Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows ― Mungkin sudah patut dibilang kalau hampir semua orang yang menggunakan komputer atau PC pasti kenal dengan Microsoft Windows, atau setidaknya pernah mendengar tentang Windows. Sebagai salah satu sistem operasi yang cukup banyak digunakan pada perangkat komputer, Windows saat ini terus mengalami perkembangan dan pembaruan melalui versi terkini andalan Microsoft yaitu Windows 10.

Hadirnya berbagai fitur dan perbaikan pada versi Windows dari waktu ke waktu membuatnya semakin mempermudah berbagai lini pekerjaan penggunanya, tidak terkecuali pada Windows versi-versi terdahulu. Beberapa diantara fitur-fitur yang ada pada Windows, kebanyakan diantaranya mungkin belum terlalu diketahui oleh kebanyakan pengguna Windows khususnya di Indonesia.

Selain karena faktor bahasa, di mana pada umumnya orang-orang menggunakan Windows bahasa Inggris meskipun bisa diatur ke bahasa Indonesia, tetapi juga karena kebanyakan orang masih belum memiliki keinginan yang cukup tinggi untuk mencari tahu. Padahal ada banyak fitur pada sistem operasi tersebut yang bisa sangat membantu.

Salah satu fitur yang masih kurang dimanfaatkan oleh kebanyakan pengguna Windows adalah fitur File Sharing. Sama seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemindahan file dari PC/komputer satu dengan yang lainnya yang sama-sama menggunakan Windows.

File sharing pada awalnya sudah tersedia pada versi Windows XP yang kemudian mulai lebih dikenal pada saat suksesnya popularitas Windows 7. Windows file sharing memungkinkan penggunanya untuk mengirm maupun menerima file dari dua atau lebih perangkat PC yang terhubung pada jaringan yang sama. Jadi dengan fitur ini kamu bisa mengakses folder tertentu pada sebuah komputer selama berada di jaringan lokal yang sama.

File sharing ini merupakan metode yang sangat efektif digunakan pada saat melakukan kegiatan yang menggunakan lebih dari 1 PC, misalnya seperti di kantor, di sekolah, atau bahkan di rumah. Dan hebatnya lagi, fitur ini bahkan tidak harus menggunakan jaringan internet, jadi kamu bisa menggunakan jaringan apapun meski tidak ada koneksi internetnya sekalipun.

Mengaktifkan File Sharing

Pada dasarnya, cara kerja file sharing ini adalah memberikan akses kepada user lain yang ada dalam satu jaringan lokal terhadap suatu folder atau file, jadi folder atau file tersebut akan bisa diakses siapapun yang ada dalam jaringan tersebut. Dengan cara ini, sebuah komputer dapat dijadikan sebagai suatu server lokal yang bisa digunakan bersama.

# Menentukan Folder Sharing

Untuk bisa saling berbagi/sharing file melalui Windows, terlebih dahulu kamu perlu menentukan folder yang akan dijadikan sebagai tempat sharing file. Lebih jelasnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Tentukan salah satu folder yang akan kamu bagikan, klik kanan pada folder tersebut lalu pilih Give access to. Pada Windows 8 atau Windows 7 mungkin nama pilihan ini akan berbeda. Lalu jika kamu mempunyai homegroup dengan anggota tertentu, kamu bisa memilih grup tersebut, tetapi kalau tidak ada silakan pilih Spesific People.
  2. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  3. Selanjutnya tentukan siapa saja yang dapat mengakses folder tersebut, jika kamu ingin membagikan kepada orang tertentu saja, kamu bisa menambahkannya dengan menulis username Windows komputer tersebut pada jendela Network access berikut. Tetapi kalau kamu mau membagikan kepada siapa saja, pilih Everyone lalu klik tombol Add.
  4. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  5. Kemudian tentukan akses apa yang akan diberikan kepada "Everyone" (yang artinya siapa saja yang terhubung dengan jaringan yang sama), untuk memberikan akses menambah/mengurangi file, pilih Read/Write.
  6. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  7. Setelah proses selesai kamu akan bisa melihat alamat dari folder tersebut di dalam jaringan, tertulis di bawah nama folder, contoh pada gambar di bawah folder tersebut bisa diakses di komputer lain melalui alaman \\MARINGNGERRANG\Sharing2.
  8. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  9. Selanjutnya silakan gunakan alamat sebelumnya untuk mengakses folder tadi dari komputer lain, tuliskan alamat tersebut pada address bar di jendela file explorer Windows. Tetapi perlu kamu perhatikan bahwa folder tersebut hanya akan bisa diakses apabila PC tersebut mengaktifkan file sharing melalui pengaturan jaringan, jika belum diaktifkan silakan ikuti langkah pada pembahasan berikutnya.
  10. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

