Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Cara Menggunakan PC dari Jarak Jauh ― Mungkin kamu pernah pernah melihat atau pernah mendengar tentang menggunakan PC (komputer atau laptop) dari jarak jauh!? Atau bisa dibilang dengan kendali jarak jauh. Maksudnya adalah kamu bisa menggunakan sebuah laptop atau komputer tanpa berada di tempat yang sama dengan laptop atau komputer tersebut, bahkan kamu bisa menggunakannya tanpa menyentuhnya sama sekali. Apakah bagimu itu terdengar mustahil? Jika iya, maka mari berkenalan dengan Chrome Remote Desktop.

Saat ini PC remote atau pengendalian PC dari jarak jauh secara penuh menjadi hal yang cukup dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Misalnya orang-orang yang sering menggunakan lebih dari satu PC seperti, PC kantor dan laptop pribadi, terkadang butuh menggunakan komputer kantor meskipun sedang berada di rumah. Hal tersebut biasanya berhubungan dengan file yang berada pada suatu komputer atau juga sebuah aplikasi yang hanya bisa diakses melalui komputer tertentu. Maka dalam kondisi tersebut, akses jarak jauh menjadi hal yang sangat diperlukan.

Penggunaan kendali komputer jarak jauh pada dasarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang tetunya semua cara tersebut membutuhkan jaringan internet yang memungkinkan akses ke perangkat yang dituju. Oleh karena itu, pada posting kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengendalikan suatu PC (komputer atau laptop) dari jarak jauh dengan menggunakan suatu aplikasi bernama Chrome Remote Desktop.

Apa itu Chrome Remote Desktop

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar Chrome Remote Desktop, sama seperti nama depannya, aplikasi ini pada dasarnya menggunakan Google Chrome. Sebuah aplikasi tambahan yang bisa di-install pada Google Chrome di komputer atau laptop yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan komputer atau laptop lain meskipun dari jarak jauh.

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Dalam berbagai kondisi, fitur ini bisa sangat berguna dan membantu menyelesaikan banyak hal. Selain itu pada aplikasi Chrome Remote Desktop, kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur yang tentunya dapat membantu dalam pengendalian jarak jauh terhadap sebuah komputer, misalnya seperti fitur berbagi file secara langsung yang memungkinkan kamu melakukan pertukaran file dari dua perangkat dari jarak jauh, yaitu perangkat yang di-remote atau dikendalikan, dan perangkat yang saat ini sedang digunakan untuk me-remote.

Cara Mengendalikan Komputer dari Jarak Jauh

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa untuk menggunakan PC dari jarak jauh kamu harus memastikan bahwa kedua perangkat tersebut harus sama-sama terkoneksi dengan jaringan internet. Pertama-tama untuk memudahkan pembahasan ini kedepannya, PC yang di-remote akan disebut dengan PC jarak jauh sedangkan PC yang digunakan untuk mengontrol atau mengendalikan PC jarak jauh disebut dengan PC jarak dekat.

Untuk mulai mengakses komputer dari jarak jauh, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini yang akan dibagi kedalam beberapa poin pembahasan.

# Menginstall Ekstensi Chrome Remote Desktop

Pertama-tama kamu harus menginstall sebuah ekstensi pada browser Google Chrome, yaitu Chrome Remote Desktop. Perlu kamu perhatikan bahwa ekstensi ini hanya perlu di-install pada perangkat yang akan dikendalikan saja. Silakan ikuti langkah berikut ini untuk install Chrome Remote Desktop.
  1. Terlebih dahulu kamu harus mempunyai akun Google atau akun Gmail yang akan digunakan untuk login pada Chrome Remote Desktop.
  2. Buka aplikasi browser Google Chrome lalu buka alamat remotedesktop.google.com/access dan login dengan akun Gmail.
  3. Untuk PC jarak jauh, silakan klik tombol ikon download yang ada pada menu "Menyiapkan akses jarak jauh" dan install ekstensi tersebut.
  4. Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh
  5. Setelah ekstensi Chrome Remote Desktop selesai di-install sebenarnya komputer tersebut sudah bisa digunakan dari jarak jauh. Tetapi pada halaman Chrome Remote Desktop kamu bisa melihat ada dua menu di bagian atas, yang penting untuk kamu ketahui fungsinya, yaitu menu Akses Jarak Jauh dan menu Dukungan Jarak Jauh
  6. Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

# Akses Secara Pribadi dengan Akun Gmail yang sama

Pada halaman Chrome Remote Desktop kamu akan melihat dua menu/tab pilihan yang ada di bagian atas. Untuk mengakses sebuah PC (komputer atau laptop) secara pribadi kamu perlu memilih menu Akses Jarak Jauh. Maksud dari akses secara pribadi adalah pada kedua perangkat (PC jarak jauh maupun PC jarak dekat) harus login menggunakan akun Gmail yang sama pada halaman Chrome Remote Desktop, jadi bisa dibilang bahwa pada kedua perangkat tersebut kamu menggunakannya secara pribadi.

