Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7

Meningkatkan performa PC Windows

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7 ― Saat ini sistem operasi Windows bisa dibilang sebagai salah satu sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan, khususnya di Indonesia. Sebagian besar laptop maupun komputer desktop yang tersedia dipasaran, menggunakan OS windows sebagai sistem operasi bawaannya.

Layaknya seperti aplikasi dan software pada umumnya yang seringkali mengalami pembaruan atau update, sistem operasi Windows juga dari waktu ke waktu telah mengalami begitu banyak update. Selain itu tidak jarang update-update dari Windows tersebut menjadikan laptop terasa lebih berat atau kadang mengalami lag, lemot, lola, atau semacamnya.

Pada dasarnya setiap sistem operasi telah dirancang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, artinya spesifikasi dari perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut tentunya telah diperhitungkan. Oleh karena itu, apabila saat menggunakan Windows di laptop, kamu merasa sistem operasi tersebut berjalan terlalu berat, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkannya.

Akan tetapi untuk mencari tahu faktor-faktor tersebut mungkin akan cukup panjang, salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk membuat Windows terasa lebih ringan saat digunakan adalah melalui pengaturan performa. Sebagai sistem operasi yang cukup banyak digunakan, Windows menyediakan opsi bagi penggunanya untuk meningkatkan performa dari sistem operasi yang digunakannya, untuk menggunakan pengaturan performa tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama silakan buka File Explorer di Windows yang kamu gunakan (baik Windows 10/8/7). File explorer merupakan jendela yang menampilkan partisi dan folder serta file yang tersimpan di hardisk laptop kamu. Setelah itu klik kanan pada This PC dan pilih Properties.
  2. Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7
  3. Setelah itu, perhatikan beberapa menu yang ada di sebelah kiri, klik pada pilihan Advanced system settings.
  4. Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7
  5. Kemudian akan muncul jendela System Properties, lalu pada tab Advanced pada bagian Performance klik tombol Settings.
  6. Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7
  7. Setelah itu pada jendela Performance Options, pada tab Visual Effects pilih opsi Adjust for best performance, kemudian semua centang pada opsi yang ada di bawahnya akan hilang, selanjutnya silakan centang pada opsi Show shadows under windows, Show thumbnails instead of icons, dan Smooth edges of screen fonts.
  8. Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7
  9. Jika sudah selesai, silakan klik tombol OK. Ketiga pilihan yang diaktifkan tersebut adalah efek visual standar yang dibutuhkan, selain itu opsi-opsi lain biasanya hanya berupa animasi dan efek visual untuk mempercantik tampilan saja.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kamu bisa sedikit memaksimalkan performa sistem operasi Windows dengan mengurangi efek-efek animasi yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga hal tersebut bisa meminimalisir lag maupun hang yang sering terjadi saat menggunakan laptop Windows.

Metode yang dijelaskan di atas menggunakan contoh penggunaan pada Windows 10, oleh karena itu bagi kamu yang menggunakan Windows 8 maupun Windows 7 atau yang lebih terdahulu, langkah di atas bisa mewakilinya, karena nama menu dan lokasi pengaturan yang ada pada Windows versi sebelumnya tidak mengalami perubahan dan masih tetap sama seperti cara di atas.

Tambahan

Selain menggunakan cara di atas, pengaturan untuk meningkatkan performa sistem operasi Windows saat digunakan juga bisa diakses melalui pengaturan graphics processor yang kamu gunakan pada laptop maupun komputer kamu. Graphics processor atau yang biasa dikenal sebagai GPU atau kartu grafis merupakan komponen khusus yang berfungsi untuk menangani pekerjaan grafis pada perangkat laptop.

Biasanya setiap kartu grafis pasti memiliki master driver tersendiri yang telah terpasang dan juga biasanya terdapat pengaturan pilihan untuk mengatur jenis performa yang ingin digunakan.

Untuk membuka pilihan performa melalui pengaturan kartu grafis yang kamu gunakan, biasanya pada menu klik kanan kamu akan menemukan opsi seperti NVidia Control Panel atau Graphics Properties untuk pengguna kartu grafis Intel.

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7

Melalui pengaturan tersebut, kamu bisa mempelajarinya sendiri sesuai jenis dan merek kartu grafis yang kamu gunakan. Biasanya pengaturan melalui menu kartu grafis tersebut lebih bervariasi dan lebih lengkap sesuai bagian mana yang ingin kamu atur. Dengan mengatur performa sistem operasi, kamu akan lebih leluasa menentukan bagian mana yang ingin kamu aktifkan dan bagian mana yang tidak.

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatur dan meningkatkan performa PC (baik laptop maupun komputer desktop) di Windows. Semoga cara tersebut bisa membuat laptop kamu jadi terasa lebih ringan saat digunakan. Apabila dalam tulisan ini ada hal-hal yang kurang jelas, silakan sampaikan pertanyaan kamu melalui kolom komentar di bawah, atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10/8/7"

Dapatkan Info Terbaru!