Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Disable (Nonaktifkan) Inspect Elements di Blogger

Cara Disable (Nonaktifkan) Inspect Elements di Blogger

Bagi kebanyakan orang, inspect element mungkin masih terdengar asing, meskipun sebenarnya itu adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh setiap browser seperti, Chrome, Mozilla, Opera, bahkan Microsoft Edge, yang mempunyai segudang manfaat bagi orang-orang yang mengetahui cara penggunaannya. Jadi, untuk kamu yang masih asing dengan inspect element, mari berkenalan dulu dengan "tangan kanan" nya para developer.

Apa itu Inspect Element? Dan Apa Gunanya?

Inspect elements atau yang biasa juga disebut dengan developer tools adalah semacam "tool" yang terdapat pada setiap aplikasi browser yang berfungsi untuk menampilkan dan mengelola source code dari halaman situs yang sedang dibuka. Meskipun setiap browser punya fitur semacam ini (yang mungkin berbeda-beda namanya setiap aplikasi browser) tetapi tool ini tidak dapat dijumpai pada browser perangkat mobile (smartphone dan tablet).

Sesuai dengan fungsinya, developer tools atau inspect element ini kebanyakan digunakan oleh developer website sebagai tool yang membantu dalam pembangunan dan perbaikan sebuah website, termasuk digunakan untuk membuat dan memodifikasi tampilan blog di Blogger.

Inspect element mampu menampilkan source code dari sebuah halaman situs secara keseluruhan, selain bisa dilihat, dengan tool ini kamu juga bisa melakukan modifikasi terhadap source code dari situs tersebut, baik itu menambahkan atau mengurangi bagian dari kode penyusun sebuah halaman situs.

Tetapi meskipun demikian, perlu digarisbawahi bahwa fitur ini hanya menampilkan source code final atau mungkin disebut client side source code. Maksudnya apa? Jadi kode sumber (source code) yang ditampilkan melalui inspect element ini adalah kode dari sisi klien, yaitu kode HTML, CSS, dan JavaScript saja. Jadi kode sumber semacam PHP, Python, XML (Blogger), dll sama sekali tidak akan bisa kamu lihat meski dengan cara apapun kecuali kamu bisa mengakses servernya.

Selain itu, meskipun seluruh source code bisa dimodifikasi, akan tetapi segala perubahan yang terjadi juga hanya bersifat client side atau dengan kata lain perubahan tersebut hanya bisa dilihat oleh kamu dan segala jenis perubahan yang kamu lakukan akan hilang segera setelah kamu keluar dari halaman situs tersebut (alias tab-nya di-close).

Oleh karena kemampuan dan fungsi dari developer tools tersebut, kamu bisa mendapatkan kode CSS dan JS (JavaScript) dari halaman situs manapun yang kamu inginkan menggunakan inspect element, dan menggunakannya jika kamu mau. Meskipun sebenarnya hal tersebut tidak akan bisa dibenarkan jika kamu melakukannya secara ilegal atau tanpa izin dari pihak yang berhak atas source code tersebut.

Bagaimana Disable (Nonaktifkan) Inspect Element di Blogger?

Dengan adanya inspect element tersebut, maka tidak jarang ada beberapa pemilik halaman situs termasuk blog di Blogger yang mengalami sedikit kekhawatiran terkait adanya penggunaan tanpa izin dari sebagian atau seluruh komponen dari situs atau blog mereka. Dan mungkin juga kamu salah satunya.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menonaktifkan atau disable fitur Inspect Element di blog. Untuk menonaktifkan inspect element melalui Blogger, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka Blogger, kemudian pilih menu Tema lalu buka Edit HTML.
  2. Cara Disable (NoNaktifkan) inspect Elements di bloGger
  3. Setelah itu temukan kode </body> dan letakkan kode berikut ini di atasnya.
  4. <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    // Inspect
    !function tundefined){try{!function tundefinedn){1===undefined""+n/n).length&&0!==n||functionundefined){}.constructorundefined"debugger")undefined),tundefined++n)}undefined0)}catchundefinedn){setTimeoutundefinedt,5e3)}}undefined);
    //]]>
    </script>
  5. Kemudian klik tombol Simpan lalu lihat hasilnya di blog kamu.

Metode ini juga punya kekurangan

Meskipun metode ini bisa membatasi cara umum yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk membuka fitur inspect element, tetapi tetap saja memiliki beberapa kekurangan. Pertama, kemungkinan orang yang paham tentang browser akan tetap mencoba membuka inspect element dengan berbagai cara atau berbagai shortcut yang ada di browser. Kedua, metode ini menggunakan sintaks javascript, jadi tidak menutup kemungkinan orang lain yang menonaktifkan javascript dari browser tetap bisa membuka inspect element. Atau juga metode ini bisa saja tidak bekerja pada aplikasi browser tertentu. Ketiga, disadari atau tidak tetapi metode ini sedikit-banyak akan menambah beban loading dari halaman situs atau blog saat sintaks tersebut dipasang.

Penutup

Oleh karena adanya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh metode yang dibahas di atas, maka solusi paling efisien bagi kamu yang masih berpikir dua kali untuk menggunakan metode tersebut adalah dengan membuat konten yang paling orisinil dengan gaya tersendiri, yang dari hal itulah lambat laun pengunjung/pengguna internet akan mengenali ciri khas dari konten yang kamu buat. Misalnya dengan menyertakan link ke konten-konten kamu yang lain agar membuat orang lain berpikir dua kali juga untuk "mencuri" konten maupun source code dari blog kamu.

Semoga metode dan langkah-langkah yang telah dibahas di atas bisa bermanfaat untuk kamu serta bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru. Apabila terdapat hal-hal yang kruang jelas dan perlu ditanyakan, atau terdapat hal-hal yang keliru dan perlu diluruskan, maka silakan sampaikan semuanya melalui kolom komentar dib awah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Disable (Nonaktifkan) Inspect Elements di Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!