Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Fitur Android Untuk Mengetik Teks

Fitur Android untuk membantu saat mengetik — Kamu pasti sudah tau apa itu Perangkat Android!? Saat ini perangkat android sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi kebanyakan orang. Pada dasarnya Android itu sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman open source yang dibuat oleh Google dan telah banyak diaplikasikan pada berbagai jenis perangkat seperti, smartphone, Smart TV, bahkan hingga konsol game.

Namun perangkat yang paling banyak menggunakan android adalah smartphone, dan merupakan perangkat dengan perkembangan paling pesat abad ini. Hampir setiap orang sudah mempunyai smartphone saat ini, selain karena fungsinya yang kian menyesuaikan dengan kebutuhan manusia, tetapi juga sudah banyak tersedia perangkat smartphone dengan harga terjangkau dan kualitas yang bukan kaleng-kaleng.

Akan tetapi, dalam tulisan kali ini kita tidak akan membahas tentang smartphone, tetapi lebih spesifik tentang bagian yang ada di dalam smartphone android. Seperti yang diketahui bersama bahwa smartphone sebagian besar digunakan sebagai alat komunikasi, baik via suara, gambar, maupun teks. Banyak orang yang sehari-harinya telah terbiasa menggunakan smartphone untuk bertulis pesan, baik itu melalui media sosial.

Akan tetapi karena kebiasaan menggunakan smartphone untuk mengetik itu pula, tidak sedikit orang yang pada dasarnya mengalami beberapa kesulitan saat sedang mengetik di smartphone, baik itu karena belum terbiasa atau memang karena belum mengetahui fitur-fitur pendukung yang ada di dalamnya. Ya tentu saja ada fitur pembantunya, sebagai perangkat yang paling sering digunakan untuk mengetik/menulis teks, smartphone anrdoid dibekali dengan berbagai macam fitur untuk memudahkan penggunanya saat sedang mengetik teks di dalamnya.

Beberapa fitur yang akan dibahas ini sebenarnya sudah diketahui oleh kebanyakan orang, tetapi tidak sedikit pula yang masih asing dengan fitur tersebut. Selain itu fitur yang dimaksudkan tersebut mungkin terdapat beberapa perbedaan, baik jenis, nama, tempat, maupun tampilan pengaturan di berbagai jenis/merk smartphone. Karena seperti yang diketahui bersama bahwa hampir setiap jenis/merk smartphone android mempunyai tampilan yang berbeda-beda dari segi user interface-nya. Akan tetapi pada dasarnya semua fitur, pengaturan, dll pada setiap smartphone android semuanya sama satu dengan yang lain, hanya saja biasanya berbeda nama dan lokasi menu-menunya.

Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan dibahas tentang beberapa fitur di android yang dapat mempermudah saat mengetik atau menulis teks di smartphone android. Fitur yang mungkin banyak di antara kamu belum menggunakannya atau bahkan belum mengetahui bagaimana cara kerjanya dan bagaimana menggunakannya. Silakan simak pembahasannya pada poin-poin di bawah ini. Tetapi khusus bagi kamu yang lancar menggunakan keyboard laptop atau komputer, kamu bisa menghubungkan keyboard tersebut ke smartphone android kamu, baca caranya di sini.

Mengetik dengan Suara

Terdengar mengesankan bukan!? Ya fitur ini sebenarnya terlihat sangat keren dan tentunya sangat membantu untuk kamu yang sering merasa malas saat harus mengetik pesan di smartphone android. Fitur mengetik dengan suara di android pada dasarnya mempunyai cara kerja yang cukup sederhana, kamu hanya perlu mengaktifkan fiturnya, menekan tombol agar android mulai mendengarkan, kamu mulai berbicara, dan sistem android akan menerjemahkan suara kamu kedalam bentuk tulisan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini, namun perlu kamu ketahui bahwa mungkin pada smartphone yang kamu gunakan akan tampak berbeda dengan yang ditampilkan di bawah, namun yang terpenting adalah kamu bisa menemukan pengaturan yang dimaksudkan. Pada langkah ini perangkat yang digunakan adalah Oppo ColorOS 6.
  1. Buka menu Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan dan temukan pilihan Keyboard & Metode Input. Atau dengan cara cepat kamu bisa klik ikon pengaturan yang ada di atas papan keyboard saat sedang mengetik.
  2. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik
  3. Pada pengaturan keyboard, selama jenis keyboard yang digunakan di smartphone kamu adalah Gboard. (Jika keyboard default yang kamu gunakan bukan Gboard, silakan ganti pada pengaturan yang sama seperti langkah pertama di atas). Pilih Dikte lalu aktifkan penggunaan dikte serta pastikan bahasa yang kamu gunakan adalah Bahasa Indonesia
  4. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Setelah mengaktifkan fitur dikte seperti langkah di atas (jika belum aktif), maka akan muncul tombol dengan ikon gambar microphone di bagian atas tampilan keyboard saat sedang mengetik. Tekan tombol tersebut lalu mulai bicara untuk mengubah suara kamu menjadi tulisan di dalam android kamu. Atau kamu yang ingin mencoba menggunakan keyboard komputer pada android, pelajari caranya di sini.

Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Tetapi selain cara mengaktifkan fitur dikte atau fitur mengetik dengan suara tersebut, juga ada beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui, yaitu kekurangan dari fitur ini. Ya, meskipun fitur ini sangat membantu tetapi masih ada beberapa kekurangan yang ada di dalamnya yang perlu kamu tahu agar kamu bisa mengatasi hal-hal yang di luar ekspektasimu saat memakai fitur dikte ini. Diantaranya adalah:
  • Memerlukan jaringan internet, sebenarnya fitur dikte mengetik dengan suara ini bisa kamu gunakan secara offline, tetapi yang dimaksud memerlukan jaringan internet di sini adalah proses mengaktifkannya yang harus terkoneksi jaringan internet. Setelah diaktifkan kamu perlu download dikte offline untuk Bahasa Indonesia, dan setelah itu kamu bisa menggunakannya secara offline. Tetapi jika kamu menggunakannya pada saat sedang online, maka cepat atau tidaknya serta akurat atau tidaknya teks yang dihasilkan dari suaramu sangat bergantung dengan kualitas jaringan internet kamu.
  • Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik
  • Hanya berdasar pada Bahasa Indonesia yang umum digunakan, jadi jika kamu menggunakan kata-kata yang mungkin tidak dikenali oleh sistem, maka kemungkinan kata tersebut akan berubah dari yang kamu maksudkan. Pada dasarnya fitur ini masih rentan dengan kesalahan penulisan, khususnya jika kata yang kamu ucapkan tidak dikenali oleh sistem atau cara pengucapan yang kurang dikenali pula. Jadi ketika kamu menggunakan fitur mengetik dengan suara, usahakan suara kamu cukup jelas dan cukup keras untuk didengarkan oleh smartphone/hp kamu.

Fitur Koreksi Teks

Fitur koreksi teks ini sebenarnya adalah fitur di smartphone android yang sangatlah membantu, tetapi banyak orang yang merasa terganggu dengan koreksi teks ini karena tidak tau cara menggunakannya atau juga karena tidak tau cara mengaturnya. Oleh karena itu di sini saya akan mencoba membantu kamu mengenali fitur ini agar kamu bisa menggunakan dan memanfaatkannya dengan maksimal.

Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Kamu perlu mengetahui bahwa fitur ini ada dua bagian, ada koreksi teks manual dan koreksi teks otomatis (kata itu mungkin tidak ada di pengaturan, itu hanya sebutan yang saya buat sendiri). Jadi koreksi teks ini akan bekerja ketika kamu sedang mengetik, untuk koreksi teks manual akan menampilkan kata yang mirip/mendekati dengan kata yang sedang kamu ketik/tulis, dan kamu bisa memilih beberapa kata yang muncul di bagian atas keyboard jika kata yang mau kamu ketik muncul di atasnya. Itulah kenapa disebut koreksi manual karena kamu harus memilih secara sendiri koreksi kata yang muncul.

Sedangkan koreksi teks otomatis akan langsung memperbaiki/mengoreksi teks yang kamu ketik secara otomatis setelah kamu menekan tombol spasi. Jadi fitur inilah yang kebanyakan orang merasa terganggu dengannya, karena tanpa aba-aba teks yang kamu tulis akan langsung diperbaiki oleh sistem android, yang mana tidak jarang hasil koreksi itu tidak sesuai dengan kata yang sebenarnya ini ditulis.

Untuk mengaktifkan fitur koreksi teks ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka menu Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan dan temukan pilihan Keyboard & Metode Input. Atau dengan cara cepat kamu bisa klik ikon pengaturan yang ada di atas papan keyboard saat sedang mengetik.
  2. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik
  3. Setelah itu pilih menu Koreksi teks dan aktifkan bagian Tampilkan strip saran untuk koreksi teks manual. Dan aktifkan Koreksi otomatis jika kamu ingin teks diperbaiki/dikoreksi secara otomatis.
  4. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Selain itu perlu kamu perhatikan bahwa koreksi teks ini tidak hanya bisa mengenali bahasa Indonesia secara umum, tetapi kamu juga bisa menambahkan kata-kata sendiri yang sering kamu gunakan tetapi tidak dikenali oleh sistem android. Caranya adalah silakan tulis kata yang belum dikenali sistem android tersebut lalu ketika kata itu muncul di bagian paling kiri dari kata hasil koreksi, klik kata baru tersebut untuk menambahkannya.

