Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Semua Tentang Tools (Peralatan) di Harvest Moon: Back to Nature

Semua Tentang Tools (Peralatan) di Harvest Moon: Back to Nature

# Tentang Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon; Back to Nature, merupakan salah satu video game simulasi kehidupan yang sangat legendaris. Dibandingkan dengan pendahulu maupun penerusnya game ini masih belum mempunyai saingan dan masih belum dapat tergantikan, menurut saya. Kamu mungkin akan setuju apabila dikatakan bahwa Harvest Moon: Back to Nature mempunyai gameplay yang secara ajaib membuat pemainnya merasa hidup didalamnya. Meskipun bila diperhatikan game ini mempunyai tampilan grafis yang sebenarnya tidak buruk tetapi di masa seperti sekarang ini tampilan grafis seperti Harvest Moon: Back to Nature sudah menjadi barang antik.

Ada beberapa hal yang membuat game ini masih setia dimainkan hingga saat ini, meskipun sudah tidak ada proses produksi yang resmi baik dari konsol maupun game nya itu sendiri, bahkan tidak pernah lagi ada update hingga saat ini. Salah satu yang membuat game ini abadi adalah jalan ceritanya. Bila diperhatikan hampir semua game simulasi kehidupan baik serial Harvest Moon maupun sejenisnya, itu mempunyai alur cerita dasar yang mirip dengan Harvest Moon: Back to Nature. Bahkan bisa dibilang kisa dasar itu diawali oleh HM: BtN, padahal tidak, hanya saja game tersebut mempopulerkan jenis cerita tersebut. Apabila ada sebuah game Harvest Moon dengan cerita yang mirip, kebanyakan orang akan berpikir cerita itu mengikuti HM: BtN.

Selain jalan cerita, game ini juga terkenal dengan berbagai tambahan dan bisa dibilang side mission sepanjang alur permainan. Banyak kegiatan dalam game ini yang bisa dilakukan oleh pemain yang membuatnya terasa lebih hidup, ya karena memang simulasi kehidupan. Tambahan itulah yang membuat game sejenis Harvest Moon: Back to Nature ini jadi mempunyai ciri khas, salah satunya adalah alat pertanian, ada banyak hal penting yang perlu diketahui tentang tools atau peralatan di Harvest Moon: Back to Nature, khususnya sebelum atau pada awal-awal memainkan game ini. Oleh karena itu, dalam posting kali akan dibahas mengenai semua hal tentang tools (peralatan) di game HM: BtN.

# Tentang Tools di HM: BtN

Pada awal game secara otomatis kamu langsung dibekali dengan peralatan dasar yang dibutuhkan untuk membangun kehidupan dalam game, yaitu cangkul (hoe), arit (sickle), palu (hammer), kapak (axe), dan alat penyiram tanaman (watering can). Peralatan tersebut bisa didapat dari peti yang ada di dalam rumah. Secara keseluruhan masih ada peralatan lain dalam game ini, tetapi yang bisa di upgrade hanya 5 tools itu saja.

Syarat upgrade tools

Alat-alat tersebut hanya bisa di-upgrade dengan 2 syarat. Pertama harus sudah sering digunakan, ini untuk meningkatkan experience (pengalaman) menggunakan alat tersebut, tingkat pengalaman setiap alat dapat kamu lihat di pause menu. Kedua harus memiliki bahan untuk upgrade alat tersebut, bahan yang dimaksud disini adalah mineral tambang, yaitu Copper ore (tembaga), Silver ore (perak), Gold Ore (emas), dan Mystrile ore (berlian). Yang paling mudah ditemukan adalah tembaga dan yang paling jarang ditemukan adalah berlian, kecuali pada tambang gua di tengah danau (hanya bisa diakses pada saat winter).

Semua Tentang Tools (Peralatan) di Harvest Moon: Back to Nature

Cara melakukan upgrade

Kamu bisa upgrade peralatanmu di rumah Saibara, rumah pertama yang kamu temukan setelah keluar dari perkebunanmu. Caranya cukup siapkan bahan yang diperlukan dan tools yang mau di upgrade di dalam ransel, serta uang untuk biaya upgrade, kemudian bicara dengan Saibara, jika ia tidak sedang libur, maka tools mu siap di upgrade. Waktu pengerjaannya adalah 3 hari, jadi selama 3 hari tersebut kamu tidak bisa menggunakan peralatan tersebut.

