Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Maringngerrang Masih Menggunakan Blogger

Alasan Maringngerrang Masih Menggunakan Blogger

Sejarah Blog Maringngerrang

Alasan Mengapa Maringngerrang Masih Menggunakan Blogger ― Bagi kamu yang mungkin kenal dengan blog ini, admin ucapkan terima kasih telah jadi pembaca blog ini, bagi yang baru pertama kali berkunjung, selamat datang dan, perkenalkan blog ini bernama Maringngerrang, saya akan menceritakan beberapa hal tentang blog ini dan beberapa hal yang mungkin bisa jadi pengetahuan baru bagi kamu yang akan memulai sebuah blog, sudah menjalankan blog, ataupun sudah pensiun/master dalam hal blog.

Blog ini pertama kali dibuat sekitar akhir tahun 2015 dengan konten tulisan yang isinya apa aja, apa saja yang saya ketahui saya masukkan kedalamnya, saya tulis apa saja yang terpikirkan selama itu bisa bermanfaat dan selama orang lain tertarik untuk membacanya.

Beberapa bulan berjalan hingga akhirnya blog ini mengalami peningkatan jumlah pengunjung yang pada waktu itu menurut saya cukup waw meskipun itu bukan pertama kalinya karena sebelumnya saya sudah pernah nge-blog dengan gonta-ganti alamat blog. Ya mudah saja berganti alamat blog karena saat itu saya masih menggunakan blogspot (tanpa domain berbayar). Di bawah akan saya ceritakan mengapa masih memilih Blogger sebagai blog engine dibandingkan platform lain yang lebih canggih.

Seiring berjalannya waktu blog ini kemudian saya ganti namanya yang awal dibuatnya bernama "Catatan Kaki Blog" menjadi "Maringngerrang" yang kemudian lebih dari setahun sejak blog ini dibuat, saat itu saya terpikir untuk membeli domain karena mengingat nama blog ini sudah panjang ditambah blogspot yang lebih panjang lagi, lebih baik dibelikan domain biar alamatnya sedikit lebih pendek.

Pemasangan domain pada blog ini tentunya merombak alamat blog ini secara keseluruhan, meskipun redirect akan terjadi ketika membuka alamat lama, tetapi tentu terasa janggal jika alamat lama masih bertebaran di dalam blog ini. Bagi kamu yang belum tau, perubahan alamat website secara umum atau blog secara khusus akan sangat berdampak besar terhadap lalu lintas pengunjung dalam web/blog tersebut, dan itulah yang terjadi di blog ini.

Pada awalnya ketika masih menggunakan alamat blogspot dan berdasarkan pengalaman nge-blog sebelumnya saya berhasil membawa blog ini jadi blog yang lulus Adsense. Namun yang tidak saya ketahui pada waktu itu adalah apabila akun adsense di upgrade menjadi akun non hosted (artinya tidak bergantung pada host Google, atau dengan kata lain tidak pakai blogspot lagi), maka hal itu akan memerlukan verifikasi yang jauh lebih ketat ketimbang mendaftarkan blog yang pakai blogspot.

Perombakan demi perombakan pun terjadi di blog ini guna untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak Google Adsense, baik dari segi konten, navigasi, tema, bahkan hingga jumlah pengunjung. Bagi kamu yang belum pernah merasakannya atau yang lebih ahli soal nge-blog, hal itu jauh lebih sulit bagi saya mengingat pengalaman nge-blog sebelumnya saya gunakan secara asal saja, alias bukan penulis blog yang tertata dengan baik tulisannya.

Alhasil untuk memenuhi standar Google Adsense, blog ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Perjalanan 6 bulan tersebut memberikan pandangan baru yang sangat bermanfaat bagi saya. Saya yang sebelumnya memandang blog yaudah blog, nulis yaudah nulis, kini mulai membuat sebuah perencanaan yang lebih jelas sebelum nge-blog khususnya nulis.

Sebenarnya mengapa blog ini butuh 6 bulan untuk diterima oleh Google Adsense sebagian besar adalah karena proses verifikasi dari pihak Google itu sendiri yang membuat saya menunggu setiap bulannya setelah revisi. Ibaratnya mahasiswa yang digantung terus menerus oleh dosen pembimbing. Hingga akhirnya tanggal 22 Oktober 2017 email saya menerima pesan dengan judul Situs web Anda telah disetujui untuk menampilkan iklan AdSense.

