Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk

Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk

Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk ― Bagi kamu yang sering menggunakan hardisk eksternal ataupun penyimpanan flash drive (FD) lainnya seperti misalnya flashdisk, mungkin pernah menemukan sebuah istilah bernama NTFS dan FAT32. Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa arti dari NTFS dan FAT32 dan apa fungsinya!? Oleh karena itu, dalam posting kali ini akan dibahas hal-hal seputar NTFS dan FAT32 pada hardisk maupun flashdrive.

Istilah NTFS dan FAT32 biasanya akan ditemukan pada menu saat akan melakukan format terhadap suatu media penyimpanan, baik hardisk maupun flashdisk, akan terdapat pilihan File system yang bisa diubah dalam beberapa pilihan, yaitu NTFS, FAT32 (Default), dan exFAT. Kebanyakan orang sebenarnya tidak memahami benar apa maksud pilihan itu meskipun sudah sering kali ditemui. Bahkan banyak yang tidak pedulit untuk mencari tau apa maksudnya, padahal pilihan tersebut penting untuk diperhatikan terkhusus untuk menentukan apa tujuan penggunaan dari media penyimpanan tersebut kedepannya. Serta agar tidak salah dalam memilih pengaturan sistem file tersebut pada saat proses format media penyimpanan.

Terlebih dahulu kamu mungkin perlu mengenal apa itu sistem file (file system). Merupakan struktur logika dalam komputer yang digunakan untuk mengendalikan akses pada setiap data yang tersimpan dalam disk. Jadi ibaratnya sistem file ini bekerja khusus untuk menyimpan, mengelola, memanipulasi, serta mengambil data yang tersimpan dalam disk. Sehingga pada saat kamu mencari sebuah data, data tersebut akan ditemukan dengan mudah dan cepat.

Baik NTFS maupun FAT, keduanya memiliki beberapa versi tersendiri. Misalnya NTFS yang telah mengalami beberapa pembaruan mulai dari NTFS versi 1.0 hingga versi 3.1. Sedangkan untuk keluarga FAT memiliki empat versi yaitu, FAT12, FAT16, FAT32, dan exFAT. Setiap versi dari kedua sistem file tersebut tentunya memiliki spesifikasi serta keunggulannya masing-masing. Oleh sebab itu, mari berkenalan dengan setiap sistem file tersebut.

Apa itu File System NTFS?

NTFS sendiri merupakan singkatan dari New Technology File System, merupakan sistem file yang sederhana tetapi memiliki kemampuan lebih dibandingkan sistem file FAT dan keluarganya. Sistem file ini pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows NT, dan terus digunakan untuk mendukung sistem operasi Windows hingga saat ini.

NTFS memiliki beberapa fitur yang dibutuhkan dalam pendistribusian data dalam penyimpanan, misalnya seperti access control dimana siapapun dapat mempunyai akses terhadap berkas-berkas yang ada dalam disk. Selain itu sistem file NTFS juga memiliki kemampuan dalam penetapan seberapa banyak kuota yang dapat digunakan dalam kapasitas hardisk, fitur toleransi terhadap kesalahan yang terjadi dalam hardisk, serta fitur enkripsi dalam mengamankan berkas-berkas.

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa NTFS telah mengalami banyak perkembangan dan pembaruan hingga saat ini, jadi ada beberapa versi NTFS yang sudah pernah diluncurkan. Versi pertamanya adalah versi 1.0 pada Windows NT 3.1, versi 1.1 pada Windows NT 3.50, versi 1.2 pada Windows NT 4.0, versi 2.0 yang sayangnya tidak dilanjutkan, versi 3.0 pada Windows 2000, dan versi 3.1 pada Windows server 2003 dan Windows XP SP1. Versi 3.1 merupakan versi terakhir hingga saat ini dan tetap digunakan bahkan hingga Windows 10. Kamu bisa mengeceknya dengan membuka Command Prompt dan jalankan sebagai administrator (Run as administrator) dan tuliskan perintah fsutil fsinfo ntfsinfo C: dan lihat pada bagian NTFS Version.

