Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Membuat Efek Hujan Salju di Blogger (Bisa Ganti Warna)

Membuat Efek Hujan Salju di Blogger (Bisa Ganti Warna)

Cara membuat efek hujan salju di Blogger ― Bagi sebagian besar pengguna Blogger kemungkinan sudah mengetahui bahwa blog engine yang satu ini memberikan cukup banyak kebebasan kepada penggunanya meskipun dibatasi pada fitur yang tidak secanggih blog engine yang lain, salah satunya adalah kebebasan menggunakan kode apapun untuk tujuan apapun, termasuk untuk membuat efek visual pada tampilan blog.

Kebanyakan pengguna Blogger biasanya pasti memiliki beberapa efek visual tersendiri yang dipasang pada halaman blog mereka di Blogger. Efek visual di sini bisa bermacam-macam, ada yang membuat scrolling ata reading progress, ada yang menampilkan animasi selamat datang, dan sebagainya. Oleh karena itu dalam posting kali ini akan dibahas tentang salah satu efek animasi di blog, yaitu efek salju. Cara membuat efek hujan salju pada halaman blog di Blogger.

Efek ini adalah salah satu modifikasi untuk memperunik tampilan blog sehingga dapat membuat pengunjung sedikit lebih tertarik. Efek animasi ini menggunakan sintaks javascript yang menghasilkan taburan butir-butir salnju yang berjatuhan dari bagian atas halaman blog serta ditambah efek seperti tertiup angin yang disesuaikan dengan gerakan kursor.

Selain itu, efek animasi hujan salju di Blogger ini juga bisa kamu kustomisasi dengan mengganti warnanya. Kamu bisa memilih warna apapun yang kamu inginkan untuk menggantikan warna efek hujan salju tersebut. Untuk mulai memasangnya di Blogger, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Blogger lalu pada bagian Tata Letak pilih Tambah Gadget.
  2. Setelah itu tambahkan sebuah widget HTML/Javascript kemudian masukkan kode di bawah ini pada widget tersebut.
  3. <script type="text/javascript" src="https://code.maringngerrang.com/salju.js" />
    <script>
    snowStorm.snowColor = '#ffffff'; 
    snowStorm.flakesMaxActive = 96;
    snowStorm.useTwinkleEffect = false;
    </script>
  4. Kamu bisa mengganti kode warna #ffffff dengan kode warna yang kamu inginkan, perhatikan pula bahwa warna terang akan tersamarkan apabila blog kamu menggunakan background terang. SElain itu silakan ganti angka 96 dengan frekuensi jumlah salju yang dijatuhkan tiap detiknya.
  5. Setelah selesai, silakan klik tombol Simpan dan lihat hasilnya pada halaman blog kamu.

Semakin besar nilai yang kamu masukkan pada kode di atas, maka akan semakin banyak pula salju yang berjatuhan namun pada batas jumlah tertentu. Semakin banyak jumlah yang kamu masukkan dapat menyebabkan komputer jadi agak lambat apabila PC kamu tidak cukup kuat spesifikasinya. Silakan coba sendiri kode tersebut pada link berikut ini atau silakan lihat live demo untuk melihat contohnya.
  • HTML Editor. Halaman HTML Editor memungkinkan kamu untuk mencoba kode yang kamu ingin gunakan sebelum diterapkan pada situs blog kamu. Serta memungkinkan kamu untuk memodifikasinya terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Halaman Live Demo

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memasang efek hujan salju pada halaman blog di Blogger. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah, atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Membuat Efek Hujan Salju di Blogger (Bisa Ganti Warna)"

Dapatkan Info Terbaru!