Ingatlah bahwa dengan melakukan cara tersebut, kata tidak akan langsung muncul setelah ditambahkan satu kali, karena kata-kata koreksi yang ditampilkan adalah berdasarkan kebiasaan jadi semakin sering suatu kata kamu gunakan, maka kemungkinannya untuk muncul sebagai koreksi juga akan semakin besar.

Cara Mudah Menghapus Kata dan Memindahkan Kursor

Mungkin bagi beberapa pengguna android, masih ada yang belum mengenal apa itu kursor, jadi kursor yang dimaksudkan di sini adalah garis vertikal yang kedap-kedip ketika sedang mengetik. Garis yang berkedip itu menunjukkan dimana teks yang ditulis akan muncul, jadi garis tersebut kita sebut sebagai kursor.

Kursor ini pada dasarnya sangat membantu, selain untuk menunjukkan di mana teks yang ditulis akan muncul, kursor ini juga berfungsi untuk membantu memperbaiki kata yang salah tulis (atau yang biasa disebut typo). Kursor garis yang berkedip itu dapat dipindahkan kemana saja pada kata/teks yang telah ditulis, jadi jika kamu ingin memperbaiki/menambah/menghapus kata pada tempat mengetik di smartphone kamu, cukup tap pada posisi di mana kamu ingin meletakkan kursor tersebut.

Tetapi untuk memindahkan kursor tersebut, ada cara lain selain langsung tap pada posisi yang kamu inginkan. Caranya yang pertama adalah tap pada posisi dimana kursor saat ini berada hingga muncul penanda di bagian bawah kursor (seperti lingkaran, kotak, atau seperti simbol tetesan air), kemudian silakan tarik kursor melalui penanda yang ada di bawahnya. Tetapi apabila menggunakan keyboard komputer di smartphone, kamu bisa melakukan hal tersebut dengan cepat dan mudah.

Cara kedua adalah kamu bisa memanfaatkan tombol spasi untuk memindahkan kursor. Silakan geser tombol spasi ke kiri atau ke kanan untuk memindahkan kursor bergerak ke samping. Cara ini jauh lebih mudah digunakan dibandingkan cara pertama di atas, karena dengan menggeser di tombol spasi tanganmu tidak akan menutup posisi di mana kusor akan diletakkan serta lebih mudah diatur dibandingkan geser manual.

Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Selain itu ada juga fitur untuk menghapus teks yang ditulis secara massal, jadi jika kamu ingin menghapus beberapa kata terakhir yang kamu ketik, kamu bisa melakukannya tanpa harus menghapus satu per satu. Caranya dengan menggeser tombol hapus ke arah kiri, maka semua kata yang ditandai akan dihapus.

Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Untuk mengaktifkan kedua fitur yang disebutkan di atas, yaitu memindahkan kursor dengan menggeser tombol spasi dan menghapus kata secara massal bisa kamu aktifkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka menu Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan dan temukan pilihan Keyboard & Metode Input. Atau dengan cara cepat kamu bisa klik ikon pengaturan yang ada di atas papan keyboard saat sedang mengetik.
  2. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik
  3. Kemudian pilih Ketik geser dan pilih Aktifkan hapus dengan gestur serta Aktifkan kontrol kursor dengan gestur
  4. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik
  5. Selain itu kamu juga bisa memilih Aktifkan ketig geser agar kamu bisa mengetik kata yang ingin kamu tulis tanpa harus menekan huruf satu per satu, cukup geser mengikuti pola huruf yang ingin kamu tulis. Misalnya ingin menulis kata "kucing" maka geser kursor dari huruf k-u-c-i-n-g.
  6. Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik

Penutup

Itulah beberapa fitur pada smartphone android yang bisa membantu pada saat mengetik teks di smartphone. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, kamu akan bisa terbantu pada saat menulis pesan dengan lebih cepat di HP kamu. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan semoga kamu bisa mendapatkan ilmu dan wawasan baru. Jika ada hal-hal yang kurang jelas atau terdapat kekeliruan dalam tulisan ini, kamu bisa menyampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Fitur Android untuk Mempermudah Saat Mengetik"

Dapatkan Info Terbaru!