Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Review Mouse Logitech M331 Silent

Review Mouse Logitech M331 Silent

Sebagai seorang penulis blogger dan juga seseorang yang banyak bekerja di depan komputer seperti saya, fungsi dan penggunaan sebuah mouse sudah menjadi hal yang sangat penting, karena perangkat kecil yang satu ini bisa berpengaruh signifikan terhadap kinerja di depan komputer. Ibaratnya sebuah tubuh manusia, mouse sebagai bagian dari komputer bisa dianggap sebagai tangan, sedangkan keyboard mungkin punya fungsi yang lebih mirip mulut. Oleh karena itu mouse bisa jadi sangat penting dalam mendukung mobilitas di dalam komputer

Ketika menggunakan laptop, mungkin fungsi dari mouse sudah bisa diwakili oleh salah satu komponen yang ada pada setiap laptop, yaitu touchpad. Akan tetapi ketika menggunakan Touchpad ini saat memakai laptop, saya merasa kurang leluasa dalam menggerakkan kursor di dalam layar laptop yang saya rasa cukup luas mengingat saat ini resolusi 1080 semakin banyak digunakan pada laptop-laptop keluaran terbaru. Oleh karena itu bagi kamu yang merasakan hal yang sama dengan saya saat menggunakan touchpad, dan bagi kamu yang sependapat dengan saya tentang pentingnya sebuah mouse, mungkin kamu bisa mencoba salah satu rekomendasi mouse Logitech pilihan terbaik berikut ini.

Mouse Logitech M331 Silent Plus

Kata pepatah, diam itu emas, mungkin itulah yang menjadi inspirasi utama dari mouse Logitech M331 Silent Plus ini. Pasalnya, selain produk Logitech dikenal dengan kualitasnya yang tahan lama serta nyaman digunakan, salah satu mouse nya ini punya kelebihan lain yaitu nyaman didengar.

Ya, jika mengingat mouse biasanya punya suara yang gitu-gitu aja, mungkin tanpa suara bisa membuat pekerjaan yang berhubungan dengan komputer atau laptop bisa jadi lebih terfokus dan lebih konsentrasi tanpa suara "klik" dari mouse. Sebelum membahas lebih jauh tentang mouse ini, ada baiknya kamu mengetahui spesifikasi dan kelengkapan dari mouse ini terlebih dahulu.
  • Dimensi Mouse (tinggi x lebar x tebal): 105,4 mm x 67,9 mm x 38,4 mm
  • Tipe Koneksi: Koneksi wireless 2,4GHz
  • Jangkauan wireless: 10 meter *Jangkauan wireless aktual dapat bervariasi tergantung pola penggunaan, pengaturan komputasi, dan kondisi lingkungan sekitar.
  • Connect / Power: Ya, tombol on/off
  • Rincian Baterai: 1 x AA
  • Daya Tahan Baterai (tidak dapat diisi ulang): hingga 24 bulan*
  • DPI (Min./Maks.): 1000
  • Teknologi sensor: Ya, 2D, mekanik
  • Resolusi sensor: 1000 dpi
  • Nano receiver: Ya
  • Isi Kemasan: Mouse + 1 buah baterai AA (pra-instal)

Yang saya apresiasi dari mouse yang satu ini adalah daya tahan baterainya yang di-klaim bisa bertahan hingga 24 Bulan pemakaian, atau dalam artian bisa tahan sampai 2 Tahun penggunaan hingga baterainya diganti. Untuk mouse wireless tentu saja jaminan ini sangat menarik, karena kenyamanan sebuah mouse wireless itu tentunya dari sisi daya tahan baterai nya. Bukankah akan merepotkan jika harus sering-sering ganti baterai, apalagi jika di tengah-tengah pekerjaan, mouse harus nge-lag gara-gara kehabisan tenaga, kan repot.

Review Logitech M331 Silent

Sebenarnya banyak jenis mouse yang ada di pasaran dan ada di toko-toko online kesayangan kamu. Berbagai jenis dengan kelebihan dan penawarannya masing-masing. Akan tetapi mouse Logitech M331 Silent ini membuat saya lebih tertarik, selain karena kualitasnya yang bisa dibilang "premium", tetapi harganya yang cukup worth it. Ada 4 hal umum yang dimiliki oleh mouse ini, yaitu:
  • Daya tahan baterai di klaim bisa bertahan hingga 2 Tahun.
  • Mouse dilengkapi dengan Power on/off.
  • Design tidak terlalu kecil dan cenderung nyaman ditangan.
  • Mouse ini versi Silent, yang mana bunyi klik mouse nyaris tidak terdengar.

#1 Daya Tahan Baterai

Untuk kelebihan yang pertama yang ditawarkan adalah daya tahan baterai yang katanya bisa sampai 2 tahun alias 24 bulan. Oleh karena itu, melalui artikel ini akan dibuktikan apakah mouse M331 ini bisa bertahan 2 tahun setelah mouse ini dikirimkan ke saya. Terhitung sejak 20 Juni 2020.

