Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Mengubah Nama Penulis di Postingan Blogger

Mengubah Nama Penulis di Postingan Blogger

Multi-Pengelola di Blogger

Cara Mengubah Nama Penulis di Postingan Blogger ― Kamu pasti sudah kenal dengan apa itu Blogger, salah satu blog engine yang paling populer dan paling banyak digunakan hingga saat ini. Banyak orang yang memilih untuk membuat dan menulis blog melalui Blogger dengan berbagai alasan.

Salah satunya yang menjadi Blogger banyak diminati adalah karena kemudahan penggunaannya, hampir setiap menu yang ada di dalamnya mudah untuk dipahami dan terkesan sederhana. Gratis! Selain itu Blogger juga merupakan blog engine dengan pelayanan yang sepenuhnya gratis untuk setiap penggunanya.

Salah satu fitur yang tersedia pada Blogger, termasuk blog engine pada umumnya, adalah multi-pengelola, artinya apa? Sebuah blog dapat dikelolah oleh satu orang atau lebih dengan atau tanpa pembagian tugas dan wewenang terhadap blog tersebut. Hal itu lebih sederhana digambarkan layaknya sebuah organisasi atau komunitas.

Hal itulah mengapa biasanya pada halaman blog kita sering menjumpai adanya nama penulis atau publisher yang tersemat pada setiap posting atau artikel yang ada di dalamnya. Karena pada dasarnya sebuah blog bisa saja berisi lebih dari satu orang jadi disematkan nama untuk membedakannya.

Mengubah Nama Profil Blogger

Nama yang tampil sebagai penulis pada posting di blog secara default akan diambil dari nama akun Gmail yang digunakannya. Akan tetapi pada beberapa kasus ada orang yang merasa nama yang digunakannya, sebagai pengenal yang tersemat pada posting di Blogger, kurang sesuai atau hanya sekadar perlu dilakukan perubahan meskipun nama itu diambil dari nama akunnya sekalipun.

Mengubah Nama Penulis di Postingan Blogger

Oleh karena itu mengubah nama yang tampil di blog sebagai penulis atau publisher sebenarnya bisa dilakukan, bahkan tanpa harus mengubah nama akun Gmail dari pengaturan Google sekalipun. Karena pada dasarnya nama penulis yang ada di Blogger dan nama akun yang digunakan di Google, tidaklah berhubungan secara langsung.

Untuk mengubah nama di Blogger yang tampil sebagai penulis atau publisher postingan bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Blogger dan login dengan akun yang ingin diubah namanya di Blogger.
  2. Buka menu Setelan dan pilih Setelan Pengguna.
  3. Lalu pada bagian Profil Pengguna klik tombol Edit.
  4. Pada halaman baru yang terbuka akan tampil beberapa informasi yang dapat dibagikan terkait profil Blogger tersebut. Untuk mengubah nama lihat pada bagian "Identitas" dan ganti Nama tampilan.
  5. Mengubah Nama Penulis di Postingan Blogger
  6. Silakan ganti nama tampilan tersebut kemudian tekan tombol Simpan Profil yang ada di bagian paling bawah.

MengaturProfil Blogger

Selain nama tampilan, sebenarnya ada juga informasi profil lainnya yang bisa kamu ubah sesuai dengan keingnan. Mengubah informasi pada profil Blogger pada dasarnya tidak akan mempengaruhi bagian manapun dari akun Google tersebut, profil Blogger hanya menampilkan informasi terkait akun tersebut dengan Blogger. Beberapa informasi diantaranya adalah.