# Kelebihan NTFS

Selain itu sistem file NTFS ini merupakan sistem file yang mempunyai fitur keamanan yang lebih baik serta lebih mudah dalam konversi dari sistem file FAT bahkan tanpa melakukan format kepada media penyimpanan sekalipun. Berikut ini beberapa kelebihan dari sistem file NTFS.
  • Memiliki kemampuan untuk mengatur kuota volume yang digunakan oleh pengguna.
  • Mendukung adanya kompresi data secara transparan walaupun tidak didukung dengan rasio besar sehingga dapat lebih menghemat ruang di dalam hardisk.
  • Memiliki dukungan pada sistem file yang ter-enkripsi dengan transparan, yang menggunakan beberapa jenis teori algoritma enkripsi yang memang umum digunakan.
  • Mendukung dalam pengarsipan/penanaman berkas dengan menggunakan sistem Unicode.

# Kekurangan NTFS

Selain kelebihan tersebut, sistem file ini tentu saja memiliki kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Tidak dapat mendeteksi media penyimpanan saat sedang melakukan boot dengan floopy disk.
  • Tidak didukung oleh hampir sebagian besar sistem operasi.

Apa itu File System FAT32?

Sistem file FAT32 merupakan salah satu versi dari keluarga sistem file FAT. FAT sendiri merupakan singkatan dari File Allocation Table yang menggunakan metode struktur tabel alokasi berkas sebagai logika yang diterapkan untuk beroperasi. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sistem file ini juga mempunyai beberapa versi, dimana versi terakhirnya adalah exFAT.

FAT32 merupakan jenis sistem file yang tertua jika dibandingkan dengan NTFS dan exFAT. FAT32 diperkenalkan pertama kali pada saat sistem operasi Windows 95 diluncurkan dan menjadi pengganti dari sistem file FAT16 yang memiliki perbaikan utama dalam hal peningkatan jumlah cluster dalam setiap partisi hardisk.

Merkipun sudah diperkenalkan cukup lama sejak rilis Windows 95, namun sistem file FAT32 juga dapat bekerja pada beberapa sistem operasi windows lainnya seperti, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 server, Windows Vista, Windows 7, dan DOS V7 atau yang lebih tinggi.

Pada sistem operasi Windows 8 hingga saat ini, file sistem FAT dan keluarganya sudah tidak digunakan lagi untuk media penyimpanan utama (hardisk) yang digunakan beserta seluruh partisinya, dan hanya menggunakan sistem file NTFS sebagai sistem file utama dan bawaan dalam sistem operasi. Akan tetapi meskipun demikian, sistem file FAT32 ini tetap dapat digunakan pada media penyimpanan sekunder termasuk flash drive, diantaranya adalah flashdisk.

# Kelebihan FAT32

Sistem file FAT32 memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Didukung oleh setiap jenis sistem operasi yang ada saat ini.
  • Dapat digunakan dalam sistem operasi yang berbeda.
  • Mampu menampung lebih banyak jumlah cluster jika dibandingkan dengan FAT versi lainnya.

# Kekurangan FAT32

Disamping itu sistem file FAT32 juga memiliki kekurangannya yaitu sebagai berikut.
  • Tidak mempunyai fitur keamanan terhadap data yang dikelolanya, yaitu keamanan dari terjadinya kesalahan hingga kehilangan berkas.
  • Tidak mempunyai fitur untuk kompres data, sehingga tidak memungkinkan untuk menjadikan data berukuran lebih kecil dari sebelumnya.
  • Tidak ada fitur enksipsi untuk mengamankan data.

Perbedaan Sistem File NTFS dan FAT pada Flashdisk dan Hardisk

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa sistem file merupakan struktur logika yang digunakan oleh sistem operasi agar dapat mengendalikan akses pada data atu berkas yang ada dalam suatu media penyimpanan, termasuk flashdisk atau hardisk. Kedua sistem file yang telah dibahas di atas merupakan sistem file yang digunakan pada Windows. Dan mungkin kamu sering memperhatikan bahwa sistem file NTFS biasanya digunakan pada hardisk, baik hardisk eksternal maupun internal pada sebuah laptop atau komputer. Sementara sistem file FAT32 lebih sering digunakan pada flashdisk atau media penyimpanan lain yang berkapasitas kecil.

Apabila berbicara tentang kedua sistem file ini, maka tidak lengkap rasanya jika tidak membahas lebih jauh tentang perbedaannya serta bagaimana menentukan sistem file mana yang digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu terhadap penggunaan sebuah media penyimpanan. Oleh karena itu berikut ini dibahas tentang perbedaan NTFS dan FAT32 dari berbagai sudut pandang.

#1 Kompabilitas dengan Sistem Operasi

Hal paling mendasar yang menjadi perbedaan NTFS dan FAT32 adalah dari segi kompabilitas terhadap sistem operasi, mengingat saat ini sistem operasi yang digunakan cukup banyak dan bervariasi satu sama lain. File system FAT32 dapat bekerja pada semua sistem operasi saat ini, tentu saja karena sistem file ini sudah sangat lama ada dan tetap kompatibel dengan sistem operasi terbaru. Sistem operasi umum seperti, Windows, Linux, Mac OS, DOS, Android, iOS, dan sebagainya, semuanya masih dapat membaca media penyimpanan yang menggunakan sistem file FAT32.

Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk

Sementara di samping itu, sistem file NTFS tidak support dengan beberapa sistem operasi yang ada saat ini. Salah satu contohnya adalah Mac OS X yang hanya dapat membaca data yang disimpan dalam penyimpanan yang menggunakan sistem file NTFS, tetapi tidak dapat menulis data ke dalamnya. Oleh karena itu kebanyakan orang menggunakan software khusus untuk bisa menyalin sebuah file atau berkas melalui sistem file NTFS tersebut. Akan tetapi jika kamu berada di lingkungan sistem operasi Windows atau Linux, maka sistem file NTFS masih dapat digunakan dan masih support untuk hampir semua versi yang digunakan saat ini pada kedua sistem operasi tersebut.

#2 Ukuran Maksimal Sebuah File

Perbedaan lain dari kedua jenis sistem file tersebut adalah dari segi ukuran maksimal dari sebuah file yang dapat disimpan ke dalam media penyimpanan, hardisk maupun flashdisk. Kemungkinan kamu pernah mengalami masalah ini, masalah yang diakibatkan ketika menyalin file kedalam sebuah hardisk atau flashdisk yang ukurannya terlalu besar. Jadi pada dasarnya sistem file FAT32 hanya dapat menulis data dari file yang ukurannya tidak lebih besar dari 4GB untuk setiap satu file. Untuk file yang berkelompok, ukurannya tidak masalah selama tidak ada file yang lebih besar dari 4GB.

Oleh karena itu ketika kamu menyalin/copy sebuah file yang lebih besar dari 4GB kedalam sebuah flashdisk yang menggunakan sistem file FAT32, maka akan muncul peringatan yang mengatakan File too large. Solusi dari masalah tersebut adalah memecah file kedalam beberapa part/bagian atau mengubah sistem file menjadi NTFS.

Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk

Sementara di samping itu, sistem file NTFS dapat menuliskan sebuah file yang ukuran maksimumnya jauh lebih besar, yaitu sebesar 16 Exabyte atau setara dengan 16 Miliar GB untuk setiap file. Jadi kamu tidak akan perlu khawatir terhadap berapa ukuran maksimal sebuah file yang bisa kamu salin pada sebuah media penyimpanan hardisk atau flashdisk yang menggunakan sistem file NTFS, selain itu juga akan sangat sulit menemukan satu file yang ukurannya lebih dari 16 miliar GB.

