Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan Blog

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blogger

Kecepatan pemuatan atau loading speed pada suatu halaman situs khususnya blog merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, karena berdasarkan beberapa penelitian, termasuk yang dilakukan oleh Google, bahwa pengguna internet saat ini sangat mementingkan kecepatan loading. Atau dengan kata lain, pengguna internet sekarang sudah semakin tidak sabaran.

Sebuah halaman situs atau halaman blog yang loading-nya cukup lama tentu akan membuat pengunjung jadi bosan dan kesal menunggu, mungkin hal serupa juga pernah kamu alami. Meskipun pada dasarnya hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, tetapi faktor utama yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog adalah isi dari blog itu sendiri. Oleh karena itu, saat ini aspek kecepatan loading telah menjadi hal yang berdampak terhadap SEO suatu halaman situs termasuk blog. Maka dari itu dalam tulisan ini ada beberapa trik yang dapat kamu gunakan untuk mempercepan waktu loading di Blogger.

Penyebab Loading yang Lambat

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading halaman blog, yang beberapa di antaranya akan dibahas di bawah, tetapi sebelum itu sebaiknya kamu menyimak pembahasan tentang apa saja yang mempengaruhi kecepatan sebuah blog berikut ini.

# Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan faktor yang paling utama dan paling berpengaruhi pada kecepatan loading sebuah halaman situs yang dialami oleh setiap orang. Setiap pengguna internet tentunya dibatasi oleh kecepatan akses internet yang berbeda-beda, baik itu dikarenakan faktor geografis, provider internet, spesifikasi perangkat, dan sebagainya.

Khususnya kita yang tinggal di Indonesia, tentunya sangat menyadari dan merasakan bagaimana kecepatan koneksi internet bisa berbeda-beda hanya karena ganti provider internet, pindah lokasi/tempat, atau karena kondisi alam.

# Template atau Tema Blogger

Setelah faktor koneksi, hal selanjutnya yang berpengaruh secara signifikan terhadap kecepatan sebuah blog di Blogger adalah template atau tema yang digunakan oleh blog itu sendiri. Pada dasarnya, semakin kompleks template sebuah blog, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk memuat semua sintaks yang ada di dalamnya.

Bagi seorang pengguna Blogger yang masih baru atau masih pemula biasanya akan sangat memperhatikan tampilan blog yang dihasilkan oleh sebuah template. Memilih template yang tampilannya ramai, kompleks, dan meriah. Padahal sebenarnya tampilan blog yang simpel/sederhana dan ringan adalah pilihan yang sangat baik untuk kualitas sebuah blog.

# Sintaks Javascript & CSS

Meskipun sebenarnya penggunaan sintaks Javascript dan CSS merupakan bagian yang ada di dalam template blog, tetapi kebanyakan pengguna Blogger biasanya akan menggunakan sintaks tambahan pada blog mereka untuk berbagai keperluan. Karena bisa saja sebuah blog sudah menggunakan template yang ringat, tetapi jadi lebih berat karena menggunakan sintaks tambahan yang juga berat.

Jadi pastikan kamu hanya menggunakan sintaks, khususnya Javascript dan CSS, yang benar-benar diperlukan saja, untuk hal-hal yang cuma sekadar pelengkap yang tidak terlalu perlu sebaiknya tidak usah kamu tambahkan, hal ini akan cukup berpengaruh kepada kualitas blog kamu dalam jangka panjang.

# Penggunaan Gambar

Jika berbicara tentang halaman situs, maka salah satu komponen yang biasanya tidak bisa terpisahkan adalah penggunaan gambar pada halaman situs tersebut. Termasuk blog, kebanyakan halaman situs saat ini sudah banyak mencantumkan gambar di dalamnya baik untuk sekadar keperluan visual maupun keperluan pelengkap dari konten yang ada di dalamnya.

