Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger

Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger

Apa itu ikon Quickedit?

Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger ― Bagi kamu yang mempunyai blog di Blogger tentunya sudah mengetahui beberapa hal terkait pengaturan dan penataan blog di Blogger. Pada dasarnya pengaturan yang ada di dalamnya tergolong lebih simpel/mudah dan lebih sederhana dibandingkan blog engine lainnya semisal Wordpress.

Salah satu bagian pengaturan yang paling sering digunakan dalam mengatur blog di Blogger adalah pada bagian Tata Letak dan Tema, kedua menu tersebut memungkinkan kita untuk mengatur widget, memodifikasi maupun mengganti tema, serta menambahkan fungsi-fungsi tertentu pada halaman blog. Tetapi membahas lebih spesifik tentang widget pada Tata Letak, kemungkinan kamu pernah bertemu atau melihat simbol seperti ini: Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger

Ikon seperti itu disebut sebagai quickedit icon, quickedit merupakan sebuah ikon yang digunakan Blogger sebagai menu shortcut untuk mengedit widget/gadget di blog dan hanya terlihat pada saat akun pemilik blog login dan membuka halaman blog. Hampir semua widget yang dipasang mempunyai ikon seperti itu di bagian sudutnya dan ketika diklik akan membuka jendela edit untuk widget tersebut.

Dampak Buruk ikon Quickedit

Meskipun pada dasarnya ikon seperti itu adalah ikon gaib atau dengan kata lain hanya terlihat jika yang membuka halaman blog adalah akun pemilik blog tersebut, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang penampakan ikon tersebut di halaman blog sedikit merusak pemandangan atau kurang enak dilihat.

Karena sebenarnya tampilan blog selalu ingin dilihat dalam mode yang sama dengan apa yang pengunjung lihat, sehingga hal-hal yang perlu diperbaiki bisa lebih mudah ditemukan/dilihat, dan juga bisa memudahkan memilih fitur apa yang perlu ditambahkan. Meski pada dasarnya quickedit belum dapat dipastikan apakah mempengaruhi tingkat SEO blog atau tidak, tetapi bagi kamu yang kurang senang dengan kehadirannya, bisa menghilangkannya.

Saat ini hampir sebagian besar template terbaru yang ada di Blogger tidak lagi menampilkan ikon quickedit tersebut, khususnya untuk template eksternal yang dibuat secara mandiri seperti yang banyak dijajakan di internet baik gratis maupun berbayar. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ikon tersebut dari tampilan blog, kamu bisa memilih beberapa cara di bawah ini.

Menghilangkan ikon Quickedit di Blogger

Salah satu cara yang paling masuk akal untuk menghilangkan ikon tersebut adalah dengan menghapusnya dari kode sumber blog pada menu Edit HTML, atau membuatnya tidak dibaca oleh sistem. Untuk menghapusnya Buka Blogger dan pada bagian Tema, klik pilihan Edit HTML.

Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger

Setelah itu temukan kode <b:include name='quickedit'/> dan hapus semua kode tersebut. Atau untuk menjangkaunya lebih luas kamu bisa mencoba cari kata quickedit dan hapus semua yang menyusunnya menjadi ikon yang muncul di halaman blog. Tetapi kemungkinan ada beberapa <b:include name='quickedit'/> yang tidak bisa dihapus, oleh karena itu salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengubahnya menjadi "komentar" menjadi seperti berikut ini.

<!--b:include name='quickedit'/-->

Selanjutnya apaliba dengan kedua cara tersebut telah dicoba namun masih ikon quickedit masih muncul juga, cara terakhir yang kemungkinan besar akan berhasil adalah menyembunyikan ikon tersebut. Dari dua cara di atas, keduanya bertujuan untuk menghapusnya dari kode sumber blog, sedangkan cara ketiga ini cukup disembunyikan menggunakan kode CSS.

Caranya terlebih dahulu pada halaman Blogger, buka menu Tema kemudian pilih Sesuaikan.

Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger

Setelah itu pada pilihan Lanjutan pilih Tambahkan CSS.

Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger

Kemudian tambahkan kode berikut pada kotak teks yang ada. Menu ini kadang tergantung dari template yang kamu gunakan, jika menu "Tambahkan CSS" tidak dapat kamu temukan silakan buka menu Edit HTML lalu temukan kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut di atasnya

.quickedit{display:none!important}

Setelah itu klik "Terapkan ke Blog"

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan ikon quickedit dari tampilan halaman blog, atau setidaknya menyembunyikan ikon tersebut agar tidak terlihat meksi dalam mkode admin sekalipun. Semoga langkah-langkah dalam artikel ini bisa menambah wawasan kamu dan bisa memberikan pengetahuan baru. Apabila terdapat hal-hal yang perlu ditanyakan, silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Tiga Cara Menghilangkan Ikon Quickedit di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!