Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb

Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb

Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi dan Semacamnya ― Bagi kamu yang sudah sering menggunakan jaringan internet, tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya E-Mail atau yang dalam bahasa Indonesia disebut surel (surat elektronik). Email kini banyak digunakan dan jadi populer di kalangan masyarakat karena fungsinya yang menjadi wajib ada dalam berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara online.

Jika kita hendak mendaftar akun pada sebuah situs ataupun pada sebuah media sosial (medsos), tentunya hal pertama yang wajib dimiliki adalah alamat email yang aktif. Alamat email akan digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal pada setiap akun yang dibuat di media sosial. Hal tersebut juga berlaku secara umum pada pembuatan akun di setiap situs.

Untuk orang-orang yang kesehariannya menggunakan jaringan internet, maka hampir bisa dipastikan bahwa berurusan dengan email adalah hal yang sudah sangat sering dilakukan. Terlebih lagi di masa seperti saat ini, di mana pandemi Virus Corona (Covid-19) menjadikan banyak kegiatan atau aktivitas jadi dilakukan secara mandiri melalui rumah masing-masing, atau dengan kata lain pekerjaan kantor, pelajaran sekolah, meeting, rapat, dsb, kini jadi berpusat pada rumah masing-masing. Sehingga hal tersebut menjadikan kegiatan offline diubah menjadi kegiatan online, dan tentunya setiap aktivitas yang dilakukan secara online akan memerlukan yang namanya alamat email.

Seringkali kita jadi terobsesi atau penasaran untuk mencoba berbagai hal di internet, seperti mencoba mendaftar di situs ini, situs itu, dsb. Maka tidak jarang hal tersebut mengakibatkan inbox atau kotak masuk di email kita jadi dipenuhi dengan email notifikasi atau promosi dari situs-situs yang pernah kita tempati mendaftar.

Bagi sebagian orang, hal semacam itu, di mana inbox email jadi padat dan terkesan berantakan, akan menjadi cukup mengganggu. Terlebih lagi email notifikasi atau promosi yang tidak begitu kita perlukan itu bisa saja menutupi email penting yang seharusnya kita baca seperti, email dari rekan kerja, notifikasi bisnis, peringatan keamanan akun, dan semacamnya.

Oleh karena itu, dalam posting kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan seperti di atas, yaitu bagaimana cara berhenti menerima email notifikasi/promosi dari situs atau pengirim yang membanjiri inbox email. Dengan hal tersebut kita akan berhenti mendapatkan email yang tidak kita inginkan dan bisa fokus menerima email yang penting saja.

Cara Menghentikan Email Promosi/Notifikasi

Pada dasarnya email yang kita terima dari pihak yang melakukan pengiriman email tersebut hampir semuanya menyediakan opsi bagi penerimanya untuk menolak email serupa selanjutnya. Cara lebih jelasnya bisa kamu lihat pada langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama, silakan login pada email kamu, baik melalui Gmail atau provider email lainnya.
  2. Setelah itu, silakan buka salah satu email promosi atau notifikasi yang masuk ke inbox kamu.
  3. Kemudian scroll hingga ke bagian paling bawah dari isi email tersebut, lalu cari sebuah link dengan tulisan Unsubscribe, Berhenti Langganan, Kelola Notifikasi, Stop Email Like This, atau semacamnya. Biasanya akan ada teks kecil di akhir email tersebut yang berisi link unsubscribe.
  4. Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb
    Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb
    Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb
  5. Silakan buka link unsubscribe tersebut dan kamu akan diarahkan ke situs dari pengirim email. Beberapa situs akan langsung memberitahukan bahwa unsubscribe sudah berhasil atau peringatan bahwa kamu tidak akan menerima email seperti ini lagi. Tetapi ada juga yang perlu melakukan konfigurasi, verifikasi, atau langkah khusus terlebih dahulu seperti, mengatur email mana saja yang ingin dihentikan.
  6. Setelah mengikuti langkah di atas, selanjutnya kamu bisa menghapus email serupa dari pengirim yang sama. Kemudian lakukan langkah yang sama pada email dari pengirim yang berbeda untuk email yang juga ingin kamu stop pengirimannya. Jadi perlu kamu ingat bahwa cukup satu kali unsubscribe untuk pengirim yang sama, tidak perlu pada setiap emailnya kecuali jika ada email jenis lain dari pengirim yang sama yang masih dikirimkan.

Jika Tidak Ada Unsubscribe!?

Sebenarnya kasus seperti ini mungkin saja terjadi meskipun kemungkinannya cukup jarang, yaitu email yang tidak menyediakan link unsubscribe bagi penerimanya. Untuk hal seperti ini, langkah yang bisa kamu ambil untuk menolak email seperti itu untuk seterusnya adalah dengan memblokir alamat email pengirimnya.

Fitur blokir akan selalu tersedia pada layanan email yang umum digunakan. Untuk mulai memblokir nya, pertama-tama silakan buka salah satu email yang ingin kamu blokir kemudian silakan klik menu yang ada di dekat judul atau alamat pengirim email, lalu pilih Blokir.

Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb

Perlu kamu perhatikan bahwa cara seperti ini kurang direkomendasikan kecuali untuk email yang benar-benar ingin kamu blokir, karena kemungkinannya jika nanti kamu akan menggunakan layanan dari pengirim email tersebut, mungkin kamu akan kebingungan mencari emailnya jika lupa membuka blokirnya.

Penutup

Itulah beberapa langkah dan cara yang bisa kamu lakukan untuk berhenti menerima email yang tidak diinginkan seperti, email promosi, notifikasi, dan semacamnya. Selain itu kamu juga bisa mengikuti langkah di atas untuk memblokir email yang tidak diinginkan.

Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Berhenti Menerima Email Promosi/Notifikasi, dsb"

Dapatkan Info Terbaru!