Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Siapa sih yang tidak kenal game? Saat ini game sudah menjadi bagian dari kehidupan kebanyakan orang, hampir setiap sisi kita mengenal yang namanya game. Game dalam artian luas sebenarnya bukan hanya tentang permainan video yang dimainkan melalui konsol, smartphone, maupun device tertentu, tetapi banyak pula game yang tidak memerlukan perangkan-perangkat tersebut, salah satunya adalah roleplay game seperti werewolf.

Tetapi di sini kita tidak akan membahas spesifik tentang itu. Game yang akan dibahas di sini maksudnya adalah video game, makin kesini perkembangan industri game semakin berkembang pesat dengan teknologi yang jauh lebih canggih. Hal itu bisa dilihat dengan kualitas dan fitur teranyar yang biasanya kita lihat melalui media promosi, dan memang bisa dibilang game saat ini sudah sangat-sangat realistis dan semakin mendekati gambar asli.

Tetapi kalau kita coba menengok ke belakang sejenak, teknologi game 20 tahun lalu mungkin masih jauh di bawah game-game yang ada saat ini. Meskipun tidak bisa dibilang buruk, tetapi game terdahulu bisa dibilang kebanyakan adalah game melegenda yang bahkan karena begitu banyak orang yang menggemarinya hingga diangkat kembali kedalam versi yang terbaru bahkan banyak yang berbentuk serial.

Bicara tentang game yang legend, tentunya kita bicara tentang game yang sudah lama. Salah satu konsol yang banyak melahirkan game-game legendaris adalah Playstation, lebih tepatnya playstation 1. Generasi pertama dari konsol game yang dibuat oleh Sony ini merupakan konsol yang cukup canggih pada masanya, sudah familiar dengan game 3D dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan. Tetapi jika dibandingkan dari segi teknologi mungkin kita kurang adil, yang membuat game terdahulu melegenda kebanyakan adalah karena gameplay dan jalan ceritanya.

Siapa sih yang tidak kenal game seperti Harvest Moon, Tekken, Final Fantasy, Crash Bandicoot, Gran Turismo, Resident Evil, dan banyak lagi, yang kalau disebutkan kamu akan bosan membaca tulisan ini. Beberapa diantara game yang saya sebutkan tersebut mungkin banyak diadaptasi ke konsol terbaru termasuk PS4. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa semua game tersebut versi awal-awalnya dimainkan pada konsol PlayStation 1. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan dibahas tentang game PS1 terbaik sepanjang masa, yang mungkin masih banyak dicari-cari hingga saat ini. Mari kita lihat apakah salah satunya adalah game favorit kamu. Tetapi sekadar informasi bahwa list ini berdasarkan pendapat pribadi dan tidak ada urutan yang menunjukkan bahwa salah satu lebih baik dari yang lain.

# Harvest Moon: Back to Nature

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Salah satu game yang paling epik sepanjang masa, Harvest Moon: Back to Nature atau yang biasa disingkat HMBTN. Game ini merupakan game simulasi kehidupan dengan gameplay yang menurut saya semi 3D. Dalam HMBTN menceritakan tentang seorang pemuda yang mendapatkan warisan perkebunan dan peternakan dari kakeknya yang telah meninggal pada sebuah kota kecil (atau bisa dibilang desa). Pemain akan bertugas untuk mengembalikan kejayaan pertanian dan perkebunan tersebut seperti sedia kala dalam kurun waktu 4 tahun (dalam game).

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Sepanjang permainan ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh pemain, selain berkebun dan beternak, seperti bersosialisasi dengan warga yang lain, mengumpulkan berbagai item, upgrade tools dan rumah, termasuk menambang dan memancing. Game ini benar-benar bisa membuat pemain merasa hidup dalam ceritanya yang mampu dibungkus dengan cukup rapi.

