Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows

Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows

Cara mengetahui mengetahui bit Laptop di Windows 10,8,7 ― Pada dasarnya, hampir setiap perangkat elektronik dengan processor yang digunakan saat ini, khususnya komputer, merupakan perangkat dengan sistem kerja bit. Hal itu mungkin sering terlihat pada spesifikasi PC yang menyatakan 32-bit atau 64-bit. Lalu apakah maksudnya bit itu!? Dan bagaimana mengetahui bit mana yang digunakan PC kita!?

Ketika menentukan pilihan saat membeli sebuah PC komputer atau laptop, maka kamu bisa memilih untuk membeli PC yang menggunakan CPU dengan prosesor 32-bit atau 64-bit, tergantung pada tipe dan merek dari PC yang akan kamu beli, kedua angka bit tersebut menunjukkan banyaknya bit maksimal yang dapat diproses oleh prosesor dalam sekali aliran data (yang lebih cepat dari sebuah kedipan mata), atau bisa juga disebut dengan arsitektur prosesor. Artinya, prosesor 32-bit mampu memproses 32 bit data sekaligus, dan prosesor 64-bit bisa memproses dua kali lipat, 64-bit data sekaligus.

Oleh karena itu, merupakan satu hal yang cukup penting untuk mengetahui tipe prosesor yang digunakan oleh PC kamu. Karena tipe prosesor tersebut akan sangat membantu kamu dalam menentukan jenis sistem operasi yang akan kamu gunakan. Maksudnya apa!? Jadi perlu kamu ketahui bahwa pada sistem operasi juga dibedakan berdasarkan arsitektur prosesor. Jadi suatu prosesor 64-bit dapat menjalankan sistem operasi (OS) 64-bit atau juga 32-bit. Tetapi untuk prosesor 32-bit hanya bisa menjalankan OS 32-bit juga, tidak mampu menangani OS 64-bit.

Pengecekan jenis arsitektur prosesor sangat penting dilakukan terutama sebelum memasang/install sebuah OS (Operating System), karena perbedaan arsitektur 32-bit dan 64-bit tersebut tentu saja akan mempengaruhi kinerja PC (komputer/laptop) kamu. Tidak hanya pada sistem operasi, berbagai jenis software yang akan di-install pun juga demikian. Seperti yang dibahas di atas bahwa jika PC kamu prosesor nya 32-bit, maka semua software yang di-install pun hanya bisa yang 32-bit. Berbeda dengan 64-bit yang bisa menjalankan semuanya. Oleh sebab itulah sebaiknya kamu mengenali jenis arsitektur yang ada di prosesor kamu melalui pembahasan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Bagaimana Mengetahui Bit PC di Windows?

Bagi kamu yang sama sekali belum pernah melakukan pengecekan terhadap jenis bit atau arsitektur prosesor yang digunakan PC (komputer/laptop) kamu, kamu bisa mengikuti salah satu dari beberapa cara di bawah ini untuk mengetahuinya.

# Melihat Bit Prosesor melalui System Properties

Cara pertama yang dapat kamu gunakan adalah melalui System Properties. System properties merupakan salah satu menu pada Windows yang memberikan informasi umum seputar sistem operasi yang digunakan. Tidak hanya itu, pada system properties juga ditampilkan informasi seputar hardware dan komponen yang digunakan pada PC, termasuk jenis bit atau arsitektur prosesor tersebut. Oleh karena itu, cara ini bisa jadi salah satu metode untuk mengetahui bit prosesor.

Untuk membuka menu System Properties kamu hanya membutuhkan beberapa langkah mudah dan juga cara ini berlaku pada sistem operasi Windows yang kebanyakan digunakan saat ini, baik itu Windows Vista, 7, 8, maupun Windows 10. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama, silakan buka File Explorer pada Windows yang kamu gunakan. (File explorer merupakan jendela yang menampilkan file-file dan folder kamu).
  2. Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows
  3. Klik kanan pada My Computer (Windows 7) atau This PC (Windows 8 atau Windows 10), lalu pilih menu Properties untuk membuka jendela System Properties.
  4. Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows

# Melihat Bit Prosesor melalui System Information

Cara kedua yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis bit laptop atau arsitektur processor pada PC adalah melalui menu System Information. Menu ini mampu menampilkan informasi yang jauh lebih lengkap dibandingkan System Properties di atas, jadi cocok juga digunakan untuk mengetahui spesifikasi yang lengkap tentang PC yang kamu gunakan.

Untuk mengakses menu ini kamu bisa mengaksesnya pada hampir setiap versi Windows yang banyak digunakan saat ini, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1 maupun pada Windows 10. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Silakan buka menu Start kemudian lakukan pencarian dengan menuliskan kata kunci System Information, kemudian pilih aplikasi System Information pada hasil pencarian tersebut.
  2. Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows
  3. Setelah itu pada jendela System Information, kamu bisa melihat berbagai informasi yang kamu butuhkan terkait spesifikasi sistem operasi maupun komponen yang ada pada PC kamu. Untuk mengetahui jenis bit yang digunakan pada PC kamu, perhatikan pada bagian System Type.
  4. Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows
  5. Kamu akan melihat informasi basis bit yang digunakan PC kamu, yaitu x86-based PC untuk 32-bit dan x64-based PC untuk 64-bit.

# Melihat Bit Prosesor Menggunakan CMD

Cara ketiga yang dapat digunakan untuk mengetahui tipe bit prosesor atau processor architecture adalah dengan menggunakan Command Prompt atau yang dikenal sebagai CMD. Seperti yang sudah diketahui bahwa Command Prompt (CMD) merupakan salah satu tools bawaan Windows yang dapat melakukan banyak pekerjaan dan cukup powerfull untuk digunakan apa saja. Termasuk untuk mengetahui spesifikasi PC yang digunakan.

Sama seperti kedua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan CMD untuk mengetahui jenis bit laptop atau komputer yang kamu gunakan, dan juga sama seperti kedua cara di atas, CMD juga bisa digunakan pada hampir semua versi Windows yang banyak digunakan saat ini, baik Windows 7, Windows 8/8.1 maupun pada Windows 10. Selain itu bahkan kamu juga bisa mengakses CMD tanpa masuk ke Windows terlebih dahulu.

Namun untuk mengetahui jenis bit prosesor melalui CMD pada Windows, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Silakan buka Command Prompt pada Windows kamu dengan cara menuliskan kata pencarian cmd pada menu Start atau menuliskan kata pencarian cmd tersebut pada Windows Run (dengan menekan shortcut Windows + R di keyboard).
  2. Setelah jendela CMD terbuka, silakan tuliskan perintah berikut pada jendela Command Prompt tersebut.
  3. systeminfo
  4. Setelah menuliskan perintah tersebut, kamu akan melihat berbagai macam informasi terkait PC kamu, silakan cari informasi bernama System Type dan kamu akan melihat x86-based PC untuk 32-bit dan x64-based PC untuk 64-bit.
  5. Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows

Itulah cara mudah untuk melihat atau mengetahui tipe bit processor atau juga disebut processor architecture pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Setelah mengetahui tipe prosesor yang digunakan oleh PC kamu, sebaiknya kamu juga menggunakan sistem operasi yang sesuai agar kinerja prosesor bisa dimaksimalkan. Maksudnya adalah, jika prosesor kamu dasarnya menggunakan 64-bit, sebaiknya install Windows 64-bit, supaya alokasi memori RAM dan sebagainya bisa dimaksimalkan oleh prosesor.

Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru, apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal-hal keliru yang perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Bit Prosesor (32-bit atau 64-bit) di Windows"

Dapatkan Info Terbaru!