Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!

Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!

Tentang Barcode

Barcode atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan kode batang merupakan sistem pengkodean yang paling banyak digunakan saat ini. Tentunya barcode pasti bukan lagi sesuatu yang asing untuk kamu, hampir setiap hari kita menjumpai barcode, ya dalam setiap kemasan produk.

Sistem barcode banyak digunakan karena mempunyai cara kerja yang sangat efisien. Kita ambil contoh di toko swalayan misalnya, semua jenis barang yang dijual tentunya mempunyai barcode, fungsinya adalah agar mesin kasir dapat dengan mudah mengenali produk tersebut dan menampilkan informasi yang diperlukan seperti, nama produk dan harganya yang kemudian dikalkulasi dan menghasilkan total tagihan yang harus dibayar oleh pembeli.

Pada mesin kasir tersebut tentunya terdapat alat barcode reader atau yang lebih khusus disebut pemindai optik yang menghasilkan semacam sinar laser yang akan menangkap cahaya kontras yang terdapat pada barcode. Tentunya kan, kamu mungkin tidak menyadari bahwa semua barcode mempunyai warna yang kontras dengan latar belakangnya, hal itu bertujuan agar mesin dengan mudah membacanya. Hal itu pula yang mengakibatkan kemasan produk yang agak basah seperti, es krim, minuman dingin, dan semacamnya yang kemasan luarnya biasanya berembun karena dingin, terkadang sedikit lebih lama dibaca oleh mesin, karena cahaya yang dipantulkan oleh permukaan yang basah membiaskan barcode yang seharusnya dibaca oleh mesin.

Tentang QR Code

Pada awalnya sistem barcode dibuat pada tahun 1932 untuk kepentingan sistem pemeriksaan barang pada perusahaan retail. Namun saat ini sistem barcode penggunaannya sudah jauh lebih luas, bahkan sudah ada sistem pengkodean yang lebih canggih yaitu menggunakan QR Code. QR Code merupakan singkatan dari Quick Response, yang merupakan bentuk pembaruan dari barcode. Jika barcode mempunyai bentuk batang dan dan garis vertikal. QR Code mempunyai bentuk jajaran persegi, yang seperti biasa kontras dengan warna latar belakangnya.

Selain perbedaan bentuk, kode QR dapat memuat informasi yang lebih beragam dibandingkan barcode, seperti alamat URL, teks, dan nomor. Kode QR merupakan sebuah kode matriks yang memanfaatkan citra digital. Pada awalna QR Code dibuat oleh Denso-Wave sebuah perusahaan dari Jepang pada tahun 1994. Kode QR dapat diterjemahkan menggunakan ponsel yang mempunyai kamera dan aplikasi QR Code Reader. Seiring dengan laju perkembangan zaman, semakin banyak orang yang bertanya-tanya apa itu QR code. Hampir semua orang pernah melihatnya. Pola-pola kecil ini kian hari kian banyak bermunculan di berbagai tempat, di kemasan produk, koneksivitas aplikasi, dan bahan promosi.

Code Creator

Untuk membuat barcode maupun QR Code, terdapat beberapa situs generator yang tersedia di internet baik yang gratis maupun berbayar untuk mengubah teks apapun yang kamu inginkan menjadi barcode maupun kode QR. Tetapi Untuk kamu yang yang butuh membuat kode visual kapanpun bahkan saat tanpa koneksi internet, mungkin langkah-langkah yang dibahas dalam tulisan ini akan berguna untuk kamu.

Nah dalam posting kali ini akan dibahas tentang beberapa cara yang sangat mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat barcode dan QR Code secara offline di PC.

Membuat Barcode

Untuk membuat barcode, ada 2 cara mudah yang bisa kamu coba. Cara pertama di sini yaitu menggunakan font, sebuah font yang bisa di install di PC yang dapat merepresentasikan barcode. Dan cara kedua yaitu menggunakan sebuah aplikasi barcode generator yang perlu di download. Berikut langkah-langkahnya.

Cara #1

Terlebih dahulu silakan download font bernama barcode-font yang bisa kamu peroleh secara gratis. Salah satu situs yang menyediakannya bisa kamu cek di sini. Setelah itu install font tersebut kemudian buka aplikasi text editor seperti Word, bahkan Excel pun bisa. Lalu pada bagian pilih font, ganti menjadi barcode font.

Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!

Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!

Cara #2 (Bisa untuk Barcode dan QR Code)

Cara kedua yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama BarCodeGenerator. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan mempunyai ukuran yang sangat ringan serta tentunya dapat digunakan secara offline. Hanya saja sebelum bisa digunakan aplikasi ini perlu di install terlebih dahulu. Tetapi aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya selain bisa membuat barcode dan QR code, juga terdapat beberapa kode visual lain yang bisa dibuat menggunakan aplikasi ini. Nah, jika kamu ingin mencoba aplikasi ini silakan download terlebih dahulu pada link di bawah:

Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!

Membuat QR Code

Cara kedua di atas sebenarnya bisa kamu gunakan untuk membuat QR Code. Tetapi jika kamu mencari aplikasi yang bisa langsung digunakan tanpa perlu di install terlebih dahulu, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah. Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi ini berbeda dengan aplikasi pada cara kedua di atas, aplikasi ini hanya bisa membuat QR Code. Silakan download aplikasinya di sini.

Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!

Penutup

Itulah beberapa car amudah yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode maupun QR Code secara offline di PC. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menggunakan layanan yang disediakan situs-situs di internet yang tanpa kita sadari terkadang menggunakan shortlink untuk mengubah value dari kode yang kita buat. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal yang ingin kamu sampaikan silakan berikan komentar kamu pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Membuat Barcode dan QR Code Secara Offline di PC Gampang Banget!"

Dapatkan Info Terbaru!