* * *

Meningkatkan Kecepatan Loading Blog

Jika kamu mulai mempertimbangkan untuk meningkatkan kecepatan loading blog kamu, maka ada beberapa hal yang bisa menjadi pilihan untuk kamu lakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

# Pilih Template dengan Seksama

Apabila selama ini kamu telah menggunakan template yang kamu rasa masih kurang memaksimalkan kecepatan loading blog kamu, maka mungkin memilih template baru bisa menjadi pilihan. Tetapi dalam memilih template, kamu harus melakukannya dengan seksama dan cermat, pastikan prioritas utama kamu dalam memilih adalah kecepatan. Ada dua jenis template yang bisa kamu pertimbangkan sebelum mulai memilih template, baik template berbayar maupun template gratisan. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar template berbayar lebih cepat dibandingkan template gratisan.

Jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan blog AMP, mungkin kamu harus berpikir dua kali, terutama jika kamu sudah mempunya cukup banyak konten pada blog kamu. Karena hingga posting ini dibuat dan diperbarui, fitur AMP belum didukung oleh Blogger, jadi tentu kamu akan cukup kerepotan saat beralih ke blog AMP dan harus mengedit setiap posting kamu yang belum valid AMP HTML.

# Pemilihan Widget

Setelah faktor pemilihan template, faktor pemilihan widget yang dipasang pada blog juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Widget bisa sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading pada halaman blog kamu, karena pada dasarnya widget juga memuat sintaks di dalamnya.

Oleh karena itu sebaiknya kamu hanya menggunakan widget yang benar-benar diperlukan saja. Widget yang tidak terlalu dibutuhkan seperti, widget statistik blog, widget penampil jumlah pengunjung online, widget animasi, dan sebagainya, sebaiknya tidak perlu dipasang dan digunakan karena tidak terlalu digunakan oleh pengunjung, selain itu widget semacam itu biasanya memuat sintaks yang cukup banyak.

# Cermat Memilih Gambar dan Ikon

File gambar bisa dibilang merupakan elemen yang paling berat yang perlu dimuat pada sebuah halaman situs secara langsung. Sebaiknya kamu perlu cermat dalam memilih gambar yang akan ditampilkan di blog, baik pada halaman posting maupun sebagai gambar yang tampil pada banyak halaman. Salah satu solusi untuk meringankan gambar yang akan kamu gunakan pada halaman blog adalah dengan compress gambar tersebut, berdasarkan pengalaman, salah satu situs kompress gambar terbaik yang bisa kamu gunakan adalah https://kraken.io/web-interface yang juga digunakan untuk blog ini hingga sekarang.

Selain memilih gambar, kamu juga perlu cermat dalam memilih ikon yang akan kamu gunakan pada blog kamu. Saat ini kebanyakan blog sudah menggunakan berbagai jenis ikon untuk pelengkap sekaligus mempercantik halaman blog. Kebanyakan ikon yang digunakan oleh pengguna Blogger adalah ikon dari Font Awesome, tetapi berdasarkan pengalaman, penggunaan Font Awesome kurang efektif apabila diperhatikan dari segi kecepatan loading blog, oleh karena itu solusi yang bisa kamu gunakan dalam memilih ikon untuk blog adlaah menggunakan ikon dengan jenis SVG, ikon tersebut memang tidak semudah Font Awesome dalam penggunaan tetapi gambar SVG mampu di-load jauh lebih cepat.

# Gunakan CDN

CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meringankan loading pada halaman blog. Secara sederhana CDN memungkinkan kamu menyimpan beberapa sintaks yang digunakan pada halaman blog melalui situs lain, misalnya pada blog ini, beberapa sintaksnya disimpan pada code.maringngerrang.com.

Penutup

Beberapa poin pada pembahasan di atas kemungkinan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin mempercepat loading pada halaman blog. Cara di atas merupakan cara umum dan paling aman untuk digunakan, karena beberapa situs ada yang menyarankan untuk menambahkan sintaks, khususnya Javascript, untuk mempercepat loading blog, seperti lazy load dan sejenisnya. Hal tersebut bisa kamu perimbangkan jika kamu mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Itulah hal-hal yang bisa kamu perhatikan terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan loading blog. Semoga pembahasan pada tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, maka silakan tanyakan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan Blog"

Dapatkan Info Terbaru!