Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Cara Mengamankan Akun Google (Gmail)

Cara Sign Out Akun Google di Perangkat Lain

Beberapa Cara Mengamankan Akun Google ― Saat ini perkembangan dunia maya atau jaringan internet sudah semakin pesat dan semakin canggih. Salah satu situs dengan pengguna terbanyak adalah Google, berbagai fitur, tools, dan aplikasi yang ada di dalamnya banyak digunakan karena selain gratis juga banyak bermanfaat untuk berbagai jenis pekerjaan.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikelola oleh Google, yang umum seperti Gmail, Google Drive, YouTube, atau Google Play, bahkan situs pihak ketiga lainnya, tentu kita membutuhkan akun yang terdaftar pada Google. Oleh karena itu dengan banyaknya pengguna yang dilayani oleh Google, salah satu bagian yang diperhatikan dengan ketat adalah keamanan dari akun para pengguna Google.

Bagi pengguna yang mungkin masih awam dan masih meraba-raba tentang bagaimana mengelola akun Google, dalam posting kali ini akan dibahas tentang beberapa cara untuk mengamankan akun Google dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang mungkin berusaha mengakses akun kita. Selain itu mengamankan akun Google juga bisa mengatasi kondisi apabila kita lupa dengan kata sandi. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

Cara Mengamankan Akun Google

Pada dasarnya kita bisa memasang beberapa lapisan keamanan kepada akun yang kita miliki di Google sesuai dengan fitur keamanan yang telah disediakan di dalamnya. Beberapa fitur kemanan tersebut digunakan dalam Verifikasi 2 Langkah, di mana serangkaian proses verifikasi akan dilakukan apabila akun Google tersebut login pada suatu perangkat baru. Untuk mengaktifkannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama silakan buka myaccount.google.com/security.
  2. Setelah terbuka, scroll dan temukan bagian Login ke Google. Lalu silakan klik pilihan Verifikasi 2 Langkah.
  3. Beberapa Cara Mengamankan Akun Google (Gmail)
  4. Setelah itu kamu akan diminta login kembali, silakan masukkan kata sandi yang kamu gunakan pada akun Google tersebut. Lalu akan muncul beberapa pilihan keamanan yang bisa kamu pilih.
    • Perintah Google: Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan verifikasi menggunakan smartphone jika ada yang login menggunakan akun Google kamu pada perangkat baru. Akan muncul peringatan pada smartphone untuk mengizinkan atau menolak login apabila akun sedang diakses. Tetapi tentunya fitur ini hanya berfungsi jika smartphone tersebut juga login dengan akun Gmail yang sama serta mempunyai akses internet.
    • Telepon atau SMS: Jika kamu menggunakan fitur keamanan ini, kamu bisa memilih untuk menerima konfirmasi jika ada login baru, melalui panggilan telepon atau melalui SMS. Fitur ini cocok digunakan bagi kamu yang sewaktu-waktu tidak terhubung ke internet atau tidak mempunyai smartphone. Tetapi perlu kamu ingat bahwa metode Telepon atau SMS ini memerlukan nomor ponsel yang tentu sebaiknya milik kamu sendiri yang didaftarkan pada akun Google tersebut.
    • Kode cadangan: Fitur keamanan ini digunakan jika kamu tidak bisa melakukan verifikasi melalui salah satu dari dua metode di atas (Perintah Google & Telepon atau SMS). Kode cadangan ini digunakan sebagai cara untuk jaga-jaga jika misalnya kamu kehilangan akses terhadap terhadap smartphone atau nomor ponsel kamu, misalnya kehilangan smartphone atau nomor HP terblokir, maka kode cadangan diperlukan untuk bisa tetap login tanpa melewati metode keamanan di atas. Kode keamanan ini hanya tersedia sebanyak 10 dan cuma bisa digunakan satu kali untuk setiap kode, jadi sebaiknya kamu menyimpan dengan baik kode cadangan tersebut.
  5. Selain itu, jika kamu merasa cara di atas masih kurang meyakinkan untuk mengamankan akun Google, kamu juga bisa mengaktifkan beberapa pilihan keamanan tambahan yang ada di bagian bawah dari halaman Verifikasi 2 Langkah tadi. Di antaranya adalah sebagai berikut.
    • Aplikasi Authenticator: Merupakan salah satu aplikasi untuk smartphone yang dibuat oleh Google yang dikhususkan sebagai metode verifikasi untuk akun Google atau juga berbagai akun pada situs lain yang mendukung penggunaan aplikasi ini. Kamu bisa download aplikasinya di Play Store.
    • Kunci Keamanan: Kunci keamanan adalah metode verifikasi yang memungkinkan kamu untuk login dengan aman. Kunci keamanan dapat berupa bawaan pada smartphone kamu, menggunakan Bluetooth, atau menggunakan suatu USB Device yang bisa dicolokkan langsung ke port USB jika login pada laptop atau komputer desktop.

Cara Mengjaga Keamanan Akun

Bagi kamu pengguna akun Google, perlu kamu perhatikan bahwa pada saat login menggunakan akun Google atau akun Gmail, pastikan kamu login pada website Google, yaitu https://accounts.google.com/. Jadi jangan pernah hanya terpaku pada tampilan login yang identik dengan Google saja, tapi perhatikan di alamat/URL apa kamu sedang login. Silakan cari tau juga cara sign out akun Google yang login di perangkat lain untuk menjaga keamanan akun kamu.

Penutup

Itulah beberapa metode dan fitur keamanan yang bisa kamu terapkan pada akun Google kamu untuk melindungi akun Google dari serangan hacker atau pihak yang tidak bertanggung jawab, bahkan untuk melindungi akun Google jika misalnya kamu lupa atau kehilangan akses terhadap perangkat kepercayaan kamu.

Semoga metode atau cara di atas bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberika wawasan baru. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan sampaikan pertanyaan kamu melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Mengamankan Akun Google (Gmail)"

Dapatkan Info Terbaru!