Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Blogger Punya Tampilan Baru! Inilah Fitur Terbarunya!

Blogger Punya Tampilan Baru! Inilah Fitur Terbarunya!

Di tahun 2020 ini menjadi awal yang telah ditetapkan oleh salah satu aplikasi dari Google sebagai salah satu blog engine yaitu Blogger. Saat ini Blogger telah melakukan banyak pembaruan pada setiap kontennya, awal pembaruan ini sebenarnya sudah jauh hari dilakukan oleh pihak Blogger, hanya saja saat ini mungkin baru benar-benar disadari oleh penggunanya. Hal itu dikarenakan berubahnya penampilan blogger ketika dibuka dan mencoba memperbaiki kekurangan dan menambah fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna blogger.

Pembaruan yang diberikan oleh blogger ini paling nampak dari segi tampilan, dengan menu-menu yang kian menyesuaikan dengan interface kebanyakan situs kekinian dan fungsi-fungsi yang juga disesuaikan dengan kebutuhan saat ini, tombol-tombol yang menggunakan ikon kekinian, dll. Pembaruan pertama yang diberikan oleh blogger adalah pembaruan tampilan statistik blog, meskipun sebenarnya ada beberapa perubahan sebelum pembaruan ini, tetapi yang ini menjadi salah satu pembaruan besar yang terjadi di awal update blogger.

Meskipun dengan adanya pembaruan ini, sebagai pengguna blogger saya merasa masih kurang puas dengan update yang diberikan. Ini hanya pendapat pribadi yang mungkin saja keliru tetapi saya rasa bisa mewakili apa yang dirasakan oleh beberapa pengguna blogger, karena ada juga pembaruan yang menghilangkan bagian-bagian tertentu yang dirasa kurang nyaman, meskipun hal itu hanya karena belum terbiasa saja. Tetapi dalam posting kali ini mari kita lihat apa saja hal-hal baru yang ditawarkan oleh blogger.

Post Editor

Halaman post editor, halaman ini berfungsi untuk membuat posting/artikel di blog serta halaman untuk mempublikasikan posting yang telah dibuat. Halaman post editor merupakan bagian yang mengalami cukup banyak pembaruan oleh blogger dan termasuk update terkini (pada saat tulisan ini dibuat) secara keseluruhan. Kini halaman post editor tampil lebih bersih dan lebih kekinian, berikut ini tampilan terbaru dari post editor blogger.

Blogger Punya Tampilan Baru! Inilah Fitur Terbarunya!

# Editing dan Preview jadi satu

Pada awalnya kamu mungkin kamu mengetahui bahwa tampilan editing dan tampilan preview/pratinjau pada saat menulis posting di blogger dipisahkan, jadi tampilan preview akan dibuka pada tab baru. Namun saat ini tampilan editing dan preview dijadikan satu halaman, jadi kamu tidak akan melihat preview postingan kamu pada tab baru. Kamu cukup klik ikon mata yang ada di samping judul post kamu dan tampilan editor akan berubah jadi preview.

# Setelan entri yang cukup sederhana

Bagian setelan entri ini berada di sebelah kanan editor, pada setelan entri kamu bisa mengatur label entri baru kamu, URL yang digunakan, jadwal dipublikasikan, dan lain-lain. Salah satu fungsi yang dihilangkan pada bagian ini adalah fungsi enter yang akan berfungsi sebagai enter baik pada tampilan compose maupun HTML. Jadi setelah pembaruan ini semua jenis enter/break/baris baru pada entri yang kamu buat akan dibaca sebagai <br /> pada tampilan HTML.

# Perubahan struktur kode pada tampilan HTML

Saya merupakan pengguna blogger yang biasanya membuat entri/postingan blogger dalam mode HTML, hal ini saya manfaatkan untuk menghindari sintaks yang tidak perlu yang biasanya secara otomatis dibuat oleh sistem penulisan di blogger. Namun pada post editor yang baru, untuk masuk ke mode HTML cukup dengan klik ikon <> yang ada di samping judul posting, dan klik lagi untuk masuk ke mode compose, tombol ini berfungsi layaknya toggle buton.

Selain itu ada juga satu hal yang saya rasa masih menjadi kekurangan blogger dari dulu, yaitu pada saat membuat link di dalam postingan masih belum bisa dikoneksikan dengan list posting yang ada di blog tersebut. Dengan kata lain, sebaiknya fitur ini ditambahkan dimana semua link internal akan menyesuaikan dengan domain utama yang digunakan, misalnya domain diganti, maka semua link internal akan menyesuaikan. Misalnya blog yang awalnya beralamat blogsaya.com, ketika diubah menjadi blogkamu.com seharusnya semua link yang mengarah ke blogsaya.com langsung berubah ke alamat baru.

Statistik

Tampilan statistik blog di blogger kini lebih sederhana dan lebih clean, jadi pada dasarnya statistik yang ditampilkan masih kurang lebih sama dengan informasi statistik blog pada versi lama. Inforamsi statistik disajikan dalam bentuk satu kolom dan dibagi kedalam beberapa bagian, pada bagian paling atas ditampilkan jumlah pengikut, jumlah postingan, dan jumlah komentar. Kemudian diikuti dengan informasi jumlah pengunjung berdasarkan waktu.