***

Mengapa Masih Pilih Blogger!?

Bagi kamu yang cukup familiar dengan dunia blogging, kemungkinan kamu sudah tau bahwa blog engine yang paling banyak digunakan ada dua, kalau bukan Blogger pastilah Wordpress, karena keduanya mampu memenuhi kebutuhan penulis blog yang lebih umum. Dan mungkin sebagian besar dari kalian sudah tau bahwa blog ini dibuat menggunakan Blogger. Mengapa!? Berikut ini alasannya yang mungkin bisa jadi pengetahuan baru atau bahan pertimbangan bagi kamu yang juga ingin membuat blog.

Jauh Lebih Murah

Alasan pertama adalah karena membuat blog menggunakan Blogger jauh lebih murah dibandingkan dengan Wordpress. Meskipun pada dasarnya dua-duanya menyediakan layanan blog hosted yang gratis menggunakan domain blogspot atau wordpress. Akan tetapi jika mempertimbangkan dari keunggulan fitur gratis, mungkin kalian akan berpikir meski sama-sama gratis, fitur di Wordpress masih lebih canggih serta tema yang disediakan lebih clean dan nampak elegan dibadingkan tema yang disediakan Blogger.

Tetapi jika dibadingkan dari segi fitur gratisnya saja masih belum bisa dibilang murah, karena mengapa saya katakan Blogger lebih murah adalah ketika kamu memutuskan untuk mengeluarkan biaya untuk blog. Biaya yang dikeluarkan apabila menggunakan Blogger jauh lebih murah dibandingkan menggunakan Wordpress.

Mengapa demikian? Wordpress tidak hanya membutuhkan domain, tetapi juga membutuhkan hosting untuk dapat digunakan tanpa domain wordpress di belakangnya. Meskipun di dalam setelan Wordpress itu sendiri disediakan pilihan pembayaran yang kurang lebih sama jika membeli hosting dan domain sendiri. Sedangkan di Blogger kita hanya perlu membayar domain yang kita beli tanpa harus menyewa hosting manapun karena Blogger masih menyediakan hosting gratis.

Selain lebih murah dari segi harga domain serta hosting tersebut, sebagian besar tema Blogger yang dijual di internet jauh lebih murah dibandingkan dengan tema Wordpress yang banyak dijual juga. Hal tersebut tidak lepas dari pengaruh mata uang Dollar. Sebagian besar tema Wordpress dibuat untuk market internasional dan hanya beberapa yang buatan Indonesia, sedangkan bagi para Blogger Indonesia yang sangat kreatif banyak di antaranya yang membuat tema Blogger dan menjualnya dengan harga yang jauh lebihb bersahabat.

Lebih Mudah Kustomisasi

Selain karena lebih murah, menggunakan Blogger juga memberikan kemudahan dalam kustomisasi kode blog. Meskipun sebenarnya Wordpress juga menyediakan kustomisasi yang lebih canggih menggunakan PHP, tetapi berdasarkan pengalaman saya dalam mempelajari PHP dan XML, XML tidaklah lebih sulit dibandingkan PHP, meskipun sebenarnya dibalik kompleksnya PHP tersebut ada banyak fitur dan keunggulan yang dimilikinya dibandingkan XML.

Hal tersebut sebenarnya kembali kepada tujuan kamu dalam membuat blog, jika blog kamu akan punya fungsi-fungsi kompleks di dalamnya, seperti fitur forum, login akun, ataupun fitur checkout dan belanja, tentunya akan lebih baik jika menggunakan PHP tidak terkecuali Wordpress. Akan tetapi sampai saat ini saya masih bisa menemukan alternatif yang sesuai untuk memenuhi setiap kebutuhan fitur-fitur yang ada di blog ini meskipun tentunya tidak secanggih blog yang menggunakan PHP.

Blogger Sudah Diperbaharui

Sejak awal tahun 2020, Blogger sebagai salah satu fitur bawaan Google telah mengalami pembaruan besar-besaran, baik dari segi menu, fungsi, serta pengaturan-pengaturan yang ada di dalamnya sehingga mungkin jauh lebih mudah digunakan dibandingkan sebelumnya. Meskipun masih belum sebagus Wordpress, tetapi menurut saya Blogger sudah mencoba pemberbaiki apa yang jadi kekurangannya.

Posting Komentar untuk "Alasan Maringngerrang Masih Menggunakan Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!