# Privasi

  • Bagikan profil saya: kalau kamu mau profil mu publik/dapat dilihat orang lain, aktifkan pilihan ini
  • Tampilkan alamat email saya: aktifkan pilihan ini jika kamu ingin email kamu dilihat orang lain. Pada dasarnya di profil Blogger kamu punya 2 email, satu email gmail yang kamu pakai login, dan email publik yang bisa beda dan bisa sama dengan email utama. Email publik bisa diganti-ganti dan digunakan orang lain untuk menghubungi kamu.
  • Tampilkan blog saya: kamu bisa memilih untuk menampilkan daftar blog yang kamu miliki pada profil Blogger atau tidak, jika kamu punya lebih dari satu blog di Blogger, bisa dipilih yang mana yang mau ditampilkan dan yang mana yang tidak.
  • Perlihatkan situs yang kuikuti: pilihan ini memungkinkan orang lain untuk melihat blog yang kamu follow melalui widget followers yang ada di Blogger.

# Identitas

  • Nama pengguna: nama pengguna ini diambil dari alamat email yang kamu gunakan untuk login di Blogger, bisa juga disebut email utama, nama pengguna ini tidak dapat dilihat oleh siapapun kecuali kamu (Dan Tuhan).
  • Alamat email: bisa juga disebut email publik, karena di bagian ini kamu bisa memasang alamat email yang dapat dilihat oleh siapappun dan digunakan untuk menghubungi kamu.
  • Nama tampilan: nama tampilan ini adalah nama yang muncul pada postingan di blog sebagai nama penulis/publisher.

# Lainnya

  • Foto profil: foto yang ditampilkan di profil kamu dan di halaman blog (ada beberapa template Blogger yang tidak menampilkan foto profil penulisnya).
  • Klip audio: kamu bisa memasang link sebuah audio (baik itu musik/lagu) yang dapat dibuka oleh orang lain
  • Gender: jenis kelamin, kamu bisa memilih untuk menyembunyikannya dengan mengaktifkan "Tak Disebutkan".
  • URL Wishlist: kamu bisa membuat daftar wishlist di Google Shop, yaitu daftar barang-barang yang ingin kamu beli atau disarankan untuk dibeli. Google shop hampir sama dengan hasil pencarian biasa, bedanya yang tampil adalah hasil pencarian barang jualan dari berbagai situs seperti Tokopedia, Shopee, Ebay, Amazon, dan lain-lain.
  • Nama pengguna IM: jika kamu mempunyai akun internet message seperti Yahoo, AOL, MSN, Google Talk, dll, kamu bisa memasukkan nama akun kamu di sini.
  • Kota, Provinsi, Negara: untuk menampilkan alamat/lokasi di mana kamu tinggal.
  • Pekerjaan (Industri & Jabatan): kamu bisa memilih untuk menampilkan jenis industri pekerjaan kamu di sini beserta jabatan yang kamu pegang di dalamnya.
  • Minat: kamu bisa menambahkan daftar hal-hal yang kamu minati di sini, setiap daftar dipisahkan dengan koma. Melalui minat ini kamu bisa mencari orang dengan minat tertentu dan kamu juga bisa ditemukan oleh orang yang kemungkinan punya minat yang sama denganmu.
  • Perkenalkan Diri Anda: kamu bisa menambahkan kalimat (semacam bio di instagram) yang menjelaskan tentang diri kamu dengan maksimal 1200 karakter.
  • Film, Musik, Buku Favorit: tambahkan daftar hal-hal yang kamu sukai seperti, judul dan/atau aktor film, penyanyi dan/atau judul lagu, serta penulis dan/atau judul buku yang kamu sukai, yang dipisahkan dengan koma. Pada daftar ini, orang yang mengunjungi profil kamu bisa melihat hal-hal apa yang kamu sukai. Selain itu orang lain juga bisa menemukan profil kamu melalui favorit tersebut dan kemungkinan kamu bisa bertemu orang-orang dengan kesukaan yang sama.

Penutup

Itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah nama penulis yang muncul pada postingan blog di Blogger. Selain itu juga telah dijelaskan tentang beberapa bagian dari profil Blogger yang bisa diatur dan ditambahkan. Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan baru untuk kamu. Apabila terdapat hal-hal yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mengubah Nama Penulis di Postingan Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!