Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Backup Kode HTML Blogger

Cara Mudah Backup Kode HTML Blogger
Sumber: Ecopetit

Blog merupakan salah satu jenis website/halaman situs dengan fungsi dan tujuan tertentu. Blog merupakan situs yang menyediakan artikel yang ditampilkan secara berurutan yang membahas tentang suatu topik dan dibedakan berdasarkan kategori atau label pada setiap artikel/tulisan dalam blog. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap halaman situs merupakan kumpulan kode/sintaks dengan bahasa pemrograman tertentu yang secara umum dikonversi kedalam bahasa HTML. Jadi bisa dikatakan bahwa semua halaman web adalah halaman HTML yang telah melalui serangkaian proses dari bahasa pemrograman induknya untuk menampilkan maksud dan tujuan halaman web tersebut.

Tidak terkecuali Blogger, salah satu blog engine yang masih sangat populer hingga saat ini dan masih digunakan oleh banyak orang, blogger menggunakan bahasa pemrograman XML yang kemudian diproses oleh server dan ditampilkan kembali kepada client dengan bahasa HTML seperti yang tampil di halaman ini.

Biasanya bagi pengguna Blogger, tentu akan mengenal yang namanya template blogger, salah satu yang banyak menarik perhatian pengguna blogger untuk mencoba dan mencari template yang paling sesuai dengan keinginan pemilik blog. Jadi template adalah serangkaian kode XML yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan aturan bahasa XML yang digunakan Blogger yang bertujuan untuk mengatur tampilan blog menjadi lebih baik dibandingkan template default yang disediakan blogger.

Jadi sebagian besar pemilik blog di Blogger akan mengedit kode template tersebut ketika ingin mengubah sesuatu hal pada blognya. Tidak jarang beberapa orang begitu antusias untuk mengutak-atik kode yang terdapat pada blog mereka. Tetapi seperti yang kita ketahui bahwa segala urusan yang berhubungan dengan kode/sintaks bahasa pemrograman rentan dengan kesalahan dan tidak jarang mengakibatkan kerusakan pada struktur kode tersebut.

Oleh karena itu salah satu hal mendasar yang sangat penting dimiliki oleh orang-orang yang suka mengedit kode blogger adalah memiliki kebiasaan backup kode template. Hal ini sangat ampuh dan sangat efisien untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin saja terjadi saat proses mengubah/mengedit kode dari template blogger. Jadi pada posting kali ini akan dibahas tentang apa saja cara yang bisa digunakan untuk mem-backup kode template blogger. Silakan simak beberapa cara berikut dan gunakan yang menurut kamu paling mudah.

# Melalui Menu Cadangkan

Cara backup kode blog di blogger melalui meu cadangkan merupakan cara yang disediakan oleh Blogger untuk backup, jadi cara ini merupakan cara "resmi"nya. Untuk backup kode template blogger menggunakan cara ini kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger, jika kamu memiliki beberapa blog pastikan yang sedang terpilih saat ini adalah blog yang ingin kamu backup
  2. Buka bagian Tema kemudian klik opsi (yang 3 titik) lalu klik Cadangkan
  3. Cara Backup Semua Kode Blog di Blogger
  4. Setelah itu silakan download backup template kamu dalam bentuk file XML
  5. Cara Backup Semua Kode Blog di Blogger

# Dengan Copy All

Cara kedua ini mempunyai langkah yang hampir sama dengan cara pertama, pada dasarnya kamu hanya perlu copy semua kode yang ada di template blog kamu kemudian menyimpannya di komputer kamu. Meskipun terkesan lebih rumit dibandingkan cara pertama tetapi biasanya cara ini yang saya gunakan, tidak ada alasan khusus, hanya saja terasa lebih meyakinkan dan lebih satisfiying. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Buka Blogger, jika kamu memiliki beberapa blog pastikan yang sedang terpilih saat ini adalah blog yang ingin kamu backup
  2. Buka bagian Tema kemudian klik opsi (yang 3 titik) lalu klik Edit HTML
  3. Cara Backup Semua Kode Blog di Blogger
  4. Setelah semua kode/sintaks template blog kamu sudah tampil, silakan tekan CTRL + A di keyboard dan copy semua kode tersebut dengan CTRL + C
  5. Buka aplikasi text editor seperti, Notepad, Notepad++, Sublime, Visual Studio Code, atau yang lain yang kamu gunakan
  6. Paste sintaks yang sudah kamu copy tadi dengan CTRL + V
  7. Silakan simpan kode tersebut, baik dengan ekstensi XML maupun TXT

Error saat save dengan Notepad? Jika terjadi error pada saat kamu save kode XML dari template blog kamu, mungkin sebaiknya sebelum di-save kamu perlu mengganti Encoding file tersebut menjadi UTF-8, karena kalau yang terpilih adalah ANSI, maka kemungkinan akan terjadi error.

Cara Backup Semua Kode Blog di Blogger

# Penutup

Itulah langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan jika ingin backup kode template blog kamu di Blogger. Cara ini adalah cara yang paling aman jika kamu ingin menghindari terjadinya kerusakan pada saat kamu mengedit atau mengubah sesuatu dalam struktur kode blog kamu. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal-hal yang kurang jelas atau terdapat kekeliruan dalam tulisan ini, silakan sampaikan komentar kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Backup Kode HTML Blogger"

Dapatkan Info Terbaru!