# Crash Bandicoot Warped

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game buatan Naughty Dog ini dipublikasikan oleh Sony ekslusif untuk PS1 pada 31 Oktober tahun 1998. Karakter yang cukup familiar dalam game ini adalah karakter utama bernama Crash yang merupakan marsupial (sebangsa dengan koala dan kanguru) yang mengalami evolusi. Game ini meceritakan tentang Crash melawah Doctor Cortex yang ingin mendominasi dunia dan juga untuk menyelamatkan pacarnya, Tawna. Pada Crash Bandicoot Warped ini kita akan dibawa pada berbagai era dengan mesin waktu masih untuk melawan Doctor Cortex. Dengan konsep mesin waktu dalam game ini membuat permainan jauh lebih bervariasi dari segi settings, dan juga dari segi desain game.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini merupakan salah satu yang cukup melegenda dikarenakan beberapa kelebihan yang ada di dalamnya. Gameplay yang dimiliki dalam permainan ini bisa dibilang diatas standar rata-rata game pada masanya, selain itu animasi yang lebih kompleks dengan tampilan 3D serta kontrol yang lebih sempurna menjadikan game ini nyaman dimainkan dan menjadi favorit banyak gamer.

# Silent Hill

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Mungkin ada beberapa yang lebih mengenal Silent Hill sebagai film dibandingkan sebagai game. Silent hill dirilis pada 23 Februari 1999 ekslusif untuk PS1, tetapi meskipun termasuk game tahun 90an tetapi game ini mampu memaksimalkan hardware PS1 untuk menjalankan game 3D fix angle camera, hal itu pula yang menjadikannya cocok sebagai game survival horror. Latar tempat pada game ini adalah sebuah kota fiksional bernama Silent Hill yang dipenuhi dengan kabut tebal, namun sebenarnya kabut tebal tersebut dibuat untuk mengatasi masalah draw distance pada game ini, tetapi justru itu menambah nuansa misterius game ini.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Dengan bermain sebagai seorang pria bernama Harry Mason yang bertujuan untuk mencari anak perempuannya yang hilang di kota misterius bernama Silent Hill ini. Pencariannya tersebut membawa Harry mengalami kejadian-kejadian misterius yang akan terus menyerang mentalnya, jadi tema horor dalam game ini lebih berfokus kepada psychological horror dan visual yang terkesan surealisme. Gameplay dalam game ini lebih banyak berfokus kepada eksplorasi dan memecahkan teka-teki (puzzle). Meskipun pada beberapa bagian game ini juga mengharuskan pemain untuk melawan monster dengan berbagai jenis senjata, baik senjata tangan maupun senjata api.

# Tomb Raider II

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Kebanyakan orang pasti kenal dengan Tomb Raider, game yang banyak diadaptasi kedalam berbagai platform, termasuk hingga ke konsol selevel PS4. Tomb Raider II dirilis pada 21 November 2001 dengan karakter utama yang cukup ikonik yaitu Lara Croft, mengingat bahwa 3 seri game sebelumnya juga tidak kalah ikonik dengan karakter tersebut. Game serial Tomb Raider merupakan salah satunya yang memulai game dengan konsep 3D action adventure. Gameplay dari Tomb Raider II cukup memberikan keleluasaan kepada para gamer dengan adanya beberapa senjata, kendaraan, animasi, dan mekanik-mekanik baru lainnya. Tomb Raider II berhasil dibuat dengan pondasi mekanik dari game pertamanya dan terasa tidak berlebihan. Selain itu gameplay Tomb Raider II yang berfokus kepada eksplorasi, puzzle, dan action menjadikan pemain betah berlama-lama memainkannya.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Petualangan Lara Croft pada Tomb Raider II kali ini akan membawa kita untuk mencari Dagger of Xian di berbagai tempat-tempat yang cukup familiar di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi tantangan dalam game ini adalah adanya berbagai kelompok yang juga mempunyai tujuan sama yaitu mencari Dagger of Xian.