Semua Tentang Tools (Peralatan) di Harvest Moon: Back to Nature

Sebagai saran sebaiknya kamu kumpulkan uang terlebih dahulu selama 3 musim, sering-sering gunakan peralatanmu hingga mencapai 400%. Setelah itu baru upgrade pada musim salju, karena pada musim tersebut tidak banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan yang membutuhkan peralatan, jadi itu akan cukup menghemat uangmu.

Cara menggunakan upgraded tools

Peralatan yang sudah di upgrade dapat dilihat dari perubahan warnanya, sesuai dengan warna bahan yang digunakan untuk upgrade. Tapi selain penampilannya yang berubah, kemampuan dari alat tersebut juga berubah. Bisa mengerjakan hal dengan lebih cepat, caranya dengan tahan tombol kotak, pada stik PS1 tombol kotak berfungsi untuk menggunakan alat. Semakin lama ditahan, maka jangkauannya semakin luas.

# Apa saja alat utama di game ini?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya hanya ada 5 alat yang bisa di upgrade, dan kelima alat itu didapatkan secara gratis pada awal game, kita sebut saja sebagai alat utama. Alat utama ini semuanya bisa digunakan di kebun dengan fungsi masing-masing, secara umum untuk membersihkan kebun (kecuali penyiram tanaman) dari segala jenis sampah.

Sebenarnya sampah yang ada di kebun bisa dibersihkan dengan cara melemparnya keluar kebun (kecuali rumput bisa dilempar dalam lahan kebun). Tapi sebagai saran, sebaiknya jangan menghilangkan sampah kebunmu dengan cara dilempar, karena kamu tidak akan mendapatkan apa-apa jika melakukannya. Meskipun cara itu bisa menghemat tenaga dan tidak menguras stamina, tapi jika menggunakan alat setidaknya kamu bisa meningkatkan experience alat untuk upgrade.

Hoe (Cangkul)

Seperti cangkul di dunia nyata, peralatan ini berfungsi untuk menggeburkan tanah dan untuk menggali di tempat tambang. Alat ini hanya bisa digunakan di kebun dan di tempat tambang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada awal game alat ini langsung kamu miliki. Upgrade yang dapat dilakukan adalah:
  • Copper (tembaga), harga upgrade 1000 G, 100% pemakaian, kemampuan menggali 2 kotak
  • Silver (perak), harga upgrade 2000 G, 200% pemakaian, kemampuan menggali 3 kotak
  • Gold (emas), harga upgrade 3000 G, 300 % pemakaian, kemampuan menggali 5 kotak
  • Mystrile (berlian), harga upgrade 5000 G, 400% pemakaian, kemampuan menggali 7 kotak

Sickle (Arit)

Digunakan untuk menyabit segala jenis tanaman, seperti rumput liar dan termasuk juga tanamanmu. Jadi kalau tanamanmu tidak sengaja kena sabit, tanaman itu akan hilang. Alat ini juga didapatkan langsung di awal game. Upgrade yang tersedia:
  • Copper (tembaga), harga upgrade 1000 G, 100% pemakaian, kemampuan memotong 1x3 kotak
  • Silver (perak), harga upgrade 2000 G, 200% pemakaian, kemampuan memotong 2x3 kotak
  • Gold (emas), harga upgrade 3000 G, 300 % pemakaian, kemampuan memotong 3X3 kota
  • Mystrile (berlian), harga upgrade 5000 G, 400% pemakaian, kemampuan memotong 5x5 kotak

Hamer (Palu)

Palu ini fungsinya untuk memecahkan batu, baik yang kecil, sedang, ataupun batu karang. Palu ini harus di upgrade minimal sampai level silver untuk bisa menghancurkan batu ukuran sedang dan batu karang. Batu sedang adalah yang berbentuk bulat, dan batu karang yang bentuknya tidak karuan. Pada level silver, kamu harus memukul 2x (yang tahan tombol kotak) untuk batu sedang, dan 5x pukul untuk batu karang.

Sebagai saran sebaiknya kamu jangan menghancurkan batu kecil yang ada di kebunmu. Batu itu bisa berfungsi sebagai pagar untuk ternak jika dikeluarkan dari kadangnya. Batu itu juga merupakan salah satu bahan resep masakan (percayalah, awalnya saya juga heran). Dan yang paling penting, batu itu tidak akan pernah hancur oleh waktu, berbeda dengan lumber yang akan hancur jika dijadikan sebagai pagar. Selain itu, batu ini tidak akan muncul lagi jika sudah dihancurkan semua, alias punah

