Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keyboard, komponen yang memiliki tombol paling banyak yang terdapat pada berbagai jenis perangkat seperti, kalkulator, alat musik, handphone, dan tentunya paling sering kita lihat ada di PC, baik itu komputer maupun laptop, semua perangkat tersebut mempunyai keyboard dengan fungsinya masing-masing. Tetapi dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas tentang keyboard-keyboard tersebut, lebih spesifik tentang keyboard yang lebih sering dijumpai, yaitu keyboard atau papan ketik yang terdapat pada PC (Personal Computer) dan smartphone.

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Beberapa orang ada yang berpendapat bahwa mengetik di komputer terasa lebih mudah dan lebih nyaman dibandingkan mengetik di smartphone, ada berbagai alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, diantaranya yang paling umum adalah karena keyboard di PC lebih besar dan secara nyata bisa disentuh dan dirasakan tombolnya. Sedangkan pada perangkat smartphone dengan keyboard virtual, mempunyai ukuran yang tentunya hanya seukuran layar dan yang pasti tidak bisa dirasakan tombol-tombolnya, datar semua.

Koneksi On The Go

Nah, oleh karena itu pada tulisan ini akan dibahas sebuah solusi yang dapat mengatasi hal tersebut. Jadi pada dasarnya smartphone berbasis Android dan iOS bisa dihubungkan dengan hampir semua jenis perangkat keras yang menggunakan koneksi USB. Namun karena smartphone hanya menggunakan input Micro USB, USB Type-C, atau Lightning pada iPhone, maka dibutuhkan konverter untuk menghubungkan perangkat input USB ke smartphone, yang biasanya kita kenal dengan sebutan OTG atau nama lengkapnya On-The-Go.

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Belakangan istilah OTG ini sudah lebih populer dengan hadirnya flashdisk OTG yang mempunyai dua kepala input, USB dan untuk mobile devices. Namun pada dasarnya OTG itu sendiri bisa menghubungkan bukan hanya flashdisk, tetapi termasuk juga Keyboard dan Mouse. Apakah smartphone Android/iOS bisa disambungkan mouse dan/atau keyboard? Jawabannya iya, tentu saja dengan konverter OTG, meskipun ada beberapa android yang hanya bisa menerima satu input saja. Namun sebagian besar smartphone saat ini sudah bisa menangani lebih dari satu input.

Menghubungkan Mouse & Keyboard di Smartphone

Sekali lagi perlu kamu ingat bahwa sebelum menghubungkan perangkat USB ke android kamu akan membutuhkan konverter OTG, kecuali jika kamu menggunakan mouse/keyboard dengan koneksi bluetooth. Tetapi OTG bisa diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau, ada yang bahkan lebih murah dari ongkos parkir. Karena input micro USB pada smartphone hanya ada satu, maka untuk menghubungkan mouse dan keyboard secara bersamaan di android, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan.
  • Menggunakan USB Hub dengan lebih dari 1 input USB
  • Menggunakan konverter OTG dengan lebih dari 1 input USB
  • Menggunakan Mouse dan Keyboard wireless dengan 1 reciver chip yang sama.

Lalu pertanyaannya kemudian adalah, keyboard dan mouse jenis apakah yang bisa digunakan pada smartphone? Pada dasarnya semua jenis keyboard dan mouse, baik yang menggunakan kabel maupun nirkabel/wireless, yang bisa digunakan pada PC (komputer/laptop), sebenarnya juga bisa digunakan di smartphone android. Oleh karena itu, sebagai kesimpulan, berikut ini beberapa hal yang akan kamu butuhkan:
  • Ponsel atau Tablet Android (pada contoh di sini digunakan smartphone Oppo F11 Pro Android 9)
  • Konverter OTG (disesuaikan dengan tipe Micro USB atau USB Type-C)
  • Mouse USB
  • Keyboard USB
  • USB Hub/OTG Input Ganda (untuk koneksi ganda secara bersamaan)