Selain itu juga ditampilkan informasi tentang posting terbaru dan jumlah pengunjung yang melihatnya masih dalam tampilan grafik garis berdasarkan waktu. Kamu juga bisa melihat informasi lebih lengkap tentang penunjung di blog kamu dengan klik tulisan "Lebih Lanjut Tentang Blog Ini", dan akan ditampilkan perujuk teratas yang artinya darimana orang-orang mengetahui tentang blog kamu, perangkat apa yang digunakan pengunjung, dan dari negara mana saja pengunjung kamu berasal.

Kamu juga bisa melihat apa saja yang paling populer dari blog kamu, yaitu posting mana saja yang paling banyak dikunjungi dalam rentan waktu tertentu dan halaman statis apa yang paling banyak dibuka oleh pengunjung kamu.

Postingan dan Halaman

Bagian Postingan dan Halaman adalah bagian dari blogger yang berfungsi untuk menampilkan daftar semua postingan di blog kamu serta menampilkan semua halaman statis yang pernah kamu buat di blog kamu. Salah satu pembaruan yang cukup terasa selain dari segi tampilan adalah cara menampilkan daftar postingan dan laman statis tidak lagi berdasarkan jumlah tertentu. Sebelumnya kamu mungkin sudah tau bahwa dalam satu halaman, blogger hanya bisa menampilkan paling banyak 100 postingan dan untuk melihat sisanya harus pindah ke halaman/page selanjutnya. Namun sekarang tampilannya sudah lebih mirip dengan android, dimana postingan selanjutnya akan ditampilkan langsung ketika kita scroll ke bagian paling bawah, dan begitu seterusnya. Saya belum tau seberapa banyak posting/laman statis maskimal yang bisa ditampilkannya.

Selain itu halaman yang menampilkan daftar postingan dan laman statis kini lebih canggih dengan menampilkan gambar pada setiap postingan, gambar tersebut akan tampil di samping judul post/laman dan diambil dari gambar pertama yang ada di dalamnya. Kemudian tombol preview juga diubah menjadi ikon mata yang mana tampilan preview juga sama seperti di bagian post editor. Serta menu yang dibuat lebih kekinian dengan membuka menu titik tiga untuk menampilkan pilihan hapus atau untuk draft/publikasikan postingan.

Tema

Halaman tema adalah tempat untuk mengatur template blog serta semua yang berhubungan dengan kode di blogger. Pada bagian tema ada satu hal yang mungkin cukup menarik, khususnya bagi kamu yang sudah bosan dengan tampilan template default blogger yang "gitu-gitu aja", kini sudah ada beberapa pilihan template terbaru yang disediakan yang mempunyai tampilan tidak kalah keren dengan template berbayar.

Selain itu tampilan Edit HTML juga jadi lebih clean dan dapat diakses melalui pilihan menu titik tiga yang ada di bagian Tema Saya, pada bagian ini pula kamu bisa backup atau upload template blogger, atau melakukan penyesuaian terhadap tampilan blog langsung melalui editor yang disediakan dengan klik tombol Sesuaikan.

Tata Letak

Pada bagian tata letak adalah tempat untuk menambahkan widget atau untuk mengatur tampilan blog secara umum. Pada bagian ini biasanya digunakan untuk mengatur apa yang ingin ditampilkan pada sidebar, atau ingin menambahkan kode Adsense dan semacamnya, atau ingin mengatur urutan widget yang ada di blog. Tampilan tata letak sebenarnya tidak banyak mengalami perubahan secara fungsi, hanya saja tampilannya juga menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang lain jadi terlihat cukup clean setelah mengalaman pembaruan.

Namun ada satu kekurangan yang masih menjadi bug pada versi blogger saat ini. Bug ini kemungkinan telah diperbaiki di kemudian hari, tapi hingga saat tulisan ini selesai dibuat, pada bagian tata letak masih belum bisa mengubah favicon blog, jadi untuk mengubahnya perlu kembali ke versi klasik terlebih dahulu.

Lainnya

Ada juga perubahan-perubahan lain yang diberikan oleh blogger, termasuk pada tampilan moderasi komentar dan halaman yang menampilkan daftar komentar yang masuk ke blog. Tampilan ini juga tidak begitu banyak mengalami perubahan, dari segi tampilan juga disesuaikan dengan tampilan blogger secara keseluruhan. Jadi bisa dibilang blogger akan menetapkan satu standar tampilan yang akan digunakan pada semua bagian di blogger. Hingga saat ini pembaruan mungkin akan terus dilakukan, jadi bisa saja ada hal lain yang belum sempat dibahas dalam tulisan ini, salah satunya adalah tampilan Setelan yang masih belum berubah.

Itulah beberapa hal yang saya ketahui tentang pembaruan yang terjadi di blogger ini, semoga dengan pembaruan ini blogger bisa menjadi lebih baik dan tetap menjadi pilihan kebanyakan orang yang malas membeli hosting untuk tetap mempunyai blog. Apabila dalam tulisan ini ada beberapa hal yang kurang jelas atau terdapat kekeliruan di dalamnya, kamu bisa menyampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

DAPATKAN INFO TERBARU!