Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)

Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)

Foto dan Ukuran File Foto

Foto merupakan salah satu file yang cukup populer dan telah banyak digunakan saat ini. Untuk membuat foto pun sekarang sudah sangat mudah, hampir semua handphone saat ini sudah mempunyai fitur kamera yang memudahkan untuk mendapatkan foto.

Namun salah yang sering menjadi masalah bagi kamu yang suka foto-foto adalah ukuran file. Ya ukuran file foto bisa dibilang sangat variatif mulai dari yang sangat enteng hingga yang ukurannya setara sebuah video. Ada beberapa faktor yang bisa membuat ukuran foto menjadi cukup besar, salah satunya adalah spesifikasi.

Spesifikasi pada kamera smartphone merupakan faktor utama yang menentukan ukuran file sebuah foto yang dihasilkannya. Pada beberapa smartphone terdapat pengaturan HDR yang memungkinkan ukuran dimensi suatu foto bisa setara dengan kamera DSLR, termasuk ukuran filenya.

Namun sebagian besar smartphone menghasilkan kualitas gambar yang sama saja dengan foto tanpa HDR. Jadi sebaiknya gunakan fitur tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya untuk foto yang akan diedit, spanduk, banner, bahkan pasfoto sebaiknya gunakan HDR, tapi kalau hanya foto untuk di-upload ke media sosial, gunakan kualitas yang biasa saja.

Kenapa!? Karena kebanyakan media sosial akan mengkonversi dimensi gambar ke ukuran yang lebih kecil dari aslinya. Contohnya saja kamu bandingkan foto asli dengan foto yang diupload ke Facebook, Twitter, atau WA.

Memperkecil Ukuran File Foto

Untuk memperkecil ukuran file foto ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Tergantung dari kebutuhan apakah ingin memperkecil satu-dua foto saja atau foto yang lebih banyak.

Kompres Foto Secara Tunggal (Single)

Kalau fotonya cuma satu atau dua foto saja, ada cara mudah yang bisa kamu coba. Tanpa download aplikasi apapun, yang kamu butuhkan adalah sebuