Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Adsense

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Adsense

Google Adsense merupakan salah satu program layanan periklanan Google yang dapat digunakan untuk blog atau website. Dengan menggunakan jasa periklanan yang satu ini, nantinya blog atau website milik kamu akan mendapatkan penghasilan melalui iklan yang terpasang di dalamnya.

Akan tetapi, untuk memasang Google Adsense juga memerlukan persyaratan agar blog atau website bisa diterima. Tidak sembarang dalam menggunakan program periklanan yang satu ini. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menerapkan Google Adsense di dalam blog atau website.

Meskipun layanan dari Google ini punya popularitas cukup tinggi khususnya di kalangan blogger Indonesia, namun dalam menggunakan Google Adsense juga ada kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Kelebihan Google Adsense

#1 Gratis

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan pertama adalah gratis. Kamu tidak perlu repot-repot mencari layanan iklan yang dapat memberikan kamu penghasilan. Hanya dengan menggunakan Google Adsense, kamu bisa mengaksesnya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selama blog atau website kamu didaftarkan sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh Google, kamu tidak perlu merogoh kocek untuk memasang iklan di blog kamu sendiri.

Kamu harus mengikuti saja aturan yang sudah ditentukan Google untuk bisa mengakses program pelayanan iklan yang satu ini. Berbagai peraturan yang ada seperti blog tidak mengandung hal negatif, tidak melakukan kecurangan dalam membuat konten, dan lain sebagainya.

#2 Mudah

Proses dalam menggunakan Google Adsense juga sangat mudah. Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Seperti yang kamu ketahui, Google Adsense merupakan program layanan iklan yang dapat digunakan untuk blog ataupun website. Kamu bisa mendaftarkan blog atau website yang memenuhi dengan sangat mudah.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar Google Adsense, yakni melalui blog atau website secara langsung atau mengunjungi situs resmi Google Adsense. Apabila blog atau website sudah memenuhi persyaratan, kesempatan untuk diterima adsense akan semakin besar.

#3 Pembayaran Tepat Waktu

Kamu jangan meragukan pembayaran dari Google Adsense karena benar-benar terbukti membayar. Google Adsense sendiri merupakan buatan Google yang pastinya tidak ada unsur penipuan di dalamnya. Bagi kamu yang terpenting adalah dapat menjalankan blog atau website sesuai dengan aturan Google.

Disaat blog kamu sudah meraih banyak pengunjung dan pendapatan sudah waktunya dicairkan. Kamu akan menerimanya dalam waktu yang cepat. Pastikan blog kamu sudah menghasilkan saldo minimum untuk dicairkan. Dengan begitu, kamu bisa menarik penghasilan Google Adsense milik kamu.

#4 Menjadikan Passive Income

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan selanjutnya adalah menjadikan passive income. Jika kamu sudah bisa menghasilkan uang dari blog atau website, uang yang didapatkan bisa dijadikan passive income. Hal ini diperuntukkan bagi orang-orang yang mengelola blog dan juga bekerja.

Seperti misalnya jika kamu merupakan orang yang bekerja di kantor, yang mendapatkan penghasilan setiap bulannya dari gaji. Selain dari gaji kantor, kamu juga bisa mendapatkan gaji dari Google Adsense. Meskipun kamu hanya iseng-iseng saja, kamu akan tetap mendapatkan penghasilan dari internet tersebut.

Kekurangan Google Adsense

#1 Minimum Penarikan Yang Besar

Salah satu kekurangan dari penggunaan Google Adsense adalah jumlah minimum penarikan yang begitu besar. Hal ini menjadikan banyak orang sulit sekali untuk mencapai target penghasilan pertamanya. Banya dari mereka yang ingin merasakan bagaimana penghasilan dari Google Adsense.

Penarikan minimum untuk blogger kurang lebih $100 atau setara dengan Rp. 1.300.000 sampai Rp. 1.500.000 jika menggunakan kurs tahun 2020. Para blogger harus melebihi target agar bisa mendapatkan penghasilan melalui blog. Selain itu bagi blog yang masih muda, terkadang permasalahan iklan Adsense tidak muncul atau menampilkan space kosong mungkin masih sering terjadi.

#2 Proses Aprove yang Sulit

Hal ini juga menjadi keluhan para blogger ketika mengajukan blog atau websitenya ke Google Adsense. Banyak dari mereka yang ditolak karena beberapa alasan, baik itu dikarenakan umur blog masih muda, konten artikel yang kurang berkualitas, atau karena beberapa faktor lainnya.

Maka dari itu, pastikan kamu mematuhi aturan Google agar blog atau webstie kamu dapat diterima Google Adsense dengan mudah. Proses approve yang sulit tidak akan menjadi masalah apabila kamu dapat menerapkan metode blogging dengan baik agar blog cepat berkembang.

#3 Nilai CPC Yang Rendah di Indonesia

Bagi kamu yang membuat blog atau website dengan target pengunjung Indonesia sepertinya mengalami hal yang kurang efektif dalam penghasilan yang didapatkan. Nilai CPC di Indonesia sangat rendah. Hal ini menjadikan para blogger merasa resah, khususnya untuk para pemula yang membuat semangatnya semakin menurun.

Penghasilan blog atau website didapatkan oleh dua faktor yaitu nilai CPC dan traffic pengunjung. Untuk nilai CPC sudah menjadi ketetapan yang tidak bisa diubah di Indonesia. Sementara traffic pengunjung masih bisa diubah melalui kemampuan seseorang dalam mengelola blog miliknya.

#4 Kurangnya Transparansi

Transparansi juga menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Google Adsense. Meski laporan iklan yang ada di dalam website atau blog tercantum dengan jelas. Namun iklan yang di dalamnya masih kurang transparan, seperti halnya iklan mana saja yang sudah di klik oleh pengunjung. Sebagai pemiliki blog atau website, pastinya kamu ingin mengetahui secara detail mengenai iklan yang di klik oleh para pengunjung.

Selain itu, keuntungan iklan yang bisa didapatkan juga kurang begitu jelas. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa keuntungan iklan yang didapatkan adalah 5-10%. Hal ini membuat pengguna blog merasa penasaran ingin mengetahui secara detail penghasilan blog melalui iklan yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan bila menggunakan Google Adsense. Melihat itu, Google Adsense merupakan layanan iklan yang paling unggul dan sangat direkomendasikan untuk pengguna blog atau website. Akan sangat tepat bila kamu menggunakan program periklanan yang satu ini dibanding layanan iklan lainnya.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Adsense"

Dapatkan Info Terbaru!