Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

#DirumahAja — salah satu hashtag yang saat ini cukup populer dan cukup untuk mewakili banyak hal yang terjadi belakangan ini. Saat ini (saat tulisan ini dibuat), suasana sedang tidak memungkinkan semua orang untuk melakukan aktivitas di luar rumah seperti biasanya. Hal ini diakibatkan karena wabah Coronavirus Diseased atau Covid-19 yang sedang melanda hampir di seluruh dunia.

Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan virus tersebut, pemerintah Indonesia meminta kepada semua orang untuk lebih banyak berdiam diri di rumah. Oleh karena itu, di waktu yang seperti ini sangat cocok dimanfaatkan untuk belajar dan menambah ilmu selama di rumah saja. Terlebih lagi di bulan Ramadhan 1441H seperti saat ini (saat tulisan ini dibuat), ada baiknya jika kita mencoba memanfaatkan waktu untuk hal yang jauh lebih bermanfaat. Salah satu yang paling tepat adalah belajar tentang Al-Qur'an.

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk mempelajari Kitab Suci Al-Qur'an baik dari segi bacaan, terjemahan, dan tafsir, agar kita bisa mendapatkan ilmu yang ada di dalamnya yang kebenarannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang pada dasarnya belum terlalu lancar dalam melafadzkan bacaan-bacaan dalam Al-Qur'an. Selain itu hal yang jauh lebih penting lagi daripada bisa membaca dengan lancar, adalah bisa membaca dengan benar, karena banyak orang yang lancar dalam melafadzkan Al-Qur'an namun masih ada kesalahan dalam pengucapan huruf-huruf tajwid nya.

Belajar Tajwid Al-Qur'an dari PC

Kebanyakan orang akan merasa minder atau malu ketika tidak dapat membaca Al-Qur'an dengan lancar, bahkan tidak banyak yang malu untuk sekadar belajar. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika mencoba memulai belajar sendiri dari rumah saja. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan, ada beberapa media yang dapat kamu manfaatkan, salah satunya adalah laptop atau komputer yang ada di rumah kamu. Perangkat tersebut sudah lebih dari cukup untuk membantumu belajar, nah dalam posting kali ini akan dibahas tentang sebuah aplikasi PC yang RINGAN dan TIDAK PERLU KONEKSI INTERNET untuk belajar Tajwid Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Aplikasi ini bisa kamu buka melalui PC (komputer/laptop) secara langsung tanpa perlu di-install dan tanpa perlu koneksi internet selama digunakan. Selain itu aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan yang paling penting aplikasi ini ukurannya sangat ringan dan dilengkapi dengan suara yang bisa membantu dalam proses belajar.


Download Aplikasi Tajwid

Pada dasarnya tajwid merupakan suatu ilmu tentang tata cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, sesuai dengan sebagaimana orang-orang membaca dan melafadzkan Al-Qur'an, yaitu Rosulullah dan Para Sahabat Beliau yang mulia. Oleh karena itu ilmu tajwid merupakan suatu ilmu yang sangat penting dipelajari khususnya sebelum memulai belajar membaca Al-Qur'an. Dalam hal ini dimaksudkan adalah anak-anak yang akan memulai belajar Al-Qur'an sebaiknya diajarkan tentang tajwid yang benar terlebih dahulu. Oleh karena itu aplikasi yang dimaksudkan di sini mungkin sebenarnya mempunyai tampilan yang lebih diperuntukkan untuk anak-anak. Tetapi dengan memperhatikan isi dan materi yang ada di dalamnya, tidak ada salahnya orang dewasa menggunakanya, khususnya yang ingin memperbaiki cara pembacaannya. Silakan download aplikasi tajwid ini pada link berikut:


Screenshot Aplikasi Tajwid untuk PC

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa aplikasi ini mungkin terlihat seperti aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak, tetapi saya rasa konten dari aplikasi ini cukup bermanfaat untuk digunakan oleh orang dewasa, tidak ada salahnya, selain itu aplikasi ini juga mudah digunakan dan mudah dipahami, serta dilengkapi suara yang akan menuntun proses pembelajaran. Selain belajar tentang tajwid, aplikasi ini juga menyediakan materi tentang hukum bacaan seperti, Izh-haar, Idghaam, Iqlaab, Ikhfaa', dan lain-lain.

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

Tambahan

Sebagai bahan pembelajaran tambahan, untuk kita semua yang tetap dalam proses belajar dan mencari tau, maka dalam tulisan ini saya akan membagikan beberapa tips lain yang bisa digunakan untuk belajar tajwid. Setelah mengetahui cara pengucapan huruf hijaiah, kamu bisa memperlancarnya dengan menggunakan salah satu metode pembiasaan yang cukup efektif. Metode ini yaitu kamu hanya perlu mengulangi sebuah bacaan yang mewakili berbagai cara pengucapan suatu huruf jika digabungkan dengan huruf yang lain. Jadi dalam bacaan tersebut kamu hanya perlu menggantinya dengan huruf yang kamu inginkan dan polanya selalu sama. Bacaan tersebut adalah sebagai berikut

Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)

Cara kerjanya yaitu kamu cukup mengganti semua huruf yang "ta" atau "kha" (pada contoh) dengan huruf yang kamu ingin pelajari atau yang ingin kamu latih pengucapannya. Jika kamu masih bingung, kamu bisa menonton daftar lengkapnya pada video berikut ini.


Penutup

Aplikasi tajwid ini mungkin hanya satu diantara beberapa aplikasi atau metode yang dapat kamu gunakan untuk belajar. Semoga tulisa ini bisa memberikan wawasan dan ilmu yang bermanfaat untuk kamu. Selain itu dalam tulisan ini mungkin terdapat kekeliruan dalam penulisannya, oleh karena itu jika adalah yang kurang tepat silakan sampaikan komentar kamu di kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact. Terima kasih dan samapi jumpa!

Posting Komentar untuk "Aplikasi Belajar Mengaji di PC (Offline & Dengan Suara)"

Dapatkan Info Terbaru!