# Mengaktifkan Sharing Options di Windows

Folder yang telah dibagikan sebelumnya hanya dapat diakses apabila sharing file diaktifkan melalui pengaturan jaringan atau pengaturan Sharing Options. Silakan ikuti langkah berikut ini untuk mengaktifkannya.
  1. Klik kanan ikon jaringan yang ada di tray icon pada taskbar lalu pilih Open Network & Internet settings. Pilihan ini juga bisa kamu akses melalui menu Start apabila ikon jaringan tidak ditampilkan.
  2. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  3. Pada jendela Settings, pilih menu Sharing options
  4. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  5. Selanjutnya perhatikan profil jaringan yang sedang kamu gunakan, apakah Private atau Guest or Public, cari yang ada tulisannya current profile, setelah itu aktifkan pilihan Turn on file and printer sharing. Selain sharing file, kamu juga bisa sharing printer kamu melalui jaringan.
  6. Jika kamu ingin agar username windows dari PC tersebut dapat ditemukan pada folder Network di file explorer, maka aktifkan pilihan Turn on network discovery serta centang bagian Turn on automatic setup of network connected devices.
  7. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  8. Lalu pada bagian All Networks aktifkan pilihan Turn on sharing so anyone with network access can read and write files in the Public folders. Jika kamu tidak ingin menggunakan perlindungan kata sandi saat membuka akses ke folder sharing, pastikan pilihan Turn off password protected sharing yang aktif.
  9. Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows
  10. Setelah semua selesai, klik tombol Save changes.

Beberapa Permasalahan

Setelah menentukan folder sharing, mengaktifkan akses pengguna, dan mengaktifkan opsi sharing pada pengaturan jaringan, beberapa permasalahan terkait koneksi tersebut tetap ada kemungkinan terjadi, oleh karena itu berikut ini beberapa permasalahan umum terkait koneksi ke folder sharing pada Windows.

# Tetap meminta password saat dihubungkan

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

Salah satu langkah yang telah dibahas di atas adalah mengatur apakah saat mengakses folder sharing, pengguna yang lain harus memasukkan password/kata sandi atau tidak. Tetapi berdasarkan pengamatan pada beberapa kasus, sering terjadi di mana folder tetap dilindungi dengan password meskipun sudah diatur Turn off password protected sharing. Akan tetapi masalah utamanya adalah apa username dan password yang harus dimasukkan?. Pada kondisi seperti itu cara ini biasanya akan berhasil, coba masukkan username admin tanpa password, jika gagal coba gunakan password admin.

# Alamat folder tidak dapat diakses

Apabila kamu mengalami masalah saat mengakses folder sharing melalui alamat folder yang telah dibagikan, kamu bisa mengganti username atau computer name yang terdapat pada bagian depan alamat folder tersebut dengan alamat IP dari komputer di mana folder sharing tersimpan. Misalnya pada contoh di atas digunakan alamat \\MARINGNGERRANG\Sharing2.

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

Silakan ganti bagian yang ditandai dengan alamat IP dari komputer tersebut. Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah, apa alamat IP nya!? Untuk mengetahui alamat IP pada Windows, buka Windows Command dengan menulis cmd di menu Start atau melalui Windows Run (dengan menekan tombol Windows + R di keyboard).

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

Lalu pada Command Windows, tuliskan kode ipconfig kemudian tekan Enter. Lalu perhatikan pada bagian IPv4, kamu akan melihat alamat IP dari komputer tersebut.

Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows

Perlu kamu ketahui bahwa alamat IP akan berbeda-beda pada setiap jaringan yang kamu gunakan, khususnya pada komputer, kamu bisa menggunakan lebih dari satu koneksi sekaligus, misalnya menggunakan koneksi kabel LAN (ethernet) dan menggunakan koneksi Wi-Fi sekaligus. Jadi pada kasus tersebut, komputer akan mempunyai 2 alamat IP, yaitu IP pada koneksi ethernet dan IP pada koneksi wifi.

Lalu pada kondisi yang sama di mana kamu mencoba mengakses file sharing sebuah komputer melalui alamat IP, pastikan kamu memperhatikan IP mana yang akan kamu akses dengan melihat koneksi mana yang digunakan bersama, misalnya komputer tersebut terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama, maka gunakan alamat IP Wireless. Selanjutnya kamu tinggal menuliskan alamatnya pada address bar di file explorer, contohnya \\192.168.7.4\Sharing2.

Perlu kamu perhatikan bahwa untuk mengakses PC lain melalui jaringan (baik itu file sharing maupun untuk printer sharing) dengan menuliskan alamatnya di address bar, kamu harus menyertakan \\ setiap kali menuliskan alamatnya.

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk bisa saling berbagi file pada komputer yang berbeda melalui jaringan, baik menggunakan jaringan WiFi ataupun melalui koneksi jaringan kabel LAN. Selain itu kamu perlu mengetahui bahwa untuk bisa mengakses file sharing, kamu tidak harus terhubung ke internet, jadi jaringan seperti hotspot smartphone juga bisa digunakan meski tidak ada akses internetnya.

Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru untuk kamu, apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal-hal keliru yang perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Sharing File Melalui Jaringan di Windows"

Dapatkan Info Terbaru!