaktifkan Live Wallpaper

Wallpaper merupakan salah satu tampilan utama yang menjadi daya tarik bagi pengguna smartphone android. Adanya wallpaper yang menarik akan membantu kamu untuk meningkatkan mood. Berbagai macam wallpaper bisa kamu ubah di smartphone sesuai yang kamu inginkan. Ada juga wallpaper bergerak yang sering diterapkan oleh pengguna smartphone android.

Wallpaper bergerak tentu akan membuat pemborosan pada baterai smartphone. Selain itu, kinerja RAM pada smartphone juga akan terpengaruh akibat wallpaper bergerak yang digunakan. Untuk itu, kamu harus menonaktifkan live wallpaper jika benar-benar ingin lancar dalam menjalankan smartphone android. Dengan begitu, kinerja RAM menjadi lebih lancar dan tidak ada kendala apapun nantinya.

Nonaktifkan Animasi

Animasi juga menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan RAM semakin menurun kinerjanya. Animasi sering dijadikan sebagai hiburan yang menarik oleh para pengguna smartphone android. Dengan adanya animasi tersebut dapat memperindah tampilan pada smartphone yang digunakan.

Dengan menggunakan animasi akan menambah kinerja RAM yang semakin berat. Untuk itu, kamu harus meonaktifkannya jika benar-benar ingin kinerja hp kamu lancar. Kamu bisa menggunakan fitur animasi bilamana kapasitas RAM pada smartphone milik kamu besar, sehingga smartphone tidak akan mengalami kendala. Namun jika smartphone milik kamu pas-pasan, sebaiknya jangan mengaktifkan animasi yang dipasangkan di smartphone kamu.

Menggunakan Aplikasi Booster RAM

Salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kinerja RAM yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi booster RAM. Aplikasi yang satu ini juga sudah digunakan oleh banyak orang untuk meningkatkan kinerja RAM menjadi lebih cepat. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kinerja RAM akan lebih terkontrol dan stabil karena kapasitasnya lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya.

Aplikasi booster RAM ada banyak sekali di playstore, kamu bisa mendapatkannya dan menggunakannya secara gratis. Pilih aplikasi yang benar-benar membuat kinerja smartphone kamu lebih cepat. Kamu bisa mencari informasi melalui internet mengenai aplikasi yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja RAM. Dengan menggunakan cara yang satu ini akan menjadikan kinerja RAM menjadi lebih efektif dan cepat.

***

Itulah beberapa tips mengatasi kinerja RAM yang lelet menjadi lebih cepat. Berbagai hal yang kamu lakukan dengan menggunakan smartphone akan menjadi lebih mudah bila segera mengatasinya dengan beberapa tips di atas.

Apabila kinerja RAM menurun seringkali membuat penggunanya kesal saat menjalankan aktivitas di dalam smartphone. Seperti halnya saat bermain game, bilamana RAM tidak cocok atau penuh, maka permainan akan menjadi ngelag dan tidak support.

Sangat penting bagi kamu untuk meningkatkan kinerja RAM supaya aktivitas yang kamu lakukan dalam menggunakan smartphone menjadi lebih efektif.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kinerja RAM Smartphone Android Terbaru"

Dapatkan Info Terbaru!