Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Playlist YouTube dengan IDM

Cara Download Playlist YouTube dengan IDM

YouTube Video Playlist

Cara Download Playlist YouTube dengan IDM ― Sebagai pengguna internet, rasanya kurang wajar apabila tidak kenal dengan situs yang bernama YouTube. Salah satu situs yang dikelola oleh Google ini merupakan situs yang cukup populer saat ini sebagai penyedia/host video secara gratis serta tempat untuk mencari berbagai macam video.

Layaknya seperti video host atau video player pada umumnya, situs YouTube juga menyediakan salah satu fitur yang disebut playlist atau dalam bahasa Indonesia artinya daftar putar. Playlist YouTube merupakan fitur yang memungkinkan penonton video (viewers) untuk membuat daftar/koleksi dari bermacam-macam video yang ada di YouTube. Jadi kamu bisa membuat daftar video sendiri sesuai kategori yang diinginkan, misalnya kumpulan video lucu, kumpulan tutorial android, atau daftar apapun, terserah.

Selain itu daftar video atau playlist tersebut juga bisa dipublikasikan untuk digunakan oleh orang lain ataupun ditutup secara privat dan hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja. Namun di samping itu, dalam kondisi khusus, terkadang ada saat di mana kita membutuhkan video dari playlist YouTube dalam kondisi offline. Tetapi karena di dalamnya belum ada fitur yang memungkinkan kita untuk menyimpan playlist secara offline, oleh karena itu dalam posting kali ini akan dibahas tentang cara download playlist YouTube menggunakan laptop atau komputer dengan software IDM (Internet Download Manager).

Tentang Internet Download Manager

Sebagai salah satu aplikasi atau software manajemen pengunduhan pada perangkat laptop atau komputer desktop, IDM menyediakan begitu banyak fitur di dalamnya yang dapat memudahkan pengguna untuk mengunduh atau download file dari internet.

Selain itu IDM juga telah terbukti mampu meningkatkan kecepatan download secara signifikan serta memungkinkan pause dan resume download. Hal tersebut akan dirasakan perbedaannya ketika terbiasa menggunakan fitur download bawaan browser yang seringkali mengalami error atau gagal download.

Mau beli IDM?

Bagi kamu yang menginginkan lisensi IDM dengan harga terjangkau, Maringngerrang.com menyediakan layanan pembelian lisensi IDM yang original dan resmi dari pihak IDM. Silakan buka beli IDM original untuk melihat info lebih lanjut atau sekadar tanya-tanya. Kamu juga bisa lihat bukti keaslian IDM yang disediakan Maringngerrang.com pada keterangan yang ada di sini.

Cara Download Playlist YouTube dengan IDM

Download Playlist YouTube di IDM

Salah satu fitur yang ada di IDM adalah memungkinkan kamu untuk memasukkan link download secara massal. Ya, cukup dengan copy link khusus dari playlist YouTube, kamu bisa mendownload semua video dari playlist tersebut hanya dengan satu kali paste link. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama-tama silakan buka playlist YouTube yang ingin kamu download, lalu kamu perlu copy URL dari playlist tersebut.
  2. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM
  3. Setelah itu buka situs YouTube Playlist Downloader untuk mendapatkan link download dari setiap video yang ada dalam playlist tersebut.
  4. Setelah membuka situs di atas, terlebih dahulu silakan scroll ke bawah hingga kamu menemukan beberapa pengaturan, silakan atur dulu Quality atau kualitas video yang kamu inginkan. Lalu setelah itu silakan paste URL playlist YouTube kamu pada kotak teks yang telah di sediakan.
  5. Selanjutnya kamu akan diberikan downloadable link pada textarea yang ada di bawahnya. Silakan copy semua teks yang ada dalam textarea tersebut, kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi IDM atau Internet Download Manager.
  6. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM
  7. Selanjutnya, pada jendela IDM silakan klik menu Tugas atau Task lalu pilih pada opsi Tambahkan banyak download sekaligus dari clipboard atau Add batch download from clipboard.
  8. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM
  9. Kemudian akan muncul sebuah jendela yang menampilkan daftar video dari playlist YouTube tersebut yang siap untuk di-download. Tetapi terlebih dahulu kamu harus memastikan bahwa semua link sudah terbaca untuk menghindari terjadinya redirect download atau gagal download.
  10. Pastikan juga untuk klik tombol Ceklis Semua dan centang pilihan Sembunyikan file HTML agar tidak ada file HTML yang ikut terdownload jika misalnya terjadi redirect download. Setelah semua selesai, silakan klik tombol OK.
  11. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM
  12. Setelah itu akan muncul jendela kecil untuk memilih di antrian mana video playlist tersebut akan dimasukkan. Jika kamu ingin membuat antrian download khusus, silakan klik tombol tambah +, tetapi jika tidak, silakan centang Mulai proses antrian dan langsung klik OK.
  13. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM
  14. Untuk melihat proses download yang sedang berjalan, kamu bisa klik ikon antrian download IDM yang muncul di tray icon yang ada di taskabar Windows (biasanya ada di sudut kanan bawah). Selain itu kamu juga bisa klik menu Jadwal atau Schedule yang ada di IDM.
  15. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM
  16. Kemudian buka pada tab File dalam antrian dan kamu akan menemukan video dari playlist YouTube tadi sedang di-download. Jika ada file lain yang ikut dalam antrian tersebut serta tidak ingin kamu download untuk saat ini, silakan hapus atau pindahkan ke antrian lain untuk memprioritaskan proses download pada video dari playlist tersebut.
  17. Cara Download Playlist YouTube dengan IDM

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu tinggal menunggu hingga semua proses download selesai. Jika kamu ingin meninggalkan proses download tersebut tanpa menggunakan laptop kamu, silakan matikan pengaturan sleep otomatis agar proses download tidak terhenti karena laptop sleep. Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan pengaturan Shut Down otomatis jika kamu ingin agar laptop tersebut dimatikan setelah download-nya selesai.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk download playlist YouTube sekaligus menggunakan aplikasi Internet Download Manager (IDM). Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan wawasan baru untuk kamu. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Sumber: sepikom

Posting Komentar untuk "Cara Download Playlist YouTube dengan IDM"

Dapatkan Info Terbaru!