Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Apa itu Trigonometri?

Jenis-jenis identitas dalam trigonometri ― Trigonometri, merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang mungkin cukup sering kamu dengar, bahkan mungkin kamu adalah orang yang pernah belajar tentang trigonometri di bangku sekolah. Sebagian besar orang lebih familiar dengan besar sudut dalam derajat ketika berbicara tentang trigonometri. Sebelum itu mari kita sedikit berkenalan dengan apa itu trigonometri sebenarnya.

Jadi trigonometri merupakan cabang ilmu matematika yang pempelajari hubungan berbagai permasalahan matematis dengan panjang sisi dan sudut dalam segitiga. Jadi pada dasarnya segitiga merupakan bidang datar yang dapat digunakan untuk menyelesaikan begitu banyak persoalan matematis, salah satu contoh paling umum yang pasti kamu tau adalah teorema Pythagoras atau rumus Pythagoras. Pemecahannya berhubungan dengan segitiga bukan!?

Nah, dari namanya saja, trigonometri merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu trigono yang artinya "tiga" dan metron yang artinya "mengukur", jadi apakah trigonometri artinya mengukur tiga? Maksudnya adalah segitiga digunakan sebagai dasar untuk melakukan pengukuran, baik menggunakan panjang sisi segitiga ataupun menggunakan besar sudut dari segitiga. Silakan baca juga Tabel Lengkap Sudut Istimewa Trigonometri

Apa itu Identitas?

Dalam matematika dikenal sebuah istilah identitas yang maksudnya sangat berbeda dengan arti kata yang sebenarnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia identitas adalah ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri. Jika secara bahasa identitas menunjukkan data diri seseorang atau sekelompok orang, namun dalam matematika makna identitas jadi sedikit berubah dan berbeda-beda pada setiap jenis bilangan. Identitas merupakan suatu sifat bilangan, dimana dalam bilangan riil bila bilangan tersebut dioperasikan, hasilnya adalah bilangan itu sendiri.

Sedangkan dalam trigonometri, identitas adalah suatu relasi atau kalimat terbuka yang memuat fungsi-fungsi trigonometri dan yang bernilai benar untuk setiap penggantian variabel dengan konstan anggota domain fungsinya. Maksudnya apa? Jadi identitas dalam trigonometri semacam persamaan yang berlaku umum, atau dalam bahasa sehari-hari adalah rumus. Jadi jika variabel dalam "rumus" tersebut diganti, nilainya tetap benar, dan rumus yang dimaksud di sini adalah identitas trigonometri tersebut.

Kebenaran suatu relasi atau kalimat terbuka merupakan identitas yang perlu dibuktikan kebenarannya. Ada beberapa pilihan pembuktikan identitas, yaitu menggunakan rumus-rumus atau identitas-identitas yang telah dibuktikan kebenarannya. Jadi suatu identitas pada dasarnya bisa dibuktikan kebenarannya dengan menggunakan identitas lain yang terlebih dahulu harus dibuktikan juga, selain itu biasanya definisi dasar dapat digunakan untuk membuktikan identitas tersebut.

Identitas sudah sering dijumpai di bangku sekolah bahkan di tempat-tempat kurus sekalipun, sering digunakan namun kebanyakan orang belum mengenal bahwa itu adalah identitas dan apa itu identitas. Identitas matematika dapat dicontohkan secara sepele seperti x = x atau yang sedikit lebih kompleks seperti persamaan teorema Pythagoras a2 + b2 = c2 untuk segitiga siku-siku.

Dalam trigonometri terdapat cukup banyak identitas yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan, namun secara umumlah yang cukup dibutuhkan. Berikut ini identitas-identitas dalam trigonometri yang tentunya dapat dibuktikan kebenarannya, tetapi pembuktian tersebut mungkin tidak akan dijabarkan dalam tulisan ini.

Relasi Fundamental dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Penjumlahan dan Selisih Dua Sudut dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Identitas Sudut Ganda dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Identitas Setengah Sudut dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Identitas Sudut Kuadrat dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Identitas Penjumlahan dan Selisih dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Identitas Perkalian dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Teorema dalam Trigonometri

Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri

Itulah beberapa identitas yang telah ditentukan dalam trigonometri matematika, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Jika terdapat hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk memberikan komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Identitas dalam Trigonometri"

Dapatkan Info Terbaru!