# Tekken 3

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Tekken 3 rilis pada tahun 1997 untuk Arcade yang kemudian diadaptasi kedalam PS1 pada 26 Maret 1998, sama seperti game sejenis lainnya yang juga banyak diadaptasi kedalam konsol PS1, tetapi Tekken 3 adalah yang meraih kesuksesan cukup besar diantara pesaing-pesainnya. Selain itu game buatan Namco ini berhasil menaikkan standar game fighting 3d dengan kualitas grafis yang paling realistis dan gerakan karakter yang paling natural pada waktu itu, serta kontrol yang sempurna untuk pemain, meski Tekken 3 bukan game fighting pertama sekalipun.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini kembali dengan menyempurnakan mekanik fightingnya menjadi lebih smooth dan fluid dengna semakin banyak animasi yang memungkinkan untuk dilakukan. Sebagai game fighting tahun 90-an yang kebanyakan tidaklah begitu kompleks, Tekken 3 memiliki total 20 karakter dengan combo dan move set nya masing-masing yang membuat variasi dari game ini semakin lebih menarik.

# Tony Hawk's Pro Skater 2

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini rilis pada 20 September 2000 untuk PC, PS1, N64, dan beberapa konsol lainnya. Pada waktu itu serial dari Tony Hawk's adalah rajanya untuk game extreme sports, bukan hanya karena betapa kerennya sketboard pada waktu itu tapi memang bisa bermain sebagai para atlet sketboard profesional untuk melakukan trik-trik di game ini adalah hal yang menyenangkan, dan pada Tony Hawk's Pro Skater 2 lah yang menyempurnakan template dari game seri pertamanya. Adanya sketer, level, dan trik-trik baru hanyalah sebagian kecil dari banyaknya peningkatan yang diberikan pada game kedua ini dibandingkan seri pertamanya.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Untuk gameplay game ini memperkenalkan mekanik baru di mana kita bisa secara manual membuat kombinasi kombol yang bisa dilakukan yang bisa menghasilkan berbagai hal untuk dijadikan eksperimen. Selain itu game ini juga terasa lebih 90's dengan adanya berbagai soundtrack yang terdiri dari musik punk dan hiphop. Itulah berbagai alasan yang menjadikan Tony Hawk's Pro Skater 2 masih menjadi game dengan rating tinggi hingga saat ini.

# Grand Turismo 2

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini merupakan satu diantara beberapa game terbaik yang rilis eksklusif untuk PS1. Dirilis pada 11 Desember 1999 dan sudah disukai oleh banyak gamer PS1 bahkan sejak awal game ini dirilis. Sekuel dari grand turismo pertama ini dibuat dengan tetap memiliki formula racing simulator yang sama dengan banyak peningkatan dan hal-hal baru dibandingkan seri pertamanya. Sebagai game pada akhir tahun 90-an bisa dibilang bahwa Grand Turismo 2 benar-benar memaksimalkan performa hardware dari PS1 dengan menghadirkan kualitas grafis yang berada di atas standar rata-rata game pada waktu itu.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini memiliki total 650 mobil dan 27 trek balapan yang meskipun mereka yang memainkannya bukanlah pecinta mobil atau memahami tentang sport balapan ini, tetapi para gamer kasual tidaklah dibuat begitu kebingungan dalam game ini. Dengan movement dan grafis yang begitu detail game ini sudah dianggap sempurna dari segi visual sebagai game pada waktu itu. Selain itu karena game ini merupakan racing simulator pastinya Grand Turismo 2 memiliki kontrol dan animasi sangat realistis menjadikan kita lupa bahwa kita tidaklah sedang menonton balapan sungguhan.

