Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks

Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks

Plagiat dan Konten Kreatif

Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks ― Dalam dunia konten kreatif, seperti dunia kepenulisan blog, karya adalah sesuatu yang mempunyai nilai tinggi dan menjadi kekuatan bagi seseorang untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Layaknya pada sebuah blog, tulisan/konten/artikel dalam blog tersebut adalah kekuatan untuk menunjukan keberadaannya di dunia maya.

Pada dasarnya setiap karya termasuk konten artikel blog merupakan sesuatu yang mempunyai hak cipta di mana orang lain tidak berhak untuk mengatasnamakan atau mengklaim karya seseorang yang bukan merupakan haknya, hal tersebut biasanya disebut tindakan plagiat dan sudah banyak merugikan orang-orang yang mempunyai karya dan dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mengatasi Plagian Konten

Akan tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir tindak pelanggaran plagiat, khususnya pada dunia maya yang mempunyai kebebasan tinggi ini. Salah satunya dan yang paling populer adalah penggunaan watermark, merupakan penanda dengan menyertakan klaim hak cipta dalam sebuah karya. Misalnya pada sebuah gambar, biasanya diberi gambar transparan yang menunjukkan pembuat atau pihak yang berhak atas karya tersebut.

Dalam tulisan juga sebenarnya bisa diberi semacam watermark, dan yang paling efektif adalah dengan menyertakan berbagai link di tengah-tengah tulisan atau menyertakan kata yang akan secara langsung merujuk pada pembuat tulisan tersebut. Hal ini yang biasanya saya gunakan dalam menulis, yaitu sebisa mungkin menyelipkan "watermark" di tengah-tengah tulisan.

Selain itu ada pula cara lain untuk mengatasi plagiat dari tulisan di blog. Yaitu dengan mencegah pengunjung blog agar tidak bisa copy teks yang ada di halaman blog. Oleh karena itu, pada posting kali ini akan dibahas tentang cara mengatur blog di Blogger agar teks di dalam posting blog tidak bisa di-copy. Ohya, selain itu jika kamu ingin gambar di blog kamu tidak bisa di-copy juga, kamu bisa baca di sini.

Kerugian menggunakan JavaScript untuk disable seleksi teks

Cara yang digunakan dalam posting ini adalah dengan menggunakan kode CSS. Mungkin kamu menemukan beberapa cara untuk disable copy teks di blog yang kebanyakan menggunakan Javascript. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa penggunaan kode Javascript di blog memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:
  1. Ketika menggunakan JavaScript kamu dengan mudah bisa menyeleksi teks kembali, bagaimana bisa? Mudah, cukup matikan JavaScript dari browser yang digunakan, reload, maka seleksi teks dapat dilakukan seperti semula.
  2. Menggunakan CSS memungkinkan kita untuk menghindari kemungkinan buruk diatas, orang yang paham dengan CSS mungkin bisa melakukannya ketika menggunakan inspeksi elemen dan menemukan kode CSS kita, tetapi itu terlalu kompleks jika dilakukan oleh seorang newbie. Orang yang paham CSSpun mungkin jarang melakukannya.
  3. Kode CSS jauh lebih cepat di load jika dibandingkan dengan JavaScript. Terlalu banyak menggunakan JavaScript dalam sebuah blog/website akan sangat memperlambat proses loading, hal itu dapat menyebabkan rendahnya tingkat Search Engine Optimization (SEO) blog/website kamu.

Menggunakan JavaScript

Nah, mungkin beberapa alasan diatas sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan kamu mengapa sebaiknya kamu menggunakan kode CSS dibandingkan JS. Menggunakan JS juga tidak ada salahnya dan tetap saja cukup ampuh untuk mengatasi agar teks di blog tidak di-copy sembarangan oleh orang lain. jadi berikut ini cara disable copy teks di Blogger menggunakan kode Javascript.
  1. Buka Blogger
  2. Buka menu Tema kemudian klik simbol titik tiga untuk membuka pilihan tambahan lalu pilih Edit HTML
  3. Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks
  4. Kemudian tambahkan kode berikut ini tepat di bawah <head> atau di atas </body>
  5. <!-- Disable Text Selection by Maringngerrang -->
    <script language='JavaScript1.2'>
    function disableselect(e){
      return false
    }
    function reEnable(){
      return true
    }
    document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;)
    if (window.sidebar){
      document.onmousedown=disableselect
      document.onclick=reEnable
    }
    </script>
  6. Tekan tombol Simpan dan lihat hasilnya di halaman blog kamu

Menggunakan CSS

Cara kedua ini adalah cara yang cukup direkomendasikan, meskipun mungkin untuk pengunjung yang menggunakan browser versi yang cukup jadul, cara ini belum tentu bekerja, tetapi sepertinya hal itu sudah cukup jarang saat ini. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk disable seleksi teks di blog alias disable copy teks di blogger.
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Tema klik tombol Sesuaikan
  3. Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks
  4. Kemudian pada pilihan Lanjutan klik Tambahkan CSS
  5. Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks
  6. Kemudian tambahkan kode berikut pada kotak teks yang ada. Menu ini kadang tergantung dari template yang kamu gunakan, jika menu "Tambahkan CSS" tidak dapat kamu temukan silakan buka menu Edit HTML lalu temukan kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut di atasnya
  7. /* Disable Text Selection by Maringngerrang*/
    .post blockquote {
      -webkit-user-select: text !important;
      -moz-user-select: text !important;
      -ms-user-select: text !important;
      user-select: text !important;
    }
    body {
      -webkit-user-select: none !important;
      -moz-user-select: -moz-none !important;
      -ms-user-select: none !important;
      user-select: none !important;
    }

Perhatikan kode .post blockquote diatas, kode tersebut untuk mengecualikan tag blockquote, artinya teks yang berada dalam tag blockquote tersebut bisa terseleksi. Namun perhatikan juga .post, kode tersebut umumnya diganti pada beberapa template buatan, jika teks pada tag blockquote tetap tidak bisa terseleksi coba ganti kode .post dengan .post-body. Selain itu jika yang ingin di kecualikan bukan tag blockquote, silahkan ganti pada kode diatas, kemudian Simpan.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mengatur agar teks di blog tidak bisa diseleksi/di-blok atau dengan kata lain agar teks di blog tidak bisa di-copy. Semoga cara ini bisa membantu kamu menghindari tindakan plagiat dan bisa menambah wawasan baru untuk kamu. Jika terdapat hal-hal yang kurang jelas dalam tulisan ini dan perlu ditanyakan atau terdapat hal-hal yang keliru dan perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah, atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Copy Teks"

Dapatkan Info Terbaru!