Kembali ke pembahasan palu, palu ini bisa di upgrade:
  • Copper (tembaga), harga upgrade 1000 G, 100% pemakaian, menghancurkan batu besar dengan 3 kali pukulan, tidak dapat digunakan untuk menghancurkan batu karang
  • Silver (perak), harga upgrade 2000 G, 200% pemakaian, menghancurkan batu besar dengan 2 kali pukulan, lima kali pukulan untuk menghancurkan batu karang
  • Gold (emas), harga upgrade 3000 G, 300 % pemakaian, menghancurkan batu besar dengan satu kali pukulan, tiga kali pukulan untuk menghancurkan batu karan
  • Mystrile (berlian), harga upgrade 5000 G, 400% pemakaian, menghancurkan batu besar dengan satu kali pukulan, dua kali pukulan untuk menghancurkan batu

Axe (Kapak)

Mirip seperti palu, kapak berfungsi untuk menghancurkan sampah kayu yang ada di kebunmu. Baik ranting kayu maupun batang kayu besar, termasuk bisa menghancurkan lumber yang kamu letakkan di kebun. Berbeda dengan sebelumnya (pada kasus batu kecil), kamu tidak perlu khawatir menghancurkan ranting kayu yang ada di kebunmu, karena sampah itu tidak terlalu berguna, kurang enak dilihat jika dijadikan pagar dan tidak perlu khawatir, ranting ini bisa ditemukan lagi dari hasil memancing. Kapak mempunyai upgrade:
  • Copper (tembaga), harga upgrade 1000 G, 100% pemakaian, enam pukulan untuk memotong batang pohon
  • Silver (perak), harga upgrade 2000 G, 200% pemakaian, tiga pukulan untuk memotong batang pohon
  • Gold (emas), harga upgrade 3000 G, 300 % pemakaian, dua pukulan untuk memotong batang pohon
  • Mystrile (berlian), harga upgrade 5000 G, 400% pemakaian, satu pukulan untuk memotong batang pohon

Watering Can (Penyiram Tanaman)

Alat ini mungkin yang paling sering dipakai setelah cangkul, berfungsi untuk menyiram tanaman, dan akan sangat menghemat tenaga jika alat ini di upgrade. Untuk mengisi ulang air dalam watering can kamu bisa mengambil dari kolam ikan di samping kandang ayam. Apabila kamu pernah mendengar bahwa jika watering can diisi air dari dasar dasar gua yang ada di tengah danau, maka watering can tidak akan pernah kehabisan air, percayalah itu hoax. Upgrade yang tersedia untuk penyiram tanaman adalah:
  • Copper (tembaga), harga upgrade 1000 G, 100% pemakaian, menyiram 1x3 kotak
  • Silver (perak), harga upgrade 2000 G, 200% pemakaian, menyiram 2x3 kotak
  • Gold (emas), harga upgrade 3000 G, 300 % pemakaian, menyiram 3x3 kotak
  • Mystrile (berlian), harga upgrade 5000 G, 400% pemakaian, menyiram 3x5 kotak

# Apa saja alat tambahan di game ini?

Setelah membahas alat utama di atas, di game ini ada juga alat tambahan yang hanya bisa diperoleh dengan cara dibeli atau diberikan oleh warga desa setelah kejadian tertentu. Peralatan tambahan ini berbeda dengan alat utama yang bisa di upgrade, alat tambahan tidak bisa di upgrade. Beberapa alat tambahan ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui event atau syarat tertentu. Berikut ini peralatan tambahan di Harvest Moon: Back to Nature beserta harga dan cara mendapatkannya.

Fishing Rod (Pacingan Kecil)

Alat ini cukup bermanfaat untuk membantumu mencari uang, kamu bisa memancing di berbagai tempat seperti, pantai, danau, sungai, bahkan di ledeng air yang ada di perkebunanmu. Alat pancing ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan cara, pergi ke dermaga pantai pada hari Saturday, Sunday, atau Monday saat pukul 07.00 PM-10.00 PM dengan mengosongkan 1 slot peralatan di tas ransel. Jika kamu melihat Greg ada di dermaga (pria dengan rambut putih keriting), temui dan bicara padanya.

Meskipun kamu sudah memiliki pancing tetapi cukup sulit untuk mendapatkan ikan yang besar dengan pancingan ini, apalagi untuk ikan legendaris (baca juga Mendapatkan Semua Ikan Legendaris di Harvest Moon: Back to Nature). Tetapi meskipun demikian kamu bisa mengatasi hal ini dengan memancing pada jam-jam tertentu, yaitu mulai dari tengah malam.

