Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Download Story WahtsApp di Android

Cara Download Story WahtsApp di Android

Status atau Story di WhatsApp

Cara Download Story WahtsApp di Android ― Saat ini aplikasi pesan instan pada perangkat smartphone semakin lama semakin banyak digunakan dan semakin sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya pada perangkat android, salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer adalah WhatsApp. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sangat sering menggunakan WhatsApp dalam berkirim dan menerima pesan dari orang lain.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp ini, pengguna bukan hanya bisa saling berkirim pesan, telepon, ataupun panggilan video saja, WhatsApp juga menyediakan fitur status atau story dari setiap penggunanya yang terdaftar di dalam kontak. Fitur status atau story ini merupakan fitur yang juga tersedia di media sosial Facebook dan Instagram, mengingat WhatsApp juga merupakan bagian dari kedua media sosial tersebut, maka wajar saja fitur ini bisa digunakan.

Seorang pengguna WhatsApp bisa melihat story dari setiap pengguna WhatsApp lainnya yang kontaknya saling tersimpan. Maksudnya kedua pengguna tersebut saling menyimpan nomor WhatsApp di kontaknya satu sama lain. Selain itu juga bisa mengunggah atau meng-upload status atau story di WhatsApp yang akan hilang atau terhapus setelah 24 jam.

Seiring dengan semakin aktifnya orang-orang dalam menggunakan media sosial, saat ini semakin banyak pula konten-konten yang menarik untuk dikoleksi atau disimpan untuk sementara, termasuk dari konten-konten yang dibagikan orang-orang melalui story WhatsApp.

WhatsApp atau yang sering disingkat WA ini pada dasarnya tidak menyediakan fitur khusus bagi penggunanya untuk menyimpan maupun copy sebuah status atau story dari pengguna WA lain. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali kita perlu untuk menyalin atau menyimpan story dari orang lain. Oleh karena itu, dalam posting kali ini, akan dibahas tentang cara mudah untuk download atau menyimpan story WhatsApp orang lain.

Cara Download Story WhatsApp

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan atau download story WA milik orang lain di android. Beberapa cara paling umum untuk dilakukan adalah screenshot layar ponsel atau juga meminta langsung pada pemilik story tersebut. Akan tetapi biasanya cara pertama lebih dipilih karena malas menunggu balasan saat meminta file story dari pemiliknya langsung.

Tetapi dalam beberapa kondisi, ada pula status WA yang sulit untuk di-screenshot, misalnya saja status yang mengandung suara seperti video. Tentu saja untuk story sejenis itu yang didapatkan haruslah filenya.

Untuk mendapatkan file story seseorang di WhatsApp melalui android, kamu bisa menggunakan cara berikut ini yang tergolong sangat mudah dan tanpa menghubungi pemilik story tersebut. Silakan ikuti langkah-langkahnya.
    Aktifkan Tampilan Berkas Tersembunyi
  1. Langkah pertama, terlebih dahulu kamu perlu download aplikasi bernama RAR yang fungsinya sama seperti WinRAR yang sering digunakan di PC Windows. Silakan download aplikasi RAR untuk android di sini atau melalui link di bawah ini.
  2. Setelah aplikasi tersebut kamu download dan install di smartphone android kamu, silakan buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian atur agar semua file dan folder hidden/tersembunyi yang ada di memori ponsel kamu jadi terlihat, caranya tap tombol pilihan yang ada di sudut kanan atas (tombol ikon tiga titik vertikal) di aplikasi RAR. Setelah itu pilih Pengaturan.
  4. Cara Download Story WahtsApp di Android
  5. Pada menu pengaturan, pilih opsi Daftar berkas.
  6. Selanjutnya silakan kamu aktifkan bagian Berkas tersembunyi, pastikan tanda centang yang ada di sampingnya telah aktif.
  7. Menampilkan File Story WhatsApp
  8. Setelah mengaktifkan pengaturan di atas, selanjutnya kamu sudah bisa melihat file dari story di WhatsApp kamu. Untuk menemukan file story WhatsApp tersebut, pada aplikasi RAR buka folder WhatsApp → Media → .Statuses.
  9. Cara Download Story WahtsApp di Android
  10. Di dalam folder .Statuses tersebut, kamu akan menemukan file dari story yang sudah kamu lihat atau buka di WA kamu. Tetapi perlu kamu perhatikan bahwa apabila status atau story seseorang yang ada di WhatsApp sudah lebih dari 24 jam dan sudah terhapus, maka file story tersebut yang ada di folder .Statuses juga akan ikut terhapus.
  11. Kamu bisa menyalin file dari folder .Statuses tersebut ke folder lain untuk menyimpannya. Dengan begitu, file story tersebut tetap akan tersimpan meskipun story dari WA sudah terhapus.
  12. Cara Download Story WahtsApp di Android

Download Story WA tanpa Aplikasi

Pada dasarnya, cara download story WhatsApp yang dibahas dalam beberapa langkah di atas, bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi RAR atau tanpa download aplikasi apapun. Kamu bisa memanfaatkan file explorer bawaan ponsel kamu, selama aplikasi file explorer tersebut mampu menampilkan file dan folder yang hidden atau tersembunyi.

Untuk mengatur agar aplikasi file eksplorer bawaan yang ada di smartphone android bisa menampilkan file dan folder hidden, bisa dilakukan melalui pengaturan yang mungkin saja letak dan namanya berbeda-beda untuk setiap merek maupun tipe ponsel. Jadi untuk cara teknis menampilkan folder hiddden tersebut, bisa kamu cari lebih spesifik untuk merek dan tipe ponsel yang kamu gunakan.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan atau download story WhatsApp seseorang, cara ini juga bisa kamu terapkan menggunakan aplikasi lain, akan tetapi sebaiknya gunakan aplikasi RAR saja, karena aplikasi tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan lain di smartphone.

Oleh karena itu, apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau ada hal-hal keliru dalam tulisan ini yang perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya melalui kolom komentar di bawah, atau melalui halaman conact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Download Story WahtsApp di Android"

Dapatkan Info Terbaru!