Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah-Istilah SEO Paling Penting di Dunia Blogging

Istilah-Istilah SEO Paling Penting di Dunia Blogging

Istilah-Istilah SEO Paling Penting di Dunia Blogging ― Apakah kamu tertarik menjadi seorang blogger? Ada banyak sekali orang-orang yang berminat menjadi blogger. Mereka memiliki alasan tersendiri bilamana menjadi seorang blogger, baik itu karena pendapatan, hobi, atau hal lainnya. Namun pada intinya, menjadi seorang blogger tidaklah mudah, kamu harus memahami berbagai macam hal penting yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah teknik SEO (Search Engine Optimization). Teknik SEO ini menjadi hal yang cukup sulit untuk dipahami bila tidak dipelajari secara serius.

Berbicara soal SEO pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu, khususnya untuk para blogger pemula ataupun professional. SEO merupakan salah satu hal yang sangat penting harus dikuasai oleh para blogger bila ingin blognya berkembang. Dengan menguasai SEO akan menjadikan blog kamu teroptimasi berada di halaman pertama google.

Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui beberapa hal yang ada di dalam dunia blogger, salah satunya adalah istilah-istilah SEO. Bila kamu sudah memahaminya, kamu baru bisa mengaplikasikan SEO untuk mengembangkan blog yang kamu miliki. Berikut ini adalah beberapa istilah SEO yang sangat penting dalam dunia blogging!

Title Tag

Title tag merupakan judul dalam sebuah konten, di mana title tag ini menjadi hal yang paling utama harus kamu kuasai. Dalam meletakannya pun tidak dilakukan secara sembarangan, ada beberapa hal yang harus kamu cantumkan di dalam sebuah judul konten. Kamu harus menempatkan keyword dalam membuat judul yang akan dibuat. Keyword tersebut nantinya akan membantu mesin pencari untuk menemukan konten yang kamu buat di google.

Selain itu, penempatan keyword pada title tag juga akan membantu konten naik peringkat berada di halaman pertama google. Namun bukan hanya di judul saja, kamu juga harus menempatkan keyword di dalam artikel juga supaya lebih efektif dan efisen. Dengan menguasai title tag akan sangat membantu kamu untuk mengembangkan blog.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM (Search Engine Marketing) merupakan metode yang digunakan untuk melakukan pemasaran terhadap website atau blog milik kamu. Pemasaran dilakukan di internet melalui mesin pencari. Di dalam SEM sendiri terdapat dua hal penting yang menjadi dasar dalam dunia blogging, yakni SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click).

SEO merupakan metode pemasaran website dengan menggunakan konten yang dibuat dengan tujuan untuk berada di peringkat atas halaman pencarian google. Sedangkan PPC merupakan metode pemasaran website atau blog yang dilakukan dengan cara membeli klik pada jasa mesin pencari.

Sangat penting untuk kamu mengetahui istilah SEM dalam dunia blogging. Dengan begitu, kamu akan dimudahkan dalam mengembangkan blog bilamana memahami istilah SEO dalam dunia blogging.

Backlink

Istilah SEO yang harus kamu pahami selanjutnya adalah backlink. Backlink merupakan link yang terdapat pada website atau blog lain, di mana blog atau website tersebut nantinya akan mengarahkan ke blog milik kamu. Semakin banyak backlink yang kamu miliki maka semakin baik pula perkembangan blog milik kamu. Kamu harus menerapkan backlink bilamana menjadi seorang blogger.

PageRank

PageRank merupakan sebuah indikator yang digunakan untuk melihat tingkat kepopuleran dari sebuah website. Google nantinya akan melihat blog atau website milik kamu melalui algoritma yang ada di dalamnya. Halaman webstie tersebut nantinya akan mengarahkan ke website milik kamu, bilamana semakin banyak halaman yang diarahkan, maka akan semakin besar potensi blog untuk berkembang.

PageRank sangat penting dan harus kamu pahami dalam istilah SEO blogger. Dengan memahaminya, kamu akan mengetahui tentang apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan blog milik kamu.

Linkbait

Istilah SEO yang dapat kamu pelajari selanjutnya adalah Linkbaikt. Istilah SEO yang satu ini merupakan sebuah website yang digunakan untuk menarik backlink menjadi lebih banyak. Bentuknya berupa foto, video ataupun artikel. Dengan memahami istilah SEO yang satu ini juga akan berdampak positif pada blog kamu nantinya.

Anchor Text

Apa sih yang kamu ketahui mengenai Anchor Text? Anchor Text merupakan salah satu istilah SEO yang sudah tidak asing lagi dalam dunia blogging. Anchor Text juga dikenal sebagai istilah jangkar, yakni berupa kata yang dapat diklik di dalam sebuah konten. Apabila kamu mengeklik kata tersebut, maka kamu akan dibawa ke halaman website yang diklik. Tujuannya adalah agar pengunjung juga dapat melihat halaman lain mengenai konten yang sesuai dengan teks yang diklik tersebut.

NoFollow

NoFollow juga merupakan salah satu istilah SEO yang cukup penting untuk kamu pahami. Istilah SEO yang satu ini memiliki tujuan untuk memberikan sinyal kepada google, di mana link yang tertera di dalam sebuah blog ataupun website tidak mengarahkan ke link yang tertera di dalamnya.

Sehingga dengan adanya atribut NoFollow ini pihak google tidak menganggap link yang terdapat di dalam sebuah blog ataupun website. Dengan begitu, nilai yang ada di dalam PageRank tentu tidak akan menaik dari sebuah blog yang tertera di dalam link. Sangat penting bagi kamu untuk menguasai istilah SEO yang satu ini.

***

Itulah beberapa istilah-istilah yang ada di dalam SEO, kamu bisa memahaminya jika ingin menjadi seorang blogger. Setelah memahami istilah-istilah yang ada di dalamnya, kamu bisa mempelajari bagaimana cara melakukannya supaya blog milik kamu dapat dikembangkan.

Menjadi seorang blogger membutuhkan kesabaran yang tinggi karena memerlukan proses yang cukup panjang. Bila kamu mampu melewatinya, menjadi blogger yang professional tentu akan bisa kamu raih dengan mudah nantinya.

Posting Komentar untuk " Istilah-Istilah SEO Paling Penting di Dunia Blogging"

Dapatkan Info Terbaru!