Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Pernahkah kalian menemukan folder yang tersembunyi pada komputer kamu? Pernahkah kamu mencoba mencari folder yang tersembunyi? Atau pernahkah kamu mencoba untuk menyembunyikan sebuah folder? Sadar atau tidak sebenarnya pada sebuah komputer yang menggunakan sistem operasi Windows pasti terdapat folder yang tersembunyi, paling tidak disembunyikan oleh sistem untuk keamanan.

Pada dasarnya folder yang tersembunyi atau tidak tersembunyi hanya ditentukan oleh atribut dari folder tersebut. Hal itu juga berlaku untuk file, mengubah atributnya dapat mengubah kondisi file tersebut tersembunyi atau tidak.

Kasus paling umum yang mungkin kamu temui adalah ketika menggunakan sebuah flash drive yang terkena virus, untuk jenis virus komputer tertentu dapat menyebabkan atribut semua file dan folder dalam flash drive tersebut jadi tersembunyi dan digantikan dengan sebuah shortcut yang dapat mengecoh pengguna. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mengubah atribut sebuah file atau folder dari tersembunyi menjadi ditampilkan atau sebaliknya.

Ada beberapa perangkat lunak yang mungkin dapat membantu kamu menangani hal tersebut, satu diantaranya yang paling umum adalah antivirus Smadav. Antivirus ini memiliki fitur untuk mengubah atribut suatu file atau folder yang biasanya digunakan untuk memperbaiki file atau folder tersembunyi yang diserang oleh virus. Cara yang paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengubah pengaturan pada Windows Explorer.

Berikut ini salah satu cara yang mungkin dapat kamu coba, paling tidak untuk menampilkan file atau folder yang tersembunyi tanpa mengubah atributnya, jadi dengan kata lain kamu hanya akan melihat file atau folder yang tersembunyi tanpa mengubah atributnya.

Menampilkan file Hidden di Windows 7

Jika kamu adalah pengguna sistem operasi Windows 7 silakan buka Windows Explorer kemudian pada jendela tersebut tampilkan menu bar dengan cara tekan tombol ALT pada keyboard kemudian pilih menu Tools lalu klik Folder Options, maka akan muncul jendela Folder Options. kamu dapat menggunakan cara cepat dengan menggunakan kombinasi keyboard ALT + T + O.

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Pada jendela Folder Options buka tab View kemudian pada bagian Hidden files and folders pilih Show hidden files, folders, and drives. Kemudian hilangkan centang pada opsi Hide empty drives in the Computer folder dan Hide protected operating system files (Recommended).

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Jika muncul dialog peringatan seperti gambar berikut, silakan pilih Yes.

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Setelah itu klik Apply lalu klik OK, kemudian lihat hasilnya, akan muncul beberapa folder tersembunyi di komputer kamu, jika kamu tidak menemukannya coba buka pada direktori C:/. Jadi untuk kembali tidak menampilkan file-file dan folder tersembunyi cukup buka menu yang sama dengan diatas lalu centang dua pilihan yang saya sebutkan sebelumnya.

Beberapa folder mungkin memang disembunyikan oleh sistem, jadi sebaiknya kamu tidak perlu mengubah folder tersebut dari tersembunyi jadi tidak tersembunyi, kamu tenang saja, itu bukan karena virus kok.

Menampilkan file Hidden di Windows 8, 8.1, dan Windows 10

Untuk pengaturan pada ketiga versi Windows ini cara yang digunakan kurang lebih sama. Pertama-tama buka jendela Windows Explorer, kemudian buka tab View lalu tekan tombol yang ada diatas pilihan Options.

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Pada jendela Folder Options, buat pengaturan sesuai dengan gambar berikut. Pada bagian Hidden files and folders pilih opsi kedua yaitu Show hidden files, folders, and drives, kemudian hilangkan centang pada checkbox Hide folder merge conflicts dan hilangkan pula centang pada checkbox Hide protected operating system files (Recommended).

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Jika muncul kotak dialog peringatan seperti berikut, silakan pilih Yes.

Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows

Lalu pilih Apply kemudian klik OK. Perhatikan folder-folder pada komputer kamu, akan muncul beberapa folder yang ikonnya agak buram/transparan, hal itu menunjukkan bahwa file atau folder tersebut mempunyai atribut tersembunyi. kamu dapat menemukan beberapa folder yang tersembunyi misalnya pada partisi C:/, folder yang tersembunyi tersebut bukan disebabkan karena virus melainkan karena pengaturan sistem yang memang seharusnya seperti itu. Untuk mengembalikan pengaturan seperti sedia kala, silakan centang kembali dua opsi yang telah saya sebutkan di atas kemudian aktifkan kembali opsi Don't show hidden files, folders, or drives pada bagian Hidden files and folders.

Sepertinya itulah beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk menampilkan file yang tersembunyi pada komputer kamu. Perlu kamu perhatikan bahwa pengaturan yang tertera diatas hanya untuk menampilkan file yang tersembunyi tanpa mengubah atributnya.

Semoga pembahasan dalam tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa memberikan wawasan baru, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan sampaikan pertanyaan kamu melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Menampilkan File dan Folder Hidden/Sembunyi di Windows"

Dapatkan Info Terbaru!