Mengaktifkan Koneksi OTG

Cara menghubungkan koneksi OTG di android kemungkinan memiliki perbedaan, hal tersebut bergantung pada merek ataupun tipe smartphone yang digunakan. Misalnya pada smartphone Samsung, koneksi OTG bisa langsung terbaca ketika perangkat dihubungkan, sedangkan pada smartphone Oppo (dan semua yang menggunakan ColorOS) harus mengaktifkan Koneksi fitur OTG terlebih dahulu sebelum perangkat yang terhubung bisa terbaca. Oleh karena itu kamu perlu memeriksa pengaturan melalui langkah-langkah berikut untuk memastikannya.
  1. Buka menu pengaturan
  2. Pilih Pengaturan Tambahan
  3. Aktifkan Koneksi OTG. Pengaturan ini bisa kamu aktifkan baik sebelum maupun setelah perangkat terhubung, tidak ada bedanya.

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Menggunakan Mouse/Keyboard di Android

Setelah memastikan pengaturan koneksi OTG telah aktif (jika ada), langsung saja hubungkan konverter OTG ke perangkat android, kemudian sambungkan keyboard dan/atau mouse ke OTG tersebut, lalu sistem android akan langsung mengenali perangkat yang terhubung jika koneksi berhasil dilakukan. Pada saat menghubungkan mouse di perangkat android, sebuah kursor layaknya kursor di komputer akan muncul pada layar smartphone. Saat mengakses menu-menu di android, kursor tersebut akan bekerja layaknya jari yang melakukan tap di layar, saat kursor di klik-tahan-tarik maka dia akan scroll sesuai perintah. Akan tetapi pada saat membuka halaman web dengan teks di dalamnya, maka kursor tersebut akan bekerja layaknya kursor di komputer.

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Sedangkan jika kamu menggunakan keyboard, ada yang bisa langsung digunakan, ada juga yang harus mengatur pilihan bahasa terlebih dahulu, biasanya akan muncul notifikasi untuk meminta memilih bahasa yang ingin digunakan. Untuk memastikan keyboard sudah terhubung atau belum, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Buka menu pengaturan
  • Pilih Pengaturan Tambahan
  • Pilih Keyboard dan Metode Input

Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android

Letak dan nama pengaturan tersebut mungkin berbeda-beda pada perangkat dengan merek atau tipe yang lain. Tetapi pada dasarnya cukup temukan pengaturan keyboard dan lihat apakah Keyboard Fisik sudah muncul pada pengaturan atau belum. Memilih bahasa yang digunakan untuk keyboard fisik berfungsi agar sistem android bisa menentukan jenis huruf/aksara apa yang digunakan. Karena sistem tidak dapat membedakan semisal keyboard yang digunakan adalah keyboard Arabic, Kanji, Hangeul, dll, jadi perlu ditentukan di pengaturan.

Koneksi Tidak Terbaca

Pada beberapa kasus, koneksi OTG tidak dapat terbaca oleh sistem android meskipun perangkat telah dihubungkan. Hal ini kemungkinan terjadi karena beberapa hal. Diantaranya adalah konverter atau kabel USB tidak terpasang dengan baik atau terjadi kerusakan pada salah satunya, selain itu beberapa jenis Hub USB tidak mendukung untuk digunakan di perangkat mobile seperti smartphone. Kemungkinan lain koneksi gagal dilakukan bisa juga karena human error semisal lupa mengaktifkan pengaturan koneksi OTG atau switch on pada perangkat USB belum diaktifkan. Dan juga bisa jadi versi sistem OS yang digunakan belum kompatibel dan perlu dilakukan pembaruan/update sistem terlebih dahulu.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan tentang bagaimana menghubungkan dan menggunakan perangkat dengan koneksi USB ke mobile devices seperti smartphone dan tablet menggunakan konverter OTG. Dengan adanya fitur tersebut tentunya akan sangat membantu dalam menyelesaikan beberapa perkajaan yang membutuhkan perangkat tambahan tersebut, salah satunya seperti membuat artikel, tulisan ini sepenuhnya dibuat melalui android menggunakan keyboard fisik dengan koneksi OTG. Semoga pembahasan dalam tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat kekeliruan yang perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui contct blog ini. Terima kasih dan samapi jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Mouse dan Keyboard Fisik di Android"

Dapatkan Info Terbaru!