Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger" di Blog

Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger" di Blog

Widget Atribusi Blogger

Sebagai salah satu blog engine yang paling banyak digunakan, Blogger saat ini terus mengalami perkembangan dengan berbagai tambahan fitur dan perubahan tampilan yang diberlakukan baru-baru ini. Blog yang dibuat menggunakan Blogger, atau yang juga dikenal dengan domain Blogspot, pada dasarnya menggunakan atribusi yang bertuliskan "Diberdayakan oleh Blogger" atau yang dalam bahasa Inggris disebut "Powered by Blogger".

Atribusi tersebut kemungkinan sudah pernah kamu lihat dan temukan, sebuah widget yang secara default terdapat pada setiap template bawaan Blogger. Hal tersebut dibuat dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa blog tersebut dibuat menggunakan Blogger, atau dengan kata lain sebagai "watermark" untuk Blogger.

Akan tetapi sebagian besar pengguna Blogger mungkin setuju bahwa atribusi tersebut terkadang berada di tempat yang kurang bagus di dalam blog serta agak sulit dalam mengatur posisi dan tampilannya mengingat itu adalah widget. Selain itu widget atrbitusi tersebut, atau yang bisa juga disebut widget copyright, terkadang membuat tampilan blog jadi kurang profesional dan kehilangan unsur klasik di dalamnya. Oleh karena itu, dalam posting kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menghilangankan widget atribusi tersebut di Blogger yang isinya adalah watermark bertuliskan "Diberdayakan oleh Blogger" atau juga "Powered by Blogger".

Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger"

Sebenarnya menghilangkan widget atribusi yang ada di Blogger bukanlah sebuah pelanggaran mengingat bahwa tindakan tersebut tidak mempunyai sanksi sama sekali. Selain itu tanpa atribusi tersebut, seorang pengunjung blog akan dapat mengenali dengan mudah apabila blog tersebut dibuat menggunakan Blogger, cara paling gampang adalah dengan memperhatikan URL dari blog tersebut.

Meskipun pada faktanya widget atribusi yang ada di Blogger tersebut diberikan semacam "pelindung" pada template bawaan agar tidak bisa langsung dihilangkan begitu saja. Bisa dilihat ketika widget atribusi dibuka melalui menu tata letak, maka tombol untuk menghapus widget tersebut tidak akan muncul. Oleh karena itu diperlukan cara tersendiri untuk menghilangkan widget yang satu ini.

Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger" di Blog

# Menggunakan Edit HTML

Jadi bagi kamu yang sedang berusaha untuk menghilangkan atau menghapus widget atribusi yang ada di Blogger karena alasan widget tersebut kurang sesuai dengan tampilan blog atau untuk meningkatkan nuansa profesional yang ada di blog, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan widget dengan tulisan "Diberdayakan oleh Blogger" atau "Powered by Blogger" tersebut.
  1. Buka Blogger kemudian pada bagian Tema buka pilihan Edit HTML.
  2. Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger
  3. Kemudian pada tombol lompat ke widget, pilih widget dengan nama Attribution1 lalu kamu akan menemukan baris kode yang kurang lebih seperti di bawah ini.
  4. <b:widget id='Attribution1' locked='true' title='' type='Attribution'>
  5. Perhatikan bagian yang ditandai, bagian tersebut merupakan atribut yang disematkan pada tag widget untuk mengatur agar widget tersebut tidak dapat dihapus dan tidak dapat dipindahkan. Silakan ganti nilainya menjadi false.
  6. Setelah itu klik tombol Simpan lalu tekan tombol kembali dan masuk ke bagian Tata Letak.
  7. Klik tombol edit yang ada di widget atribusi lalu kamu akan melihat tombol Hapus atau Remove untuk menghilangkan widget tersebut.

# Menggunakan Kode CSS

Meskipun metode pertama di atas kemungkinan besar akan berhasil, tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa kasus widget tersebut tidak bisa dihilangkan dengan cara pertama tersebut. Oleh karena itu, cara kedua berikut ini dapat kamu gunakan apabila cara pertama tak kunjung bekerja.
  1. Buka Blogger lalu pada halaman Tema klik tombol Sesuaikan.
  2. Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger
  3. Setelah itu pada Desainer Tema Blogger, pilih Lanjutan lalu buka Tambahkan CSS
  4. Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger
  5. Kemudian tambahkan kode berikut pada kotak teks yang ada. Menu ini kadang tergantung dari template yang kamu gunakan, jika menu "Tambahkan CSS" tidak dapat kamu temukan silakan buka menu Edit HTML lalu temukan kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut di atasnya.
  6. #Attribution1 {display: none;}
  7. Setelah itu klik "Terapkan ke Blog" dan lihat hasilnya di halaman blog kamu

Penutup

Metode kedua yang menggunakan kode CSS tersebut pada dasarnya tidak menghilangkan widget atribusi di Blogger, hanya saja kode tersebut akan menyembunyikannya menggunakan properti display. Semoga langkah-langkah yang dibahas dalam tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan baru untuk kamu, apabila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan "Diberdayakan oleh Blogger" di Blog"

Dapatkan Info Terbaru!