Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting

Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting

Tentang domain dan subdomain

Saat ini sebagian besar blog yang beredar di internet Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Baik dari segi jumlah/quantitas maupun dari segi kualitas. Pasalnya tidak jarang blog-blog Indonesia menjadi bahan referensi orang-orang dari luar negeri, beik itu karena memang berbahasa Inggris atau juga di-translate ke bahasa asing.

Salah satu indikator perkembangannya juga adalah banyaknya blog-blog di internet yang telah menggunakan domain, baik domain internasional seperti .com .net dan lainnya, namun juga sudah banyak yang menggunakan .id .web.id dan .my.id, salah satunya adalah pintaramp.id.

Subdomain di Blogger

Bagi pengguna domain di internet tentunya sudah tidak asing dengan sebutan subdomain. Subdomain merupakan nama bagian yang digabungkan dengan nama domain utama. Misalnya maringngerrang.com merupakan domain utama dan code.maringngerrang.com merupakan subdomain dengan nama subdomain "code".

Ada sebuah anggapan yang keliru di dunia internet yang mengatakan bahwa jika cuma beli domain di internet, maka tidak bisa menggunakan subdomain. Ternyata anggapan tersebut salah. Karena sebenarnya jika kita telah membeli hosting, maka kita bebas menggunakan subdomain sebanyak apapun yang kita inginkan, termasuk menggunakan subdomain di Blogger.

Jika kamu tidak percaya, bisa lihat di sini, di sini, ataupun di sini. Semua alamat tersebut dibuat tanpa menggunakan Cpanel dan tanpa membeli hosting, selain karena memang tidak punya.

Menggunakan subdomain tanpa Hosting dan tanpa Cpanel

Oleh karena itu dalam posting kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara membuat dan menggunakan subdomain di Blogger tanpa menggunakan Cpanel dan tanpa membeli hosting sama sekali. Yang diperlukan hanyalah membeli domain tentunya.

Tambahkan admin baru dulu
Jika kamu sudah menggunakan alamat domain utama kamu di blog lain di Blogger, maka gunakan akun Blogger yang berbeda untuk menambahkan subdomain, agar bisa menggunakan kode DNS yang berbeda.

Misalnya saya telah menggunakan maringngerrang.com di blog ini, lalu ingin menggunakan blog.maringngerrang.com pada sebuah blog di Blogger, maka saya harus menggunakan akun Gmail yang berbeda dengan akun gmail yang saya pakai pada saat

Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bagian Setelan klik link + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda
  3. Masukkan alamat subdomain yang ingin kamu gunakan, misalnya blog.domainkamu.com
  4. Klik tombol Simpan
  5. Saat muncul peringatan Kami tidak dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini biarkan saja dan jangan keluar dari tab tersebut
  6. Membuat Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting

  7. Selanjutnya buka situs penyedia layanan domain yang kamu gunakan
  8. Buka pengaturan DNS untuk menambahkan record baru
  9. Jika kamu belum pernah menggunakan domain tersebut di Blogger, maka kamu perlu menambahkan record dengan jenis A record yang mengarah ke IP address Google berikut ini: (tetapi jika sudah pernah menambahkannya lewati langkah ini)
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
  10. Kemudian tambahkan record dengan jenis "CNAME" yang berisi nilai sesuai dengan yang muncul pada langkah 5. Copy teks yang muncul pada halaman tersebut dan tambahkan pada DNS di domain kamu. Jadi selain 4 IP address di atas, ada 2 record CNAME yang ditambahkan. Pada langkah inilah yang menjadi sebab kenapa kamu harus menggunakan akun yang berbeda, karena jika menggunakan akun yang sama saat menambahkan domain utama, maka kode record CNAME yang ditambahkan akan sama, sedangkan kalau menggunakan akun berbeda tentu akan berbeda juga
  11. Kembali ke halaman Blogger sebelumnya, tekan tombol Simpan. Jika masih gagal, maka coba tunggu sekitar 15 menit kemudian coba lagi tekan tombol Simpan tersebut

Proses ini biasanya membutuhkan waktu hingga 30 menit atau lebih lama, tergantung performa penyedia layanan domain yang kamu gunakan. Cukup bersabar dan tunggu hingga proses pengalihan selesai. Jika telah berhasil, maka kamu akan menemukan alamat blog kamu sudah menggunakan subdomain.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan menggunakan subdomain di blogger tanpa membeli hosting dan tanpa menggunakan cpanel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Belum ada Komentar untuk "Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel