Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Internet Browser Google Chrome

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome ― Bagi sebagian besar orang, kata Google Chrome mungkin sudah tidak asing lagi. Salah satu aplikasi internet browser yang paling banyak digunakan, baik pada perangkat smartphone maupun perangkat PC seperti laptop atau komputer.

Browser Google Chrome banyak dipilih oleh pengguna internet sebagai aplikasi browser untuk mengakses internet dikarenakan beberapa faktor dan kelebihan yang dimiliki browser tersebut. Selain karena merupakan aplikasi buatan Google, browser ini juga memudahkan dalam proses sinkronisasi dengan akun Google/Gmail yang bisa dibilang juga banyak digunakan oleh orang-orang.

Spell Check pada Google Chrome

Dalam posting kali ini akan dibahas tentang aplikasi Google Chrome tersebut, lebih tepatnya tentang cara mengaktifkan spell checking Bahasa Indonesia pada Google Chrome. Spell check merupakan pemeriksaan ejaan yang akan memberikan tanda terhadap kata yang salah atau dengan kata lain kata yang tidak terdapat dalam pembendaharaan kata pada program. Hal ini biasanya terdapat pada aplikasi-aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Office, Libre Office, bahkan WordPad dan Sublime Text.

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Google Chrome bisa dibilang juga merupakan salah satu aplikasi pengolah kata, karena di dalamnya pengguna dapat menggunakan browser tersebut untuk menulis dan mengedit dokumen yang berisi teks. Oleh karena itu, jika fitur spell check di browser Google Chrome kamu aktif, maka ketika mengetik teks pada sebuah website atau halaman situs, mungkin kamu pernah menemukan tampilan di mana terdapat kata yang diberi garis bawah berwarna merah, seperti pada gambar diatas, yang menandakan bahwa kata tersebut keliru, atau kata tersebut tidak dikenali oleh sistem.

Menggunakan Spell Check Bahasa Indonesia di Google Chrome

Akan tetapi, bila diperhatikan lagi seperti pada contoh gambar di atas, terdapat beberapa kata yang sebenarnya sudah benar secara bahasa Indonesia, tetapi pada tampilan di halaman browser, kata tersebut tetap diberi tanda merah di bawahnya. Hal tersebut terjadi karena pengaturan pemeriksa ejaan (spell checking) di Google Chrome tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan. Jadi misalnya browser Google Chrome kamu menggunakan pengaturan spell check berbahasa Inggris, maka semua kata yang tidak berbahasa Inggris akan dianggap salah dan diberi tanda merah.

Oleh karena itu, apabila kamu termasuk orang yang cukup sering menggunakan browser dalam mengolah berbagai dokumen, atau dengan kata lain jika kamu sering mengedit dokumen secara online melalui browser Google Chrome, maka menentukan bahasa yang digunakan pada spelling checker atau pemeriksa ejaan pada aplikasi Google Chrome kamu merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal tersebut agar meminimalisir kesalah yang diakibatkan oleh human error pada saat mengedit dokumen secara online melalui browser. Untuk mengaturnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Silakan buka aplikasi browser Google Chrome yang kamu gunakan.
  2. Klik tombol menu yang terdapat pada sudut kanan atas jendela Google Chrome, tombol yang menggunakan ikon tiga titik vertikal, setelah itu pilih Settings atau Setelan.
  3. Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome
  4. Kemudian pada halaman setelan Google Chrome, pilih opsi Advanced atau Lanjutan untuk menampilkan pilihan pengaturan yang lain. Setelah itu pilih pengaturan Languages atau Bahasa.
  5. Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome
  6. Pada pengaturan bahasa di browser Google Chrome, pastikan bahasa Indonesia sudah ada di daftar bahasa yang digunakan browser tersebut, atau jika kamu ingin menambahkan bahasa lain silakan klik Add languages atau Tambahkan bahasa lalu cari bahasa yang ingin kamu tambahkan.
  7. Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome
  8. Selanjutnya, masih di pengaturan bahasa, aktifkan bagian Spell check atau Periksa ejaan lalu aktifkan penggunaan spell check untuk bahasa Indonesia dan bahasa yang kamu inginkan di bagian Use spell check for.
  9. Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome
  10. Dan juga kamu bisa memilih untuk menggunakan pemeriksaan ejaan yang dasar atau pemeriksaan ejaan seperti yang digunakan pada search engine Google dengan memilih Enhanced spell check atau Pemeriksaan ejaan yang disempurnakan, sebaiknya gunakan pilihan yang kedua agar pembendaharaan kata yang digunakan oleh Google Chrome lebih besar.
  11. Selain itu jika ada kata-kata yang kemungkinan tidak dikenali oleh Google Chrome yang sering kamu gunakan dan kamu tidak ingin kata-kata tersebut dianggap salah oleh sistem, silakan tambahkan pada bagian Customize spell check atau Sesuaikan pemeriksaan ejaan, dan masukkan kata yang kamu inginkan.
  12. Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Setelah itu kamu bisa memeriksa apakah fitur spell check atau pemeriksa ejaan tersebut sudah berfungsi dengan cara membuka halaman yang di dalamnya terdapat bagian yang bisa diketik, misalnya saja pada halaman pembuatan posting di Blogger. Jika fitur tersebut sudah aktif, kamu akan melihat garis bawah berwarna merah pada kata-kata yang dianggap salah oleh sistem Google Chrome.

Akses Cepat Spell Check Google Chrome

Selain melalui pengaturan yang telah disebutkan di atas, pengaturan bahasa ini juga bisa kamu akses dengan cepat melalui homepage atau beranda Google Chrome, serta bisa juga melalui halaman beranda Google yang dibuka melalui Google Chrome. Klik kanan pada kotak pencarian Google dan pilih Spell check atau Periksa ejaan.

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Selain itu, kamu juga bisa mengganti bahasa pada spell check tersebut dengan cepat melalui menu klik kanan di kotak pencarian Google. Jika kamu ingin menggabungkan beberapa bahasa untuk digunakan pada pengaturan pemeriksa ejaan, kamu bisa pilih All your languages atau Semua bahasa Anda, hal itu jika misalnya kamu sering mengetik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris atau bahasa lainnya, fitur itu akan sangat membantu.

Apabila pada saat menulis atau mengetik melalui Google Chrome dan kamu menemukan ada kata-kata dianggap salah oleh sistem, kamu bisa menambahkan kata-kata tersebut dengan mudah dan cepat dengan cara klik kanan pada kata yang dianggap salah itu lalu pilih Add to dictionary atau Tambahkan ke kamus.

Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatur dan memilih bahasa yang digunakan pada fitur spell check atau pemeriksaan ejaan yang ada di Google Chrome. Dengan menggunakan fitur tersebut kamu bisa membuat tulisan yang lebih baik dan lebih minim kesalahan. Setiap kesalahan penulisan bisa kamu minimalisir dengan memeriksa kata-kata yang dianggap salah oleh sistem Google Chrome.

Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal-hal keliru yang perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya melalui kolom komentar yang ada di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Menggunakan Spell Checking Bahasa Indonesia di Google Chrome"

Dapatkan Info Terbaru!