Sebagai saran, pada awal-awal game ketika kamu sedang sangat membutuhkan uang, kamu bisa menggunakan tips ini, yaitu tidak perlu tidur terlalu awal. Pada dasarnya kamu bahkan bisa tidak tidur seharian, tapi itu cukup beresiko, jadi pada siang hari kamu bisa bekerja seperti biasa (sebaiknya tidak usah memancing kecuali punya waktu luang), lalu setelah semua pekerjaan selesai kamu bisa memancing pada malam hari hingga menjelang pagi. Untuk jaga-jaga setidaknya bawalah makanan atau turbojolt/bodigizer agar kamu tidak pingsan akibat kelelahan. Sebaiknya pulanglah pada pukul 5 pagi untuk tidur agar kamu punya tenaga untuk bekerja di siang hari atau minum bodigizer jika tidak tidur.

Fishing Pole (Pancingan Besar)

Alat ini hanya bisa kamu dapatkan setelah mempunyai fishing rod, karena untuk mendapatkan fishing pole kamu harus mempunyai peliharaan 50 ekor ikan dengan cara melempar ikan yang kamu tangkap ke kolam yang ada dekat kandang ayam, kumpulkan hinggal 50 ikan. Jumlah ikan peliharaan bisa kamu lihat di pause menu. Fishing pole jauh lebih baik dari fishing rod, dengan pancingan ini kamu bisa mendapatkan ikan besar lebih banyak termasuk mendapatkan semua ikan legendari, sangat cocok digunakan untuk mencari uang tambahan. Sama seperti fishing rod, kamu mendapatkan pancingan ini dari Greg setelah punya 50 ikan atau lebih, pastikan ada 1 slot kosong di tas ransel.

Brush (Sikat)

Digunakan untuk meningkatkan hati hewan peliharaanmu (kecuali ayam dan anjing) dengan cara menyikat ternak setiap hari. Alat ini akan sangat berguna jika kamu ingin mengikutkan ternakmu dalam festival, karena untuk menang ternak harus punya 10 hati. Satu-satunya cara mendapatkan sikat ini yaitu dengan cara dibeli dari Saibara seharga 800 G.

Milker (Pemerah Susu)

Digunakan untuk memerah susu dari ternak sapi yang sudah dewasa, milker hanya bisa didapatkan dengan membelinya dari Saibara dengan harga 2.000 G. Susu mempunyai harga yang cukup mahal jika dijual, terlebih jika sapimu punya 10 hati dan menang dalam festival, kamu akan mendapatkan susu emas. Setiap tanggal 20 summer diadakan festival sapi di Yodel Ranch, untuk bisa menang kamu hanya perlu memelihara dengan baik sapi yang kamu miliki dengan cara diberi makan, diajak bicara, disikat, susunya diperah dan lakukan semua itu setiap hari.

Clippers (Gunting)

Digunakan untuk memotong bulu domba dari domba yang sudah dewasa. Clippers hanya bisa didapatkan dengan membelinya dari Saibara dengan harga 1.800 G. Berbeda dengan sapi yang menghasilkan susu setiap hari, domba tidak menghasilkan bulu setiap hari. Setelah memotong bulu domba dibutuhkan waktu 7 hari untuk tumbuh kembali. Untuk mendapatkan bulu emas, domba harus menang pada festival. Festival domba diadakan tanggal 20 Fall setiap tahunnya. Untuk menang kamu hanya perlu merawat domba dengan baik. Tetapi ingat bahwa domba yang bulunya belum tumbuh tidak bisa ikut dalam festival domba.

Rucksack (Ransel)

Pada awal game sebenarnya kamu sudah memiliki ransel, hanya saja ukurannya masih kecil dan rasanya tidak memuat cukup barang. Kumpulkan uangmu untuk membeli tas yang lebih besar karena itu akan sangat bermanfaat khususnya untuk mencari uang yang lebih banyak. Rucksack hanya bisa kamu dapatkan dengan membelinya di Supermarket dengan harga 3.000 G untuk ransel sedang, dan 5.000 G untuk ransel besar. Kamu tidak bisa membeli ransel besar sebelum membeli ransel sedang.

Basket (Keranjang)

Keranjang merupakan alternatif yang sangat berguna jika kamu ingin mencari uang. Kamu bisa menyimpan banyak barang seperti hasil panen, tambang, maupun hasil hutam. Barang yang dimasukkan ke keranjang tidak bisa lagi diambil dan hanya bisa dijual. Keranjang ini hanya bisa didapatkan dengan membeli di supermarket seharga 5.000 G. Setelah memiliki keranjang kamu bisa membawanya saat memancing, mencari hasil hutan, saat panen, bahkan saat menambang. Tetapi perlu kamu ingat, pada saat menambang jangan pernah meninggalkan keranjang mu jika ingin pindah lantai atau keluar dari tempat tambang, karena akan cukup sulit menemukannya kembali bahkan kamu bisa kehilangan keranjang dan harus dibeli lagi.

