Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Mengatasi Iklan Adsense tidak Muncul di Blogger

Mengatasi Iklan Adsense tidak Muncul di Blogger

Blog Sebagai Media Advertisement

Mengatasi Iklan Adsense tidak Muncul di Blogger ― Salah satu metode yang cukup banyak digunakan oleh para konten kreator di internet untuk mendapatkan penghasilan, baik itu penghasilan utama maupun penghasilan tambahan, adalah dengan memanfaatkan internet atau popularitas konten mereka sebagai media advertisement yang bisa mendatangkan penghasilan.

Pada dasarnya ada banyak cara dan metode yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikan media promosi atau advertisement menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan uang, yaitu dengan membangun popularitas yang tinggi untuk mendatangkan pengunjung atau perhatian dari pengguna dunia maya.

Meskipun pada dasarnya popularitas tersebut tidak serta merta dibangung secara instan dan mudah, diperlukan proses panjang dan kerja keras yang tinggi untuk memperolehnya. Selain itu tidak menutup kemungkinan dan sudah banyak terjadi, pada pertengahan proses muncul rasa malas dan rasa pesimis terhadap "popularitas" yang diharapkan tersebut.

Iklan yang Blank (Space Kosong) di Blog

Hal itu juga sering terjadi dan banyak dialami oleh pemilik atau pengelola halaman situs, termasuk blog. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa blog juga merupakan salah satu tempat yang menjadi sasaran media promosi yang secara otomatis bisa dimanfaatkan oleh pemilik atau pengelola blog untuk mendapatkan penghasilan. Meskipun terkadang terdapat beberapa hal yang memunculkan rasa malas dalam mengembangkan blog meski telah menjadi media promosi yang aktif sekalipun.

Salah satunya adalah rendahnya penghasilan dari hasil pengunjung blog dan iklan yang diakibatkan oleh beberapa faktor, satu diantaranya yang paling sering dikhawatirkan pemilik atau pengelola blog adalah iklan yang blank atau iklan yang tidak tampil di halaman blog, meskipun sebenarnya blog tersebut sudah menjadi publisher aktif dan disetujui.

Google Adsense, sebagai salah satu pihak penyedia layanan pemasangan iklan bagi publisher atau konten kreator, seringkali dikambinghitamkan atas contoh kasus yang terjadi seperti yang disebutkan di atas. Wajar memang mengingat adsense adalah bagian dari lingkaran besar Google yang kemungkinan menjadi faktor mengapa iklan yang dipasang di blog tidak tampil atau hanya menampilkan space kosong.

Penyebab Iklan Blank di Blog

Pada dasarnya ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi faktor mengapa sebuah situs atau blog tidak menampilkan iklan dari Google Adsense atau hanya menampilkan space kosong di halaman blog. Beberapa faktor tersebut mungkin bisa menjadi bahan evaluasi bagi kamu pemilik atau pengelola sebuah blog untuk diperbaiki agar iklan bisa tampil secara maksimal di blog.

# Iklan diblokir robots.txt

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa robots.txt merupakan salah satu bagian penting dan sangat berpengaruh terhadap eksistensi sebuah blog. Robots.txt sebenarnya adalah file "txt" yang disimpan pada halaman awal sebuah situs/blog yang diakses langsung setelah nama domain pada URL, misalnya maringngerrang.com/robots.txt. Jika kamu masih awam terkait hal ini, cukup pastikan saja iklan di blog tidak di disallow pada file robots tersebut.

# Javascript browser internet tidak aktif

Meskipun sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dijadikan bahan evaluasi, tetapi javascript yang tidak aktif pada browser tentunya mempengaruhi tampil tidaknya iklan di situs yang dibuka pada browser tersebut, meksipun hanya berlaku pada browser itu saja. Selain itu beberapa orang juga memasang ads blocker atau semacamnya yang menutup akses terhadap kode javascript dari iklan yang akan ditampilkan.

# Postingan blog belum diindeks Google

Hal ini biasanya terjadi pada postingan yang baru saja diterbitkan atau dipublikasikan. Meskipun sebuah blog sudah menjadi publisher aktif dan disetujui untuk menampilkan iklan, tetapi sebuah halaman baru (termasuk halaman postingan baru) kemungkinan besar akan belum menampilkan iklan seperti yang diharapkan. Solusinya adalah cukup tunggu hingga proses crawling selesai dan halaman blog terindeks oleh Google secara valid, dan otomatis iklan yang ada di halaman tersebut akan tampil dengan sendirinya.

