Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7

Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7

Folder Downloads di Windows

Cara Memindahkan Folder Downloads di Windows 10/8/7Salah satu kegiatan yang sering dilakukan pada saat menggunakan sebuah perangkat PC, baik berupa komputer desktop maupun laptop adalah downloading atau mengunduh file dari internet. Download atau unduh merupakan suatu proses menyalin file melalui jaringan, file-file yang diunduh atau di-download tersebut biasanya sering ditemukan pada sebuah folder bernama "Downloads" yang mungkin sudah sering dilihat saat menggunakan PC (komputer atau laptop).

Folder download ini biasanya digambar dengan folder yang punya ikon tanda panah ke bawah berwarna biru. Folder download pada Windows, baik Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10, secara default berada pada partisi sistem yaitu C:/, tepatnya di C:\Users\Username\Downloads. Artinya setiap file yang telah kamu download akan tersimpan pada partisi C.

Menggunakan partisi C pada hardisk sebagai tempat penyimpanan file pribadi merupakan hal yang kurang direkomendasikan secara umum, khususnya bagi kamu yang sering download file dari internet. Karena sesuai dengan yang dikatakan di atas bahwa lokasi folder download secara default (bawaan sistem) berada di partisi C. Ada beberapa alasan mengapa partisi C sebaiknya tidak digunakan untuk menyimpan file pribadi (atau semacamnya), karena bisa dampak buruk untuk pengguna maupun sistem komputer.

# Partisi C adalah Partisi Sistem

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa partisi C merupakan partisi khusus yang ditetapkan oleh sistem operasi sebagai tempat menyimpan semua file yang berhubungan dengan sistem operasi Windows. Baik itu file dari aplikasi yang diinstall maupun file dari pengaturan dan sistem Windows, semuanya tersimpan di partisi C, yang tentu saja tidak dapat dipindahkan dengan copy-paste.

Semua file-file yang digunakan oleh sistem operasi Windows tidak bisa dibilang sebagai file yang ukurannya ringan, karena pada dasarnya sistem operasi lama kelamaan akan menggunakan file yang lebih banyak dan lebih besar seiring dengan adanya update. Oleh karena itu, menyimpan file pribadi di partisi C tentu akan membuat ruang partisi semakin padat, yang dapat berisiko mengganggu kinerja sistem operasi.

# Partisi C rentan di-Format

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa partisi C, di mana sistem operasi tersimpan, akan rentan diformat, atau dengan kata lain semua filenya dihapus. Partisi C ini biasanya akan diformat apabila dilakukan proses install ulang (meskipun pada saat proses install ulang, ada pilihan untuk tidak melakukan format partisi, jika space masih cukup), selain itu pada saat terjadi error pada Windows, partisi C biasanya akan di-restore yang juga berisiko menghilangkan file pribadi (jika ada) yang tersimpan di partisi C tersebut. Jadi sebaiknya jangan biasakan menyimpan file pribadi pada partisi ini.

Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7

Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa partisi C bukan merupakan partisi yang direkomendasikan untuk menyimpan file-file pribadi. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan apa saja hal-hal yang dapat membuat file pribadi tersimpan pada partisi tersebut, salah satunya adalah pada saat download file dari internet. Karena seperti yang telah dibahas di atas bahwa secara default, file-file yang diunduh akan tersimpan pada folder Downloads yang ada di partisi C. Jadi terkhusus bagi kamu yang gemar berselancar di dunia maya dan sering download file dari internet, sangat disarankan untuk memindahkan lokasi folder download tersebut ke partisi lain.

Cara memindahkan folder Downloads di Windows sebenarnya tidak bisa dilakukan dengan sekadar copy-paste atau cut folder download tersebut dan memindahkannya ke tempat lain. Tidak semudah itu Fergusso. Sebenarnya cara memindahkan folder download sudah disediakan sendiri pengaturannya oleh sistem, hanya saja mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya.

Untuk memindahkan folder Download ke partisi hardisk yang lain bisa dilakukan dengan beberapa step yang cukup mudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. Cara di bawah ini berlaku untuk versi Windows 7 maupun Windows 8.
  1. Langkah pertama, silakan buka File Explorer (tempat penyimpanan file dan folder). Kemudian klik kanan pada folder Downloads yang tersedia shortcut nya di bagian samping, lalu pilih Properties.
  2. Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7
  3. Setelah itu pada jendela Downloads Properties, klik tab Location lalu klik tombol Move.
  4. Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7
  5. Selanjutnya pada jendela Select a Destination kamu perlu membuat folder baru pada partisi selain C, silakan buat folder dengan nama sesuai keinginan kamu, misalnya Unduhanku, setelah selesai silakan klik tombol Select Folder.
  6. Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7
  7. Kemudian kamu akan kembali pada jendela Downloads Properties, klik tombol Apply.
  8. Lalu akan muncul konfirmasi bahwa lokasi folder download akan dipindahkan, apakah kamu ingin memindahkan semua file yang ada di folder download lama ke lokasi yang baru, pilih Yes untuk memindahkannya.
  9. Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7

Alternatif Lain

Bagi kamu yang mengalami kesulitan untuk menemukan di mana folder download berada (apabila shortcut nya tidak tampil pada File Explorer) atau kebingungan saat mencari di mana lokasi folder Downloads, kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk menemukannya.
  1. Pertama-tama silakan buka Windows Run dengan cara tekan tombol Windows + R pada keyboard. Tombol Windows merupakan tombol dengan logo windows pada keyboard atau biasa juga disebut tombol start.
  2. Setelah itu tuliskan perintah %userprofile% pada kotak teks yang ada di jendela Run.
  3. Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7
  4. Setelah itu kamu akan melihat beberapa folder sistem yang umum digunakan untuk menyimpan file pribadi, salah satunya kamu akan melihat folder Downloads, silakan klik kanan folder tersebut lalu pilih Properties dan lakukan langkah yang sama seperti poin sebelumnya di atas untuk memindahkan lokasi folder Downloads.
  5. Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan folder Downloads yang secara default berada pada partisi C, untuk dipindahkan ke partisi lain untuk keamanan file dan menghindari risiko error sistem Windows. Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru, apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan komentar kamu di bawah, atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Memindahkan Lokasi Folder Downloads di Windows 10/8/7"

Dapatkan Info Terbaru!