Setelah ekstensi Chrome Remote Desktop selesai di-install pada PC jarak jauh, silakan klik tombol Aktifkan pada menu "Menyiapkan akses jarak jauh", yang berada pada menu pilihan Akses Jarak Jauh, dan kamu akan diminta untuk membuat kode PIN 6 angka yang digunakan pada saat mengakses komputer tersebut dari PC lain.

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Setelah itu silakan buka Chrome Remote Desktop dari komputer atau laptop lainnya, lalu login dengan akun Gmail yang sama dengan yang kamu gunakan di atas, setelah itu akan tampil pilihan PC mana saja yang bisa kamu akses dari akun Gmail tersebut. Kelebihan dari akses secara pribadi ini, kamu akan lebih leluasa dalam mengakses PC jarak jauh, artinya kamu bisa mengakses komputer atau laptop tersebut tanpa melakukan konfigurasi apapun lagi, hanya perlu login menggunakan akun Gmail, dan selama akun Gmail yang sama masih login pada kedua perangkat tersebut.

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

# Akses untuk non Pribadi tanpa Akun Gmail yang sama

Untuk pilihan kedua ini biasanya digunakan pada PC yang dipakai/dimiliki oleh orang yang berbeda. Misalnya kamu memerlukan akses pada PC seseorang untuk membantunya melakukan sesuatu. Atau untuk melakukan instalasi sebuah aplikasi pada PC seorang rekan atau kerabat kerja.

Akses ini sebut saja sebagai akses non pribadi, dimana kedua perangkat, baik PC jarak jauh maupun PC jarak dekat, tidak harus login dengan akun Gmail yang sama. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa setiap kali mulai mengakses PC jarak jauh, kamu akan memerlukan sebuah kode akses, dan kode tersebut hanya bisa sekali pakai. Jadi setelah selesai digunakan, untuk mendapatkan akses selanjutnya kamu akan memerlukan kode akses yang baru lagi.

Setelah ekstensi Chrome Remote Desktop di install pada PC jarak jauh, terlebih dahulu perlu dibuat sebuah kode akses pada PC tersebut. Kode akses itu juga bisa dibuat oleh pemilik PC tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pada halaman Chrome Remote Desktop klik menu Dukungan Jarak Jauh lalu klik tombol Buat Kode pada pilihan Dapatkan Bantuan.
  2. Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh
  3. Setelah itu akan muncul 12 digit kode angka yang diperlukan untuk mengakses komputer tersebut.
  4. Untuk memasukkan kode tersebut harus dimasukkan pada PC jarak dekat dengan membuka menu Dukungan Jarak Jauh lalu pada menu Memberi Bantuan, masukkan kode akses pada kotak teks yang telah disediakan dan klik tombol Sambungkan, maka tampilan dari PC jarak jauh akan segera tampil.
  5. Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Fitur Lainnya

Sebagai fitur pelengkap, selain dapat mengakses komputer dari jarak jauh, Chrome Remote Desktop juga memberikan fitur tambahan lainnya untuk mendukung fitur tersebut. Salah satunya adalah saling berbagi file, artinya adalah kamu bisa copy file dari komputer yang di-remote, melalui menu download, serta kamu juga bisa copy file ke komputer yang di-remote, melalui menu upload. Jadi sederhananya kedua komputer tersebut bisa saling berbagi file. Menu ini bisa diakses melalui tombol berwarna biru yang ada di sisi samping kanan jendela Chrome Remote Desktop.

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Selain berbagi file, kedua komputer tersebut juga bisa saling berbagi clipboard. Maksudnya adalah setiap teks yang disalin dari salah satu perangkat, akan secara otomatis terhubung ke perangkat yang satunya. Fitur ini akan sangat membantu khususnya dalam mengelola suatu dokumen.

Selain itu fitur lainnya yang juga dapat digunakan adalah penggunaan beberapa fungsi kombinasi keyboard. Mengingat bahwa PC yang digunakan sebenarnya ada 2, jadi beberapa fungsi tombol mungkin hanya berlaku pada komputer yang sedang mengontrol (PC jarak dekat), oleh karena itu beberapa pengaturan untuk mengoptimalkan kombinasi keyboard pada komputer yang dikontrol bisa digunakan pada menu yang berada di sebelah kanan jendela Chrome Remote Desktop tersebut.

Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengakses atau menggunakan PC (laptop atau komputer) dari jarak jauh dengan menggunakan Chomre Remote Desktop, semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru. Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Mengakses Komputer/Laptop dari Jarak Jauh"

Dapatkan Info Terbaru!