Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang

Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang

Smartphone dan Pembaruannya

Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang ― Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi, serta tren dan kebutuhan umat manusia, berbagai inovasi pada fitur-fitur teknologi masa depan semakin lama semakin bervariasi dan semakin lengkap. Berbagai platform berlomba-lomba untuk membangun dan menciptakan sebuah hal yang nyaman digunakan oleh penggunanya, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah perangkat smartphone.

Saat ini hampir sebagian besar perangkat smartphone dijalankan menggunakan sistem operasi Android dan iOS, kedua sistem operasi dari dua perusahaan besar yang berbeda tersebut berlomba menciptakan inovasi dan perbaikan dari berbagai lini pada setiap rilis baru mereka. Bahkan saat ini pada versi terbaru (saat ini) Android 10 sudah memungkinkan penggunaan jaringan 5G.

Selain pembaruan-pemaruan primer atau pembaruan utama yang biasanya cukup menarik perhatian dari update sistem operasi smartphone tersebut, pada dasarnya sebagian besar orang, khususnya pengguna lama, lebih membutuhkan pembaruan yang berupa perbaikan fitur yang telah ada agar semakin disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan fitur untuk mempermudah saat mengetik teks di android.

Memutar Video Layaknya Memutar Audio

Selain itu salah satu pembaruan yang sebenarnya cukup dibutuhkan kebanyakan pengguna smartphone adalah tentang bagaimana sistem operasi memandang sebuah file video sebagai bukan hanya file media yang digunakan untuk dilihat/ditonton saja, melainkan, juga sebagai file yang fungsi audio nya dapat digunakan secara terpisah.

Maksudnya apa!? Mungkin kamu sendiri pernah mengalami kondisi dimana terkadang yang dibutuhkan dari sebuah file video bukan visual atau tampilannya, tetapi lebih kepada audio atau suaranya saja. Atau dengan kata lain memutar atau play video tanpa perlu melihat visualnya layaknya memutar atau play musik yang bisa didengarkan meski ponsel dalam keadaan terkunci.

Oleh karena itu dalam posting kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menjalankan/memutar video layaknya seperti menjalankan/memutar musik atau audio di perangkat smartphone khususnya Android. Atau dengan kata lain, bagaimana cara memutar video di latar belakang pada perangkat Android, yaitu video tetap jalan meski video sedang di-minimize atau saat ponsel sedang dimatikan/dikunci.

Cara Memutar Video di Latar Belakang

Sebenarnya solusi untuk masalah cara memutar video di latar belakang pada perangkat smartphone sudah banyak ditangani oleh berbagai jenis aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk di-install, akan tetapi pada kebanyakan kondisi sebagian besar orang akan berpikir dua kali untuk install aplikasi baru dengan alasan yang berbeda-beda, salah satunya apabila space memori pada perangkat smartphone sedang kurang memungkinkan untuk install aplikasi baru.

Maka dari itu, di sini kamu bisa mendapatkan solusi untuk cara memutar video di latar belakang pada perangkat android meskipun tanpa install aplikasi baru sekalipun, karena berbagai pembaruan untuk sebagian besar jenis smartphone android sudah memungkinkan play video di latar belakang menggunakan aplikasi video player bawaan smartphone tersebut.

# Menggunakan Video Player Bawaan Android

Belakangan ini, update terbaru pada hampir sebagian besar smartphone android telah memungkinkan penggunanya untuk menjalankan video di latar belakang atau dengan kata lain video tetap jalan meski ponsel dalam keadaan stand by/terkunci.

Untuk melakukannya, cobalah buka sebuah sebuah video yang ada di smartphone kamu, tentu saja pastikan video tersebut ada suaranya dan ponsel kamu tidak dalam keadaan mute. Buka video tersebut menggunakan video player bawaan pada ponsel kamu, lalu saat video sedang dimainkan, cari tombol yang berfungsi untuk memutar audio nya saja. Misalnya seperti gambar di bawah ini.

Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang

Fungsi pemutar audio tersebut mungkin akan berbeda-beda nama, simbol, atau posisinya pada tiap-tiap merek dan jenis smartphone android, akan tetapi saat ini sebagian besar jenis dan versi android sudah mempunyai fitur tersebut. Dengan mengaktifkannya, kamu bisa mendengarkan audio dari sebuah file video meski ponsel dalam keadaan terkunci.

Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang

Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang

Contoh gambar screenshot di atas menggunakan smartphone Oppo F11 Pro dengan ColorOS 6.0.1 Android 9, dan kemungkinan bentuk dan posisi pengaturannya sama pada setiap ColorOS yang sama dari merk yang berbeda. Apabila pada perangkan android kamu tidak memungkinkan menjalankan video di latar belakang menggunakan video player bawaan ponsel, kamu mungkin perlu melakukan update atau pembaruan sistem di ponsel kamu.

* * *

# Menggunakan Aplikasi VLC Video Player

Selain menggunakan aplikasi video player bawaan ponsel, untuk memainkan video di latar belakang pada perangkat android kamu juga bisa menggunakan salah satu aplikasi yang cukup terkenal dan cukup aman digunakan, yaitu VLC for Android. Aplikasi VLC ini mungkin sudah sering kamu dengar karena memang aplikasi ini pada dasarnya tersedia untuk PC.

Selain untuk memutar video, aplikasi VLC ini juga dilengkapi dengan fitur dan kemampuan untuk menjalankan file audio seperti file mp3 serta file ekstensi lain yang mendukung. Disamping itu dengan kemampuan tersebut, VLC for Android juga dilengkapi fitur untuk memainkan video layaknya memainkan audio, yang bisa diputar pada latar belakang. Untuk menggunakannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Petunjuk yang ditampilkan berikut ini berdasar pada aplikasi VLC for Android versi 3.2.12 yang diupdate tanggal 30 April 2020.
  1. Download dan install aplikasi VLC for Android melalui Google Play.
  2. Buka aplikasi VLC tersebut, pada tampilan awal, kamu akan melihat daftar video yang ada di dalam memori ponsel kamu. Kemudian supaya bisa memutar video di latar belakang, tap tombol opsi pada video yang ingin kamu putar (tap pada tombol tiga titik vertikal di bawah file video).
  3. Setelah itu pilih opsi Play as audio
  4. Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang
    Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang
  5. Setelah video diputar, kamu bisa kembali ke halaman awal ponsel kamu dan suara dari video akan tetap bisa didengarkan. Yang pasti selama aplikasi VLC tersebut tidak kamu close.

* * *

# Menggunakan MX Player

Selain menggunakan VLC Player for Android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama MX Player untuk bisa memutar video pada layar belakang (off screen playback). Akan tetapi sebagai bahan pertimbangan, aplikasi ini tidak begitu direkomendasikan dibandingkan dengan VLC, pertama aplikasi ini menampilkan iklan yang bagi sebagian orang mungkin sedikit mengganggu. Kedua aplikasi ini mempunyai fitur yang dibatasi dan pengguna akan diarahkan ke aplikasi PRO yang berbayar. Ketiga, cara mengaktifkan off screen playback nya sedikit lebih rumit dibandingkan VLC karena video harus dibuka terlebih dahulu.

Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. Petunjuk yang ditampilkan pada tulisan ini berdasarkan pada aplikasi MX Player versi 1.24.5 yang diupdate 25 Mei 2020.
  1. Download dan install aplikasi MX Player di Google Play.
  2. Setelah itu buka aplikasi MX Player tersebut dan pilih video yang ingin diputar yang tersimpan di ponsel kamu.
  3. Selanjutnya saat video sedang dimainkan, tap tombol opsi yang terdapat pada sudut kanan atas (simbol tiga titik vertikal). Lalu aktifkan pilihan Mainkan di Latar Belakang.
  4. Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang
  5. Setelah itu kamu bisa play video tersebut meskipun berada di halaman beranda dari smartphone atau berada di aplikasi lain, atau bahkan jika ponsel sedang terkunci.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa memainkan video di latar belakang (off screen playback) pada perangkat Android dengan beberapa cara, selain itu kamu juga bisa membaca artikel android lainnya tentang cara menggunakan mouse dan keyboard di android.

Semoga tutorial dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru, apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silakan sampaikan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Play Video Android di Latar Belakang"

Dapatkan Info Terbaru!