Bell (Lonceng)

Sebenarnya jika ternakmu belum terlalu banyak, lonceng ini tidak terlalu berguna. Lonceng berfungsi untuk mengumpulkan ternak sapi dan domba untuk diatur masuk ke kandang atau dikeluarkan dari kandang. Untuk mendapatkan lonceng kamu harus membelinya di Yodel Ranch seharga 500 G.

Rumah & Perkebunan

Ini mungkin tidak bisa dianggap sebagai alat, tapi saya rasa perlu untuk dibahas di sini karena merupakan salah satu syarat untuk bisa menikah. Untuk upgrade rumah, kamu harus membeli lumber (kayu) dari Zack kemudian membayarnya untuk upgrade rumah. Berikut ini upgrade apa saja yang bisa kamu lakukan yang hanya bisa didapatkan secara berurutan:
  1. Kandang ayam 420 kayu + 5.000G (menambah 5 area ayam, satu inkubator serta 5 tempat makan)
  2. Upgrade rumah 1 370 kayu + 4.700G (menambah dapur, kulkas + lemari)
  3. Kandang Sapi dan Domba 500 kayu + 6.800G (menambah 10 area untuk memelihara ternak)
  4. Upgrade Rumah 2 750 kayu + 10.000G (menambah kamar tambahan di belakang rumah)
  5. Hothouse (rumah kaca) 580 kayu + 30.000G (menanam benih pada musim apapun)

Blue Feather

Pada dasarnya blue feather bukanlah sebuah peralatan, melainkan bulu yang hanya bisa digunakan sekali seumur hidup. Bulu ini digunakan untuk melamar gadis yang ingin kamu nikahi (dan tentunya hanya 1 gadis yang bisa kamu nikahi). Untuk menikahi gadis pilihanmu ada 2 syarat yang harus terpenuhi, pertama, memiliki blue feather yang hanya bisa dibeli dari Supermarket seharga 1.000 G atau dari Won yang akan menjualnya seharga 30.000 G. Kedua, sudah upgrade rumah 2x.

Mayonnaise Maker (Pembuat Mayonaise)

Mayonnaise maker hanya bisa diperoleh setelah melakukan upgrade kandang ayam. Alat ini harus kamu pesan dari Saibara untuk membuatkannya dengan harga 20.000 G ditambah sebuah Adamantite Ore (yang bentuknya seperti ketupat warna hijau tosca). Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk membuat mayones, harga mayones tentunya lebih mahal dari harga telur. Semakin bagus kualitas telur yang kamu buat mayones, maka semakin bagus pula kualitas mayones tersebut.

Yarn Maker (Pemintal Benang)

Yarn maker hanya bisa kamu dapatkan setelah upgrade kandang sapi-domba. Alat ini juga dipesan dari Saibara untuk dibuatkan dengan harga 20.000 G ditambah sebuah Adamantite Ore, sama seperti pembuat mayones. Yarn maker berfungsi untuk membuat benang wol dari bulu domba, dan semakin bagus kualitas bulu, maka benang yang dihasilkan juga semakin bagus.

Chees Maker (Pembuat Keju)

Chees maker hanya bisa diperoleh setelah upgrade kandang sapi-domba. Alat ini juga dipesan dari Saibara untuk dibuatkan dengan harga 20.000 G ditambah sebuah Adamantite Ore. Alat ini berfungsi untuk mengubah susu menjadi keju, dimana harga keju bisa 2 sampai 3 kali lipat harga susu. Untuk melihat harga barang-barang di HM: BtN kamu bisa baca di sini.

# Penutup

Itulah beberapa hal yang menurut saya perlu kamu ketahui tentang peralatan di game Harvest Moon: Back to Nature, baik peralatan tambahan maupun peralatan utama yang perlu di upgrade. Informasi dalam tulisan ini dilengkapi dengan berbagai saran yang akan sangat berguna dan membantumu dalam game ini. Oleh karena itu jika kamu merasa punya pengalaman yang bisa dibagikan, silakan sampaikan komentar kamu di bawah. Termasuk jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, silakan sampaikan pada komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan sampai jumpa!

Sumber: Wikibooks & pengalaman

Posting Komentar untuk "Semua Tentang Tools (Peralatan) di Harvest Moon: Back to Nature"

Dapatkan Info Terbaru!