#3 Jumlah File Maksimal

Jika sebelumnya berbicara tentang ukuran file, perbedaan selanjutnya dari sistem file NTFS dan FAT32 adalah dari segi kuantitas file atau jumlah keseluruhan file. Sistem file FAT32 hanya dapat menangani sebanyak 65.571 jumlah file, tanpa memperhatikan ukuran dari setiap file tersebut. Oleh karena itu sistem file ini biasanya ditemukan pada flash drive seperti flashdisk dan kartu memori yang kapasitasnya relatif kecil, sehingga jumlah file maksimal sebanyak 65.571 lebih cocok terhadap media penyimpanan tersebut.

Sementara itu sistem file NTFS tentu saja dapat menangani jumlah file yang jauh lebih banyak dibandingkan FAT32. File system NTFS bisa mengelola jumlah file paling banyak sebesar 4.294.967.295 buah, atau dengan kata lain, lebih dari 2 miliar file. Oleh karena itu sistem file ini sangat cocok digunakan pada media penyimpanan berkapasitas besar seperti hardisk, baik hardisk internal maupun hardisk eksternal.

#4 Keamanan Data File

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa sistem file NTFS dikenal mempunyai keamanan yang lebih baik dibandingkan FAT32. File system NTFS memiliki fitur enkripsi data dan juga file permission, selain itu sistem file ini juga memiliki kemungkinan data corrupt yang lebih kecil dibandingkan FAT. Hal ini dikarenakan sistem akan menyimpan data terlebih dahulu agar tidak hilang sebelum melakukan pemindahan data. Jadi, jika komputer yang digunakan tiba-tiba mati saat proses menulis data, tidak akan butuh waktu lama untuk melakukan recover data.

Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk

Sementara itu sistem file FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi dan file permission tersebut, serta tingkat kemungkinan terjadinya data corrupt juga lebih tinggi. Oleh karena itu tidak jarang dijumpai file yang mengalami corrupt apabila menggunakan flashdisk dengan sistem file FAT32.

#5 Ukuran Maksimal Partisi

Dan perbedaan terakhir yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah perbedaan NTFS dan FAT32 dari segi ukuran maksimum yang dapat dimiliki oleh sebuah partisi penyimpanan. Pada sistem file FAT32 memiliki ukuran partisi maksimal yang bisa dikatakan rendah untuk standar ukuran yang ada saat ini, yaitu hanya bisa paling besar 2TB. Jadi misalnya jika kamu mempunyai media penyimpanan seumpama hardisk yang berukuran 5TB, maka dengan sistem file FAT32, yang bisa terbaca hanya 2TB saja.

Sementara itu dengan sistem file NTFS kamu bisa menggunakan media penyimpanan yang ukurannya jauh lebih besar, yaitu sebesar 16 Exabyte, sama seperti ukuran maksimal sebuah file yang bisa ditangani oleh sistem file ini. Jadi misalnya jika kamu mempunyai media penyimpanan seumpama hardisk yang berukuran 16 Miliar GB pun tidak akan jadi masalah jika menggunakan sistem file NTFS. Meskipun untuk saat ini hal itu nyaris terdengar mustahil.

# Kesimpulan

Sebagai bahan kesimpulan dari pembahasan di atas, berikut ini perbandingan secara ringkas dari perbedaan sistem file NTFS dan FAT32 dari segi yang telah dibahas di atas.

PerbandinganFAT32NTFS
Kompabilitas OSSupport semua OSTidak support beberapa OS
Ukuran maksimal per file4GB16EB (Exabyte)
Jumlah file maksimal65.517 file4.294.967.295 file
Fitur KeamananTidak memiliki fitur enkripsi, permission, dan resiko file corrupt tinggiMemiliki fitur enkripsi, permission, dan resiko file corrupt rendah
Ukuran partisi maksimal2TB16EB (Exabyte)

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui terkait perbedaan file system NTFS dan FAT32 pada flashdisk atau hardisk. Jadi melalui pembahasan dalam artikel ini, kamu bisa menentukan akan menggunakan sistem file apa untuk tujuan apa. Semoga dalam pembahasan ini kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Sumber: bagitekno.net

Posting Komentar untuk "Perbedaan NTFS dan FAT32 pada Flashdisk dan Hardisk"

Dapatkan Info Terbaru!