Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Apa itu Spell Check?

Bagi sebagian orang, istilah Spell Check mungkin terdengar agak asing. Spell check di Microsoft Word menggunakan sebuah tool yang disebut sebagai Proofing Tools yang merupakan salah satu fitur yang cara kerjanya sangat familiar dan sangat membantu. Spell check merupakan fitur yang terdapat pada hampir semua aplikasi pengolah kata, bahkan termasuk browser seperti Google Chrome juga punya fitur semacam ini. Fitur ini berfungsi untuk memeriksa ejaan kata yang kita ketik apakah sudah benar atau belum, dan biasanya kata yang salah pengetikannya akan diberi garis bawah berwarna merah.

Jika soal garis bawah warna merah itu mungkin kamu sangat familiar dan mungkin sudah sering melihatnya. Secara default fitur ini kadang aktif secara otomatis, khususnya di Word. Hanya saja mungkin kamu sudah tau di mana letak kesalahan yang sebenarnya!? Kata yang diketik sudah benar tapi tetap dianggap salah (tetap ada garis bawah merahnya). Hal ini wajar terjadi, itu disebabkan karena bahasa yang kamu gunakan dan bahasa yang digunakan komputer untuk memeriksa ejaan keduanya berbeda.

Spell check merupakan sistem pemeriksa ejaan yang secara otomatis mengikuti bahasa penulisan yang kamu gunakan di PC kamu. Artinya apa? Spell check ini akan mengikuti bahasa apa yang kamu tetapkan pada pengaturan sebagai bahasa penulisan di PC kamu. Jadi sebenarnya ada dua bahasa yang digunakan dalam sebuah komputer, pertama, bahasa yang digunakan untuk semua tampilan (menu, pilihan, pengaturan, pokoknya semua yang ditampilkan), sedangkan yang kedua adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa penulisan. Bahasa penulisan pada PC ini akan memudahkan sistem operasi untuk mengetahui sebenarnya kamu sedang mengetik dalam bahasa apa. Biasanya kita bisa melihatnya dari bagian tray icon di pojok kanan bawah.

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Mungkin kamu sudah sering melihatnya tapi belum mengetahui apa maksud sebenarnya. Itu adalah simbol yang menunjukkan bahasa penulisan di PC kamu, EN atau ENG artinya English a.k.a bahasa Inggris, sedangkan jika ID atau IDN artinya bahasa Indonesia. Simbol ini hanya akan muncul jika di PC mu ada lebih dari satu bahasa. Jadi jika bahasa penulisan kamu bahasa Inggris, maka jangan salahkan komputer kalau dia menyalahkan tulisan kamu yang dalam bahasa Indonesia, iya kan!?.

Mengubah bahasa penulisan

Oleh karena itu sangat disarankan untuk kamu mengubah bahasa penulisan PC yang kamu gunakan kedalam bahasa persatuan, bahasa Indonesia, malah jadi Sumpah Pemuda. Mengapa harus diganti? Ini yang paling penting, karena jika kamu menggunakan bahasa penulisan yang berbeda, biasanya pada Microsoft Word akan mengubah otomatis kata yang dia anggap salah kedalam bahasa penulisan yang sedang aktif. Kamu mungkin sudah pernah melihat tulisan yang harusnya "bisa" berubah jadi "bias", karena dalam bahasa Inggris ada kata bias, jadi komputer pikir kamu salah ketik.

Hal itu tentunya krusial khususnya jika yang ditulis adalah sesuatu yang akan dibaca banyak orang, nanti kan dikiranya typo. Jadi sebelum kamu menggunakan spell checking bahasa Indonesia di Word, kamu perlu mengubah pengaturan bahasa penulisan di PC kamu, bisa dengan membuka pengaturan bahasa melalui tray icon (yang EN atau ENG, kalau English) dan menambahkan bahasa Indonesia. Tetapi kalau kamu kurang memahami langkah tersebut dan kamu adalah pengguna Windows 7 yang letak pengaturannya jauh berbeda dengan Windows 10, kamu bisa lihat video berikut.


Sedangkan pada Windows 10 kamu akan memerlukan koneksi internet untuk download bahasa yang mau di install. Tulis di pencarian "Language settings" kemudian pada jendela pengaturan, klik Add a preferred language, setelah itu cari "Bahasa Indonesia", jangan pilih "English (Indonesia)". Kemudian silakan download dan tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai, ganti bahasa penulisan yang aktif dengan bahasa Indonesia, biasanya simbol bahasa muncul di tray icon, jika masih EN atau ENG, ganti jadi IN atau IDN (EN dan IN merupakan singkatan yang digunakan pada Windows 7).

Menggunakan Spell Check Bahasa Indonesia di Word

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

# Microsoft Word 2013 & Word 2016

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Gambar di atas merupakan salah satu contoh penerpan spelling check dalam bahasa Indonesia, setiap kata yang tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia akan ditandai garis warna merah. Dalam penulisan jangka panjang tentunya fitur ini sangat berguna bukan!? Dapat membantu kamu meminimalisir kesalahan penulisan. Jadi untuk menggunakan spell check bahasa Indonesia di Word kamu perlu install proofing tools terlebih dahulu, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Terlebih dahulu kamu perlu download proofing tools melalui situs Microsoft sesuai versi Office yang kamu gunakan pada link berikut. Proofing tools merupakan tools yang berfungsi sebagai spelling checker.
  2. Pilih sesuai versi bit yang digunakan OS kamu, id-x86 untuk 32-bit dan id-x64 untuk 64-bit. Baca di sini untuk mengetahui perbedaannya.
  3. Install proofing tools yang telah kamu download dan install, tetapi sebelum mulai di install sebaiknya keluarkan dulu semua aplikai Office jika ada yang sedang terbuka
  4. Setelah proses install proofing tools tersebut selesai, buka aplikasi Word lalu ganti bahasa penulisan di Word ke bahasa Indonesia jika belum bahasa Indonesia, caranya klik nama bahasa yang ada di pojok kiri bawah tampilan Word
  5. Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word
  6. Selanjutnya jika bahasa yang terpilih bukan Indonesia, maka ganti ke Indonesia, setelah itu hilangkan centang pada dua pilihan yang ada di bawahnya. Dan sebelum klik OK pilih Set As Default terlebih dahulu
  7. Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

# Microsoft Word 365

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Sebagai salah satu versi yang paling diandalkan oleh Microsoft, Office 365 tentunya juga dilengkapi dengan fitur spell check tersebut. Hanya saja pada beberapa kasus, untuk Word 365 (dan Office 365 secara keseluruhan) ada dua cara untuk install spell check yang pernah saya coba. Tetapi cara kedua yang dibahas di bawah adalah langkah alternatif jika cara pertama tidak berhasil. Cara pertama adalah sebagai berikut:
  1. Pada aplikasi Office apapun (Word atau yang lain semuanya bisa), buka menu File, pilih Options, dan pilih Language
  2. Klik link "Install additional display languages from Office.com" yang ada di bagian bawah, lalu cari dan install bahasa Indonesia
  3. Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word
  4. Setelah itu jika pada bagian bahasa Indonesia terdapat keterangan "Proofing available" dalam bentuk link, maka kamu perlu download proofing bahasa Indonesia, yang merupakan spell check pada Word, dan Office secara umum

Sedangkan cara kedua sebagai alternatif ini hanya digunakan jika kamu gagal pada saat proses download maupun install bahasa Indonesia di Office 365 melalui cara pertama di atas. Pada dasarnya ini hanya bersumber dari pengalaman dan belum ada pembahasan lain baik dari situs Microsoft maupun situs lain yang membahasnya tetapi cara ini telah terbukti berhasil. Yang perlu kamu lakukan cukup sederhana, yaitu download dan install Microsoft Office Proofing Tools 2016. Ini adalah langkah yang digunakan untuk install proofing tools untuk Office 2016, tetapi proofing tools yang sama dapat bekerja juga untuk Office 365.

Hasil proofing tools setelah spelling checker aktif

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Dapat kamu perhatikan bahwa pada gambar di atas hampir seluruh kata memiliki garis bawah berwarna merah yang menandakan bahwa kata yang digarisbawahi merupakan kata yang dianggap salah oleh aplikasi Word. Tetapi setelah mengganti bahasa penulisan ke bahasa Indonesia, setiap kata benar-benar diperiksa dan hanya menandai kata yang salah, itupun perlu kamu perhatikan bahwa tidak semua kata yang kamu tuliskan akan terbaca sebagai ejaan yang benar, ada juga tetap dianggap salah meskipun sudah benar, hal itu karena masih kurangnya referensi bahasa dalam kamus spell check pada aplikasi Office kamu, karena itu kamu bisa menambahkan kata yang sudah benar tapi masih dianggap salah kedalam kamus proofing tools Office. Caranya cukup klik kanan pada kata yang dianggap salah tersebut kemudian pilih Add to Dictionary. Dengan cara ini, setiap kata serupa yang muncul tidak akan dianggap salah lagi oleh proofing tool.

Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Penutup

Itulah beberapa langkah mudah dan alternatif yang bisa kamu coba untuk mengaktifkan spelling checker bahasa Indonesia di Office khususnya di Word dengan install proofing tools dari Office. Semoga dengan cara ini kamu bisa terbantu pada saat mengetik sesuatu di Office dan semoga tulisan ini bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal yang ingin kamu sampaikan, silakan tinggalkan komentar kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Menggunakan Proofing Tools Bahasa Indonesia di Microsoft Word"

Dapatkan Info Terbaru!