Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Mengenal Arti dan Jenis-Jenis Marka Jalan

Yuk, Mengenal Arti dan Jenis-Jenis Marka Jalan


Dalam berkendara, entah itu menggunakan mobil atau motor di jalanan, tentu saja anda harus mengerti peraturan yang sudah ditetap kepada pengendara ketika di jalanan.

Salah satu hal yang wajib anda ketahui ketika sedang berkendara adalah mengetahui marka jalan. Ya, marka jalan sering anda temui di jalanan raya. Marka jalan pun memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Setiap bentuk marka jalanan ini juga memiliki artian dan fungsi yang berbeda. Marka jalan merupakan tanda yang akan anda temui di jalan raya yang memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Seperti meliputi bentuk garis yang menyerong, membujur, dan melintang. Salah satu fungsi adanya marka jalan adalah untuk menertibkan lalu lintas. Namun, ternyata masih banyak loh orang yang belum mengenal arti marka jalan.

Jenis-Jenis Marka Jalan yang Belum Banyak Diketahui Pengendara

Dalam UU Nomor 34 Tahun 2014, Menteri Perhubungan Republik Indonesia membuat peraturan tentang marka jalan dan jenis-jenis marka jalan yang memiliki artian berbeda-beda.

Sebagai pengendara kendaraan, selain harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi), anda pun juga harus wajib mengerti arti dari marka jalan yang ada di jalanan.

Pasalnya, marka jalan berfungsi sebagai salah satu cara untuk membuat lalu lintas menjadi lancar dan tertib. Selain itu, dibuatnya marka jalan juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang dulu meningkat tinggi. Maka dari itu, anda harus mengerti arti makna jalan. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang kurang diketahui oleh orang, yaitu jenis marka jalan beserta maknanya.

#1 Marka Jalan Berbentuk Membujur

Nah, pasti marka yang satu ini sudah sangat sering anda temui di jalanan. Marka jalan dengan bentuk yang membujur merupakan tanda pada sumbu jalan yang sejajar.

Marka jalan membujur ini melintang dengan menghubungkan antar garis yang bertujuan supaya ruang kendaraan pada jalan menjadi terbatasi.

Ada beberapa jenis marka jalan membujur yang harus anda ketahui. Seperti garis putus-putus yang berfungsi untuk memisahkan dua jalur.

Kemudian, ada garis yang utuh yang bertujuan supaya kendaraan tidak boleh melewati garis tersebut. Selain itu, ada pula marka jalan untuk jalan yang memiliki 3 jalur atau lebih, yaitu dengan dua garis utuh.

#2 Marka Jalan Melintang

Marka jalan melintang merupakan marka jalan yang memiliki bentuk tegak lurus dengan jalan. Nah, tanda marka jalan melintang ini bisa anda temukan pada zebra cross yang berada di jalanan.

Marka jalan melintang pun juga memiliki beberapa sub bagian yang perlu anda ketahui. Seperti, garis henti pada persimpang jalan yang memiliki 2 arah.

Kemudian, ada pula marka jalan dengan garis henti yang menunjukan persimpangan jalan 1 arah dengan 2 jalur.

Lalu, garis henti yang biasa anda temukan di jalan yaitu garis henti penyebrangan atau zebra cross. Selain itu, ada pula marka jalan melintang pada persimpangan jalan yang memiliki 1 arah saja.

#3 Marka Jalan Serong

Pengendara di jalan raya tentu saja sering menemukan marka jalan berupa tanda anak panah yang bercabang.

Marka jalan seperti ini sering disebut dengan marka serong. Marka jalan ini berbeda dengan garis lainnya yang terdapat di jalan raya, dimana marka ini bukan menjadi petunjuk area manakah yang boleh dilewati oleh pengendara. Arti marka jalan serong ini dipakai untuk peringatan atau petunjuk bagi para pengendara.

Marka jalan serong ini biasanya dipakai untuk menunjukkan jika pengendara akan melewati jalanan yang bercabang.

Selain itu, marka serong ini juga berguna untuk memberi peringatan kepada pengendara akan ada tanda lalu lintas berikutnya.

Bentuk lainnya dari marka jalan serong ini yang ada tol. Marka serong yang ada di jalan tol ini disediakan sebagai area berhenti oleh mobil yang sedang mengalami permasalahan entah itu masalah mesin yang mogok dan lainnya. Untuk marka serong ini juga biasanya akan disediakan air radiator untuk mobil yang sedang mengalami masalah.

Dapatkan Info Terbaru!