Mengirim Email di Gmail Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)

Mengirim Email Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)

Saat ini email merupakan salah satu fasilitas penting yang digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Meskipun sudah banyak aplikasi layanan pesan instan yang lebih praktis dan cepat. Namun email masih menjadi pilihan banyak orang, terutama bagi yang menjalankan bisnis atau lembaga.

Email yang dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik (surel) memungkinkan kita untuk mengirim pesan dalam format HTML dan disimpan pada mail hosting tertentu. Contohnya layanan email yang paling banyak digunakan berasal dari Google, yaitu Gmail dan segala pesan email disimpan pada hosting Google. Jadi kebanyakan orang memiliki dan menggunakan alamat email dengan domain @gmail.com.

Apakah bisa mengirim email selain domain gmail.com?

Tentu saja bisa! Mengirim email bisa dengan nama domain sendiri, misalnya dengan alamat admin@maringngerrang.com. Pada dasarnya saat pembelian paket hosting di internet, sudah ada fitur pengiriman dan menerima email melalui Cpanel dengan menggunakan domain yang aktif.

Tapi bagi kamu yang cuma menggunakan layanan domain saja, tanpa membeli paket hosting, masih ada harapan untuk bisa mengirim email dengan menggunakan domain sendiri. Karena seperti yang diketahui bahwa tanpa pembelian paket hosting, maka kita tidak diberikan akses layanan Cpanel. Dimana fitur mengirim email dengan domain sendiri hanya ada di Cpanel tersebut.

Lalu bagaimana caranya mengirim email dengan domain sendiri tanpa menggunakan Cpanel? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Baiklah, mari kita bahas pada artikel kali ini. Terlebih dahulu kamu harus mempersiapkan dan memenuhi syarat berikut:
  • Memiliki akun Gmail
  • Memiliki layanan domain (tidak perlu dengan hosting/Cpanel)
  • Memiliki layanan email forwarding di client area dari Provider Domain

Email forwarding merupakan salah satu layanan tambahan yang biasanya disediakan oleh provider domain pada client area/member area. Tapi sayangnya tidak semua provider menyediakan layanan tersebut tanpa pembelian hosting.

Berdasarkan pengalaman saya, beberapa provider domain yang menyediakan email forwarding adalah Domainesia, Idwebhost, dan Jagoanhosting. Mungkin beberapa provider lain juga menyediakannya, untuk lebih jelasnya kamu bisa tanyakan ke service center masing-masing provider.

Selain itu provider yang tidak menyediakan email forwarding di client area contohnya Niagahoster. Jadi di provider tersebut mengharuskan kamu untuk membeli hosting untuk bisa memakai email forwarding. Untuk mengetahui lebih tentang email forwarding, kamu bisa baca pembahasannya di sini

Mengaktifkan Email Forwarding

Terlebih dahulu buatlah sebuah email forwarding yang mengarah pada alamat email Gmail milik kamu di client area penyedia domain yang kamu gunakan. Lalu pastikan pesan yang dikirim ke email domain kamu dapat sampai ke Gmail tersebut.

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah dan Sandi Aplikasi

Aktifkan keamanan lebih pada akun Gmail kamu. Pada langkah ini kamu bisa menggunakan nomor HP untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah.
  1. Buka pengaturan keamanan Google Akun
  2. Klik Verifikasi 2 Langkah lalu ikuti langkah-langkahnya sesuai jenis verifikasi yang kamu inginkan. Misalnya dengan nomor hp atau verifikasi di android
  3. Mengirim Email Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)
  4. Setelah verifikasi 2 langkah diaktifkan, kembali ke Google Akun, akan muncul pilihan Sandi Aplikasi, klik pilihan tersebut
  5. Mengirim Email Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)
  6. Pada bagian "Pilih aplikasi" pilihlah Email lalu "Pilih perangkat" pilih Lainnya (Nama kustom) dan isikan nama dengan Gmail
  7. Mengirim Email Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)
  8. Pastikan kamu menyalin kode yang muncul pada kotak berwarna kuning. Simpan sandi tersebut misalnya pada Notepad, karena setelah klik Selesai sandi tersebut tidak akan bisa dilihat lagi

Menambahkan Custom Email ke Gmail

Selanjutnya kamu perlu menambahkan email kustom pada Gmail, dengan cara ini kamu bisa mengirim pesan di Gmail menggunakan alamat email dari domain kamu. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Gmail
  2. Klik ikon gir/gear di bagian atas kemudian pilih Setelan
  3. Mengirim Email Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)
  4. Klik bagian Akun dan Impor
  5. Pada bagian Kirim email sebagai klik Tambahkan alamat email lainnya
  6. Mengirim Email Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)
  7. Pada jendela yang muncul, isikan Nama sesuai nama pengirim email yang kamu inginkan. Pada bagian Alamat email isi sesuai dengan alamat email custom domain yang kamu aktifkan di email forwarding. Lalu klik Langkah Berikutnya
  8. Pada bagian Server SMTP isikan dengan smtp.gmail.com
  9. Nama Pengguna isi dengan nama alamat email gmail penerima email forwarding. Jika email nama.kamu@gmail.com, maka nama penggunanya adalah nama.kamu
  10. Sandi diisi dengan Sandi Aplikasi yang sebelumnya telah kamu peroleh pada tahap sebelumnya
  11. Kamu bisa mengganti Port 578 atau 465. Biasanya saya menggunakan port 465 dengan sambungan SSL
  12. Setelah selesai klik Tambahkan Akun. Akan ada email yang dikirimkan ke alamat email domain kamu. Periksa kotak masuk melalui akun gmail dan masukkan kode verifikasi yang dikirimkan

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengirim email dengan alamat domain sendiri melalui Gmail. Jika langkah di atas berhasil kamu lakukan, silakan ceritakan pengalaman kamu pada komentar di bawah.

Selain itu jika terdapat hal-hal yang kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Belum ada Komentar untuk "Mengirim Email di Gmail Dengan Domain Sendiri (Tanpa Cpanel/Hosting)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel