Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Membuat Tombol Share (Vertical atau Horizontal) Ringan di Blogger

Membuat Tombol Share (Vertical atau Horizontal) Ringan di Blogger

Media Sosial dan Sharing

Membuat Tombol Share (Verical atau Horizontal) Ringan di Blogger ― Peran media sosial dalam perkembangan berbagai teknologi dan platform teknologi saat ini sudah banyak mempengaruhi serta memegang peran penting, khususnya sebagai media promosi dan kampanye. SElain menjadi tempat berbagi dan berkomunikasi, media sosial sudah menjadi media promosi yang banyak dimanfaatkan orang-orang.

Oleh karena itu, tidak jarang kita akan menemukan berbagai tempat di dunia maya yang menyertakan tombol share ke media sosial untuk sharing/membagikan informasi seputar konten yang terdapat di dalamnya. Salah satu tempat yang paling sering ditemukan tombol share media sosial adalah pada situs-situs di internet, khususnya blog.

Blog di Blogger merupakan salah satu media yang paling sering digunakan kebanyakan orang untuk membuat blog, blog engine yang satu ini cukup populer hingga saat ini karena berbagai kelebihan, khususnya bagi pemula. Akan tetapi, kebanyakan orang kemungkinan akan mengalami kebingungan saat berniat memasang tombol share pada blog di Blogger.

Selain karena memang tidak ada fitur bawaan khusus yang disediakan Blogger terkait fitur tersebut, namun juga karena untuk memasang tombol share tersebut tidak bisa sembarangan karena perlu melibatkan URL atau alamat dari halaman yang sedang terbuka. Oleh karena itu berikut ini akan dibahas tentang cara memasang tombol share floating/melayang di Blogger yang mempunya tampilan keren dan rapi untuk blog tetapi tetap ringan untuk digunakan.

Membuat Tombol Share (Vertical atau Horizontal) Ringan di Blogger

Membuat Tombol Share yang Rapi di Blogger

Tombol share yang dimaksud di sini adalah tombol share yang akan tampil pada setiap halaman di blog yang penempatannya berada di sisi blog bagian samping atau bagian bawah secara melayang atau floating. Untuk melihat contoh tampilannya, kamu bisa lihat pada halaman demo ini. Untuk memasangnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka Blogger, kemudian pada bagian Tata Letak klik tombol Tambah Gadget.
  2. Pilih widget dengan jenis HTML/JavaScript kemudian tambahkan kode di bawah ini di dalamnya. Pilih salah satunya apakah kamu lebih suka tombol share yang di samping atau yang di bawah.
  3. Tombol Share Vertikal floating di samping kiri
    <!-- Tombol Share Vertikal di sisi kiri -->
    <div class="a2a_kit a2a_kit_size_32 a2a_floating_style a2a_vertical_style" style="left:0px; top:150px;">
      <a class="a2a_button_facebook"></a>
      <a class="a2a_button_twitter"></a>
      <a class="a2a_button_google_plus"></a>
      <a class="a2a_button_pinterest"></a>
      <a class="a2a_dd" href="https://www.maringngerrang.com/2020/05/tombol-share-rapi-di-blogger.html"></a>
    </div>
    <script async src="https://static.addtoany.com/menu/page.js"></script>
    <!-- Kode CSS berikut untuk mengatur agar tombol share tidak ditampilkan saat diakses pada perangkat mobile (yang lebarnya kurang dari 980px) -->
    <style>@media screen and (max-width:980px){.a2a_floating_style.a2a_vertical_style{display:none}}</style>
    Tombol Share Horizontal floating di bawah kanan
    <!-- Tombol Share Horizontal di bawah kanan -->
    <div class="a2a_kit a2a_kit_size_32 a2a_floating_style a2a_default_style" style="bottom:0px; right:0px;">
      <a class="a2a_button_facebook"></a>
      <a class="a2a_button_twitter"></a>
      <a class="a2a_button_google_plus"></a>
      <a class="a2a_button_pinterest"></a>
      <a class="a2a_dd" href="https://www.maringngerrang.com/2020/05/tombol-share-rapi-di-blogger.html"></a>
    </div>
    <script async src="https://static.addtoany.com/menu/page.js"></script>
  4. Untuk tombol share vertikal yang floating/melayang di sisi samping kiri halaman blog, bisa kamu atur posisinya secara vertikal dengan mengganti bagian yang ditandai. Kurangi nilai top tersebut untuk menggeser ke atas dan tambah nilainya untuk menggeser ke bawah.
  5. Setelah itu simpan dan lihat hasilnya di halaman blog kamu.

Penutup

Tombol share tersebut pada dasarnya dibuat menggunakan modifikasi dari aplikasi pihak ketiga Addtoany. Selain itu tombol share tersebut dapat menampilkan pilihan sharing yang lebih lengkap dengan menekan tombol + untuk melihat pilihan lebih banyak untuk media sosial yang ingin digunakan.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk memasang tombol share yang rapi dan ringan di Blogger dengan pilihan yang cukup lengkap. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu serta dapat memberikan wawasan baru, apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dalam pembahasan tulisan ini silakan sampaikan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Membuat Tombol Share (Vertical atau Horizontal) Ringan di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!