Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger

Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger

Sistem Komentar di Blog

Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger ― Komentar merupakan salah satu fitur sederhana yang sangat penting pada sebuah blog ataupun sebuah website. Sistem komentar pada blog merupakan salah satu metode terbaik yang memungkinkan terjalin komunikasi antara sekelompok orang melalui blog tersebut.

Bagi kamu yang sering melakukan blogwalking ke berbagai blog, komentar merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk meninggalkan jejak pada blog orang lain. Dengan meninggalkan komentar, kemungkinan untuk meningkatnya pengunjung atau feedback dari blogwakling tersebut akan turut naik.

Jadi bisa dibilang komentar merupakan komponen yang wajib ada pada sebuah blog supaya blog tersebut bisa mendapat tanggapan dari pengunjungnya apabila ada hal yang kurang jelas dalam blog tersebut ataupun sebagai tempat bagi pengunjung untuk mengapresiasi blog tersebut ataupun penulisnya.

Komentar Disqus di Blog

Saat ini telah berkembang sistem komentar yang bisa digunakan untuk memanajemen komentar yang bisa diterima oleh blog. Sistem komentar tersebut salah satunya adalah Disqus, aplikasi web untuk mengelola komentar dengan fitur yang bisa dibilang lebih lengkap dibandingkan fitur komentar standar yang ada pada blog.

Disqus memungkinkan kamu untuk membuat sistem komentar pada Blogger yang akan mirip dengan komentar yang ada di media sosial, jadi dengan cara itu blog kamu bisa lebih keren. Salah satu fitur yang ada pada disqus adalah memungkinkan komentar untuk di-like atau disukai, jadi benar-benar terasa seperti media sosial.

Selain itu dengan sistem komentar Disqus, kamu juga bisa like atau dislike sebuah komentar yang muncul di blog, serta mengatur apa saja tanggapan pengunjung blog, menyisipkan gambar dalam komentar blog, serta berbagai fitur lainnya.

Memasang Disqus di Blogger

Bagi kamu yang menggunakan Blogger sebagai blog engine kepercayaan kamu, mungkin kamu pernah merasakan bahwa komentar yang ada di blog terlihat membosankan dan cukup polos. Selain itu tidak banyak fitur yang disediakan di dalamnya seperti, tambahkan gambar atau tambahkan emoji.

Untuk mendapatkan fitur tersebut dan digunakan pada blog di Blogger, sebenarnya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, karena dengan menggunakan Disqus, kamu bisa membuat sistem komentar blog kamu jadi lebih keren seperti media sosial. Untuk memasang komentar Disqus di Blogger, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama silakan buka Disqus.com, apabila kamu sudah punya akun silakan login dengan akun Disqus kamu, tetapi kalau belum terlebih dahulu daftar akun kamu.
  2. Jika Mendaftar Disqus
  3. Untuk mendaftarkan akun pada Disqus, sama seperti situs pada umumnya yang kamu perlukan hanyalah sebuah alamat email yang masih aktif. Silakan buka Disqus.com dan sign up seperti situs pada umumnya. Setelah itu kamu akan menerima email yang berisi link konfirmasi pada alamat email yang kamu masukkan pada saat mendaftar, silakan buka link yang ada pada email tersebut. Setelah selesai lanjutkan ke langkah 4.
  4. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
    Jika Menambahkan Situs Baru
  5. Sedangkan jika kamu sudah punya akun dan tinggal menambahkan situs baru ke dalam Disqus, pada halaman admin kamu cukup klik menu Your sites kemudian klik tombol + New.
  6. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
  7. Setelah itu kamu perlu memasukkan Website Name dan isi dengan nama blog kamu serta Category dari blog tersebut. Setelah selesai klik tombol Create Site untuk melanjutkan ke tahap berikutnya
  8. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
  9. Langkah selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman Choose a plan, pada halaman tersebut kamu bisa memilih plan atau jenis langganan yang ingin kamu gunakan. Jika kamu ingin menggunakan fitur premium yang berbayar, silakan pilih plan yang ada di atas. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan Disqus secara gratis, silakan pilih pilihan Basic yang ada di bagian bawah kemudian klik tombol Subscribe Now untuk melanjutkan proses berikutnya.
  10. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
  11. Langkah selanjutnya kamu perlu memilih jenis situs yang kamu gunakan, karena di sini kita menggunakan Blogger, maka silakan klik pilihan Blogger.
  12. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
  13. Setelah itu kamu sudah bisa menambahkan Disqus ke blog kamu di Blogger. Silakan klik tombol Add [sitename] to my Blogger site.
  14. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
  15. Lalu kamu akan diminta menambahkan sebuah widget baru ke blog kamu. Pastikan pilih blog yang benar dan klik tombol Menambah Widget, kamu tidak perlu membuka menu Edit Konten maupun Edit Template.
  16. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger
  17. Sampai pada tahap ini, kamu sudah berhasil meng-install Disqus pada blog kamu dan sudah bisa mulai menggunakannya. Setelah itu kamu bisa mengatur beberapa penyesuaian umum pada halaman selanjutnya yaitu Configuration Disqus. Kamu bisa memasukkan alamat blog kamu, serta membuat menu peringatan kebijakan berkomentar.
  18. Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mendaftar serta menginstall sistem komentar Disqus di Blogger. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kamu sudah bisa menggunakan komentar yang mirip seperti di media sosial pada blog kamu.

Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru untuk kamu. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau ada hal-hal yang keliru, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Komentar Disqus di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!