Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi)

Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi)

Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi) ― Sebagian besar orang, banyak yang menganggap bahwa bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari. Selain karena Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua yang ada di dunia, namun juga banyak ilmu-ilmu terdahulu yang bisa dipelajari yang tertulis menggunakan bahasa Arab.

Di samping bahasa Arab (Arabic) yang seringkali diidentikkan dengan Islam atau orang-orang Muslim, Arabic juga merupakan bahasa yang penting dengan nilai-nilai sejarahnya. Seperti contohnya dalam ilmu matematika, satu diantara rujukan utama ilmu Aljabar merupakan buku berbahasa Arab yang dibuat oleh ilmuwan muslim bernama Al-Khawarizmi.

Bagi kamu yang juga merupakan salah satu saudara muslim, mungkin sudah diketahui bersama bahwa bahasa Arab bisa dibilang adalah bahasa yang wajib dipelajari sebagai penunjang untuk memahami ilmu-ilmu agama. Oleh karena itu, dalam posting kali ini akan dibahas tentang salah satu cara memanfaatkan teknologi yang banyak digunakan saat ini, yaitu smartphone Android, sebagai salah satu media belajar bahasa Arab. Lebih tepatnya menulis bahasa Arab menggunakan smartphone.

Menulis bahasa Arab di Android

Pada dasarnya, menulis bahasa Arab di Android caranya sama saja jika untuk menulis aksara bahasa lain, termasuk aksara Lontara Bugis bagi kamu yang termasuk suku Bugis. Untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama silakan buka menu Pengaturan pada ponsel Android kamu, setelah itu buka pilihan Keyboard & Metode Input. (Nama pilihan menu tersebut mungkin berbeda-beda pada setiap jenis ponsel, silakan disesuaikan).
  2. Setelah itu, pada pengaturan Keyboard & Metode Input, tap pada pilihan Gboard. Jika ponsel Android kamu tidak menggunakan Gboard sebagai papan ketiknya, silakan ubah jadi Gboard (Google Keyboard) terlebih dahulu.
  3. Kemudian di dalam pengaturan Gboard, silakan pilih Bahasa untuk menambahkan bahasa baru dalam mode penulisan di keyboard ponsel kamu.
  4. Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi)
  5. Selanjutnya, tap pada tombol TAMBAHKAN KEYBOARD di dalam pengaturan bahasa Gboard.
  6. Tap pada ikon pencarian untuk mencari bahasa yang ingin ditambahkan yaitu, bahasa Arab (Arab Saudi) lalu tap pada bahasa tersebut jika sudah ditemukan.
  7. Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi)
  8. Setelah itu silakan tap tombol Selesai, tetapi jika kamu ingin mengaktifkan kedua jenis keyboard Arab yang disediakan, silakan centang keduanya. Perbedaannya hanya terletak pada tambahan huruf أ di dalamnya.
  9. Setelah itu, silakan buka papan ketik pada ponsel kamu dan ganti bahasanya dengan cara tahan tombol spasi atau kamu bisa mengubahnya secara manual melalui pengaturan Keyboard & Metode Input sebelumnya.
  10. Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi)

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa mulai mengetik dan menulis bahasa Arab dengan hanya menggunakan smartphone Android. Pada saat awal digunakan, mungkin kamu akan merasa sedikit kesulitan dalam mengetik dan cenderung membutuhkan waktu lama, hal itu dikarenakan kamu belum terbiasa dan belum mengenal letak-letak huruf pada keyboard Arabic tersebut.

Tetapi dengan penggunaan yang rutin kamu akan mulai terbiasa dan akan semakin hafal dengan letak huruf-huruf yang ada di keyboard tersebut. Jadi sebaiknya kamu sering-sering menggunakannya supaya bisa terbiasa. Jika kamu ingin mengetik tulisan Arab di Windows, kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi yang disebut Arabic Pad. Silakan baca artikel sebelumnya untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Penutup

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur agar bisa menulis bahasa Arab menggunakan ponsel Android tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Arabic di Android (Tanpa Install Aplikasi)"

Dapatkan Info Terbaru!