# URL Blog belum Secure (HTTPS)

Meskipun kemungkinan sebagian besar pengguna blog, khsusunya Blogger, tidak lagi menggunakan protokol HTTP di blog mereka, tetapi untuk yang belum mengoptimalkan bagian ini tentunya wajib untuk mengalihkan ke protokol yang sudah secured karena hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi iklan yang akan ditampilkan.

Mengatasi Iklan Adsense yang tidak Tampil di Blogger

Selain dari faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, kemungkinan lain mengapa iklan di blog tetap tidak tampil pasti ada, dan tidak semuanya bisa dengan mudah dianalisa. Tetapi bagi kamu yang masih cukup khawatir terkait iklan di blog yang hampir sebagian besar tidak tampil mungkin bisa mencoba mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Blogger lalu pada bagian Tema buka pilihan Edit HTML.
  2. Mengatasi Iklan Adsense tidak Muncul di Blogger
  3. Temukan kode </body> dan letakkan kode berikut ini di atasnya.
  4. <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    (function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
    //]]>
    </script>
  5. Setelah itu kamu perlu menghapus semua sintaks javascript adsense yang diarahkan ke sebuah file js. Hapus kode berikut ini yang terdapat pada setiap kode unit iklan yang kamu pasang (baik dipasang melalui Edit HTML maupun melalui Tata Letak)
  6. <script async="" src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
  7. Setelah semua sintaks script tersebut telah kamu hapus dari setiap kode unit iklan dari adsense, selanjutnya simpan semua hasil perubahan tersebut dan lihat hasilnya di halaman blog kamu.

Iklan Masih Tetap Belum Tampil

Apabila meski dengan menggunakan langkah-langkah di atas atau mengevaluasi faktor-faktor penyebabnya, tetapi iklan di halaman blog sebagian besar masih tetap belum tampil, kamu bisa mencoba metode yang mungkin adalah metode terakhir yang bisa dilakukan secara langsung untuk menangani malah tersebut. Yaitu melalui pengaturan di Google Adsense.

Terlebih dahulu silakan buka Google Adsense dan login dengan akun yang kamu gunakan. Setelah itu pada bagian Iklan pilih Saldo iklan. Fitur ini pada awalnya disebut sebagai ad balance yang digunakan untuk mengatur agar iklan yang tampil hanyalah iklan dengan performa atau penghasilan terbaik. Jadi ada kemungkinan bahwa iklan di blog ada yang tidak tampil dikarenakan adanya pembatasan melalui pengaturan ini, karena memang iklan yang dibatasi dari menu Saldo Iklan ini akan menyisakan space kosong di halaman blog atau tidak tampil sama sekali.

Mengatasi Iklan Adsense tidak Muncul di Blogger

Kamu sebenarnya tidak perlu khawatir apabila pengaturan saldo iklan menjadi faktor mengapa iklan di halaman blog kamu sering tidak tampil, karena selama taksiran penghasilan yang ditampilkan pada menu saldo iklan tetap menunjukkan 100%, maka meskipun ada iklan yang tidak tampil, tetapi penghasilan dari iklan pada dasarnya tidak akan dipengaruhi.

Kemungkinan fitur atau menu Saldo Iklan ini akan dihilangkan dari Google Adsense pada pembaruan kebijakan Google di masa mendatang atau dalam waktu dekat. Jadi apabila menu ini benar-benar dihilangkan, maka pengaturan saldo iklan tersebut pada dasarnya diset ke 100%, jadi iklan yang tidak tampil di blog mungkin bukan lagi dipengaruhi oleh pengaturan ini.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan dan beberapa solusi yang bisa dijadikan masukan dan bahan evaluasi untuk mengatasi masalah iklan yang tidak tampil di halaman blog di Blogger atau iklan yang hanya menampilkan space kosong. Semoga metode dan pembahasan yang ada di atas bisa bermanfaat untuk kamu serta bisa memberikan wawasan baru. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan sampaikan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mengatasi Iklan Adsense tidak Muncul di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!