Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Koneksi Internet Umum

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wi-fi Laptop di Windows 10/8/7 ― Saat ini penggunaan internet bisa dibilang sudah menjadi hal yang cukup dibutuhkan untuk beberapa kalangan. Itu bisa dilihat dari begitu banyak kegiatan saat ini yang membutuhkan jaringan internet, bahkan sejak #dirumahaja, hampir semua pekerjaan rutin seperti pekerjaan kantor, sekolah, rapat, dan sebagainya dilakukan secara online.

Untuk mendukung kebutuhan orang-orang yang saat ini banyak menggunakan jaringan internet, oleh karena itu banyak tersedia tempat-tempat yang menyediakan koneksi internet, baik berbayar maupun gratis untuk akses tertentu, seperti halnya kafe, restoran, hotel, kantor, dan sebagainya.

Koneksi internet yang tersedia di tempat-tempat umum seperti di atas bisa dibilang merupakan koneksi umum, di mana siapa saja bisa terhubung di dalamnya dengan jaringan yang sama. Oleh karena itu, ketika berada dalam koneksi yang umum, sebagai pengguna internet yang bijak, kita seharusnya bisa menjaga keamanan data dan perangkat yang digunakan terhubung, karena pada dasarnya siapa saja bisa mencoba mengakses data pribadi maupun rahasia pada perangkat kita melalui jaringan umum tersebut.

Mencegah Koneksi Otomatis

Teruntuk bagi kamu yang sering mengunjungi tempat-tempat umum dan sering pula menggunakan jaringan internet umum dengan perangkat laptop, maka biasanya secara otomatis sistem operasi di laptop akan menyimpan jaringan yang pernah digunakan dan menghubungkannya secara otomatis ketika berada dalam jangkauan jaringan tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, sangat disarankan kamu tidak mengaktifkan koneksi otomatis untuk jaringan yang digunakan oleh publik. Pada Windows, jangan centang Connect automaticly pada saat akan mengakses sebuah jaringan publik.

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Nonaktifkan Wi-Fi untuk Sementara

Tetapi untuk mencegah jaringan-jaringan yang sudah secara otomatis terkoneksi dan biasanya jumlahnya banyak, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan Wi-Fi pada laptop untuk sementara apabila tidak sedang digunakan.

Selain untuk tujuan tersebut, wifi laptop juga biasanya dimatikan untuk tujuan lainnya. Oleh karena itu, dalam posting kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara mematikan dan menyalakan Wifi laptop. Untuk mengaktifkan fitur wifi pada sebenarnya tergantung pada jenis atau merk laptop itu sendiri.

Karena ada beberapa merek dan tipe yang menyediakan fitur switch untuk mengaktifkan atau menonaktifkan wifi pada laptop tersebut, baik dengan kombinasi tombol keyboard atau ada tombol khusus yang disediakan. Cara mengeceknya bisa dengan mencari tombol yang menggunakan simbol Wi-Fi.

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Aktifkan/Nonaktifkan Wifi di Windows 10/8/7

Akan tetapi, pada kasus tertentu, ada pula laptop yang tidak menyediakan fitur tombol khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkan wifi pada laptop tersebut. Oleh karena itu, solusinya sudah disediakan pada sistem operasi yang kamu gunakan, khususnya pada OS Windows.

Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa jaringan, wifi atau bahkan koneksi ethernet (kabel LAN), yang terhubung pada laptop sebenarnya bisa dimatikan hanya melalui pengaturan pada Windows. Untuk melakukannya kamu bisa menyimak pembahasan berikut.

Membuka Menu Change adapter settings

Terlebih dahulu kamu harus membuka menu Change adapter settings, pada pengaturan tersebut kamu bisa melihat koneksi jaringan apa saja yang tersedia dan sedang digunakan oleh perangkat laptop Windows kamu. Untuk membuka menu tersebut, silakan ikuti langkah berikut.

# Untuk Windows 10

  1. Jika kamu menggunakan Windows 10, pertama-tama silakan buka menu Start kemudian klik menu Settings.
  2. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7
  3. Setelah itu pada jendela Windows Settings silakan pilih menu Network & Internet.
  4. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7
  5. Lalu pada bagian Change your network settings silakan pilih menu Change adapter options.
  6. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

# Untuk Windows 8 & 7

  1. Sedangkan bagi kamu yang menggunakan Windows 8 atau Windows 7, kamu bisa membuka menu Control Panel.
  2. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7
  3. Setelah itu, pada jenis tampilan Category di jendela Control Panel, silakan pilih menu Network and Internet.
  4. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7
  5. Selanjutnya apabila jendela Network and Internet telah terbuka, pilih menu Network and Sharing Center.
  6. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7
  7. Lalu pada menu yang ada di sisi samping kiri, kamu akan melihat beberapa pilihan, silakan klik menu Change adapter settings.
  8. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

# Pada menu adapter settings

  1. Setelah membuka menu adapter settings, akan muncul jendela Network Connections. Pada jendela tersebut kamu bisa melihat koneksi yang sedang aktif akan terdapat ikon jaringan berwarna hijau. Sedangkan jenis koneksi yang sedang tidak digunakan akan bertanda silang.
  2. Untuk mematikan atau nonaktifkan koneksi Wifi di laptop kamu, silakan klik kanan pada Wi-Fi lalu pilih Disable. Sedangkan untuk mengaktifkan atau menyalakan Wifi yang telah dinonaktifkan, kamu bisa membuka menu yang sama lalu klik kanan dan pilih Enable.
  3. Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7
  4. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan apabila menggunakan koneksi Ethernet atau biasa disebut dengan koneksi kabel LAN. Meskipun kabel LAN tersebut masih terpasang, kamu bisa mematikan koneksinya melalui menu yang sama lalu pilih Disable.

Menu Wifi pada Windows 10

Khusus bagi kamu yang menggunakan Windows 10, pada sistem operasi tersebut telah disediakan menu tertentu untuk mematikan dan menyalakan Wi-Fi laptop dengan mudah dan cepat. Kamu bisa melihatnya dengan klik ikon jaringan yang ada di tray icon di taskbar lalu silakan klik kotak pilihan Wi-Fi untuk mematikannya, atau kamu juga bisa menyalakan mode pesawat (Airplane mode).

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Selain itu, mode pesawat atau airplane mode di Windows 10 juga bisa dibuka melalui menu Notification yang ada di sudut kanan bawah taskbar pada posisi default.

Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mematikan dan menyalakan Wi-Fi yang ada di laptop Windows. Dengan menggunakan cara tersebut, kamu bisa dengan mudah mengatur kapan akan mengaktifkan Wifi dan kapan menonaktifkannya.

Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal keliru yang perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Aktifkan dan Nonaktifkan Wifi Laptop di Windows 10/8/7"

Dapatkan Info Terbaru!