# Resident Evil 2

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Salah satu game dengan sekuel yang masih berlanjut hingga saat ini bahkan telah dibuat versi remake pada tahun 2019 . Resident Evil serial kedua ini dirilis pada 21 Januari 1998 untuk PC, PS1, N64, dan beberapa konsol lainnya dan berhasil merepresentasikan game horror 3d fix angle pada waktu itu, hanya saja tidak banyak game dengan konsep seperti ini. Game ini mempunyai cerita dengan setting waktu 2 bulan kemudian di Raccoon City setelah Resident Evil pertama, dengan 2 karakter sebagai protagonis utama yaitu Leon S. Kennedy dan Claire Redfield yang akan menjalankan story dari game ini dengan perspeksi mereka masing-masing.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Elemen horor dari Resident Evil 2 bukan hanya tentang survival bertarung melawan zombie tetapi juga dengan adanya Mr. X sebuah karakter misterius yang tidak pernah berhenti membuat tokoh utama berada dalam bahaya sepanjang permainan. Selain itu mekanik inventory (penyimpanan) baik untuk menyimpan senjata maupun item pengobatan yang sangat terbatas dalam game ini menjadikannya terasa lebih kental sebagai game survival. Resident Evil 2 akan memberikan pengalaman bermain game adventure dengan sinematik yang dipenuhi easter eggs dan secrets di sepanjang gameplay yang membuatnya tetap terasa seru dan menantang meski untuk ditamatkan berkali-kali.

# Final Fantasy VII

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini dirilis pada tanggal 31 Januari 1997 untuk PC dan PS1 yang kemudian diadaptasi ke platform seperti Android dan iOS. Selain Resident Evil 2, Final Fantasy VII juga merupakan salah satu game yang mempunyai versi remake di PS4 dan menjadikannya salah satu game yang cukup legendaris. Final Fantasy VII merupakan game pertama dari serial Final Fantasy yang diproduksi untuk PlayStation dan PC dan menjadi serial pertama yang menggunakan CGI, dengan karakter-karakter yang dirender penuh dan latar belakang yang diprarender.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini pada dasarnya menceritakan tentang perjalanan Cloud Strife dengan teman-temannya yang kompleks dan dan penuh dengan problematika ini benar-benar memberikan pengalaman magical yang fantasi bagi gamer PS1 yang masih banyak dibicarakan sampai sekarang. Banyaknya pilihan interaksi yang bisa dipilih dan berpengaruh kepada cerita dalam game ini juga menambah nuansa roleplay game nya, dan berkat Final Fantasy VII pula game JRPG jadi lebih dikenal dan disukai di seluruh dunia. Setiap karakter juga mempunyai porsi cerita yang cukup membuat kita sebagai pemain merasa peduli dengan mereka.


# Metal Gear Solid

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Game ini dirilis pada tanggal 3 September 1998 untuk PC dan PS1. Banyak yang mengatakan bahwa game ini tidak terasa seperti game PS1 ketika dimainkan, pasalnya Metal Gear Solid memberikan pengalaman game action blockbuster yang dipenuhi dengan komedi dan tragedi dalam kontrol pemain. Selain itu game ini menggunakan in-engine cut scene yang menjadikan cut scene terlihat benar-benar sama dengan gameplay dan dilengkapi dengan voice acting yang semakin menambah betapa sinematiknya game ini.

Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa

Pada Metal Gear Solid kita akan bermain sebagai Solid Snake yang ditugaskan untuk menghentikan serangan nuklir. Mekanik style di video game juga semakin populer berkat game ini, karena memang gameplay pada Metal Gear Solid terasa lebih realistis dan kompleks menjadikannya terasa lebih hidup baik dari segi jalan cerita.

PENUTUP

Itulah beberapa list tentang game PS1 yang cukup legendaris dan menjadi game dengan popularitas yang cukup tinggi, beberapa diantaranya bahkan diadaptasi ke berbagai platform dan dibuat kedalam versi remake yang jauh lebih canggih. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, khususnya yang masih senang bernostalgia dengan konsol game tahun 90-an ini. List ini dibuat dengan pendapat pribadi dan tanpa sumber yang cukup statistisi, oleh karena itu jika ada kekeliruan dan kekurangan dari tulisan ini, jangan sungkan untuk memberikan komentar kamu di bawah. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Game PS1 Legendaris Terbaik Sepanjang Masa"

Dapatkan Info Terbaru!