Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog ― Dengan berkembangnya penggunaan internet serta berkembangnya berbagai layanan yang tersedia di internet, banyak orang yang mulai berlomba-lomba untuk berkarya serta mempublikasikan karyanya melalui internet. Yang paling banyak di antaranya adalah karya digital.

Seiring dengan hal tersebut, semakin banyak pula produk digital yang tersedia di dalamnya, bahkan lebih banyak lagi berupa karya-karya yang disediakan secara cuma-cuma oleh pembuatnya. Untuk file-file yang dibagikan di internet yang bisa di-download secara gratis, biasanya akan diberikan suatu copyright atau penanda agar orang lain mengetahui dari mana file tersebut berasal.

Ada berbagai macam bentuk serta cara untuk membuat copyright pada sebuah downloadable files di internet, salah satu di antaranya adalah dengan melampirkan file shortcut bersama dengan file tersebut yang bisa mengarahkan pengguna ke situs dari pemilik atau pembuat file tersebut. Atau bisa juga disebut dengan file shortcut URL. Oleh karena itu, dalam posting kali ini akan dibahas tentang beberapa cara membuat file shortcut internet yang menuju ke alamat blog, website, atau alamat lain yang kita inginkan.

Membuat File Shortcut URL di Windows

Pada dasarnya ada beberapa cara untuk membuat file shortcut URL dan tanpa perlu menginstall aplikasi khusus apapun. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan Notepad text editor, menggunakan fitur New shortcut di Windows, serta secara langsung copy URL.

Membuat File Shortcut URL dengan Notepad

Untuk membuat file shortcut URL menggunakan Notepad, pertama-tama silakan cari dan buka aplikasinya melalui Menu Start. Kemudian silakan copy dan paste kode teks berikut ini pada jendela Notepad, silakan ganti pada bagian URL dengan alamat blog atau website yang kamu inginkan.

[InternetShortcut]
URL=https://www.maringngerrang.com/

Setelah itu kamu tinggal menyimpan file tersebut tetapi dalam format khusus. Caranya, silakan tekan CTRL + SHIFT + S lalu akan terbuka jendela Save as.

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

Setelah itu pada jendela Save As, ganti File name dengan nama blog atau website kamu kemudian di akhiri dengan ekstensi .url, jadi misal nama filenya Maringngerrang.url. Kemudian ganti Save as type menjadi All Files (*.*) lalu klik tombol Save.

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

Membuat File Shortcut URL melalui Windows Shortcut

Untuk membuat file shortcut URL melalui Windows shortcut terlebih dahulu silakan klik kanan pada File Explorer atau pada desktop, pilih New kemudian klik Shortcut.

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

Setelah itu akan muncul jendela Create Shortcut, pada kolom Type the location of the item masukkan alamat website atau blog kamu kemudian klik tombol Next.

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

Kemudian isi kolom untuk Type a name for this shortcut dengan nama website atau blog kamu dan langkah terakhir klik tombol Finish.

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

Drag Link

Untuk membuat file shortcut URL dengan cara drag link merupakan cara yang paling mudah, kamu cukup drag and drop alamat dari website atau blog blog ke File Explorer di Windows. Pertama-tama buka webiste atau blog kamu. Setelah itu drag link dari halaman tersebut ke Desktop atau File Explorer di Windows.

3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat file shortcut URL yang jika dibuka akan mengarah ke situs yang alamatnya dimasukkan dalam file tersebut. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "3 Cara Membuat File Shortcut Internet ke Alamat Blog"

Dapatkan Info Terbaru!