Artikel ini akan diperbaharui dalam rentan dua tahun tersebut apabila mouse ini telah ganti baterai. Jadi jika kamu masih membaca tulisan ini tanpa perubahan, itu artinya baterai yang digunakan mouse M331 ini masih sehat wal 'afiyat.

#2 Power On/Off

Fitur On/Off pada mouse merupakan salah satu bagian penting yang bagi beberapa jenis mouse wireless ada yang tidak memilikinya. Tanpa tombol switch untuk mematikan dan menyalakan mouse saya merasa bahwa mouse akan jadi lebih boros baterai.

Kemungkinan karena hal itulah Logitech sampai mengatakan bahwa mouse M331 ini merupakan mouse yang bisa bertahan lama hingga 24 bulan, karena apabila tidak digunakan mouse ini bisa dimatikan melalui power on/off nya sehingga bisa lebih menghemat daya baterai. Jadi fitur On/Off bisa dibilang adalah hal penting yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu yang sedang mencari mouse wireless.

#3 Design

Awalnya saya berpikir bahwa desain bagi sebuah mouse itu tidak terlalu penting, karena bagaimanapun bentuk mouse yang pastinya akan begitu-begitu saja mau mereknya apa pun. Tetapi ternyata saya salah, desain bagi sebuah mouse itu bukan hal yang sesederhana itu.

Untuk penggunaan jangka panjang dan penggunaan dalam waktu lama, desain sebuah mouse akan sangat terasa perbedaannya, khususnya jika sudah digunakan berjam-jam. Bagi kamu yang sering berlama-lama menggunakan mouse, mungkin kamu pernah atau sering mengalami tangan yang pegal dan kaku. Sebenarnya yang kamu butuhkan bukanlah minyak gosok atau semacamnya, tetapi yang kamu butuhkan adalah desain mouse yang tidak bikin tangan tegang.

Review Mouse Logitech M331 Silent Plus

Mouse Logitech M331 Silent ini menurut saya mempunyai desain yang bukan hanya unik, tetapi dari keunikannya itu mouse ini ternyata menyimpan fitur tersembunyi yang akan kamu sadari setelah menggunakannya dalam waktu yang lama. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis mouse lain yang pernah saya gunakan, mouse yang satu ini cukup efektif digunakan dalam waktu lama tanpa henti, karena desain dari body mouse ini sangat nyaman digunakan.

#4 Silent Mouse

Tidak hanya sampai pada ketiga kelebihan di atas, fitur utama yang ditawarkan dari mouse yang satu ini adalah dari segi performa suaranya. Ya, mengingat fungsi utama mouse adalah untuk menggerakkan kursor, mungkin faktor suara tidak begitu diperhatikan oleh banyak orang, tetapi siapa sangka bahwa suara pada mouse bisa sangat berpengaruh.

Review Mouse Logitech M331 Silent Plus

Bagi kamu yang kerap kali bekerja di malam hari atau di tempat yang lebih tenang, mungkin kamu merasakan atau menyadari bahwa bunyi klik yang ada pada mouse bisa begitu menarik perhatian. Bagaimana tidak, bagi beberapa pekerjaan yang membutuhkan klik dalam jumlah banyak, misalnya seperti desain web, desain grafis, dan editing lainnya, persoalan klik meng-klik mungkin akan lebih sering dilakukan.

Tetapi sekali lagi untuk penggunaan jangka panjang dan dalam durasi penggunaan yang lama, suara klik pada mouse ternyata bisa sedikit mengganggu, entah karena suaranya membosankan untuk didengar atau memang suara klik pada mouse itu bisa mengganggu.

Tetapi silakan ucapkan selamat tinggal pada suara klik yang ada di mouse jika kamu menggunakan Logitech M331 Silent ini, sama seperti namanya, silent, maka tentu suara klik yang dihasilkan jauh lebih halus bahkan nyaris tidak terdengar. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam bekerja tanpa harus terganggu dengan suara klik.

Dapatkan Sekarang!

Bagi kamu yang masih ragu dengan mouse ini, mungkin kamu bisa menghilangkan keraguan itu setelah mengetahui fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, mengingat mouse ini di-banderol dengan harga yang cukup murah itu mouse sekelasnya.

Bagi kamu yang seringkali membeli barang secara online, pastikan kamu memperhatikan harga resminya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencari harga yang lebih murah, karena kamu perlu berhati-hati dengan barang KW. Pastikan barang yang kamu beli adalah barang asli.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini spesifikasi tentang Logitech M331 Silent untuk sistem operasi dan perangkat yang digunakan.
  • Windows® 10 atau versi terbaru, Windows 8, Windows RT, Windows 7
  • Mac OS X 10.5 atau versi terbaru
  • Chrome OS™
  • Linux Kernel 2.6+2
  • Port USB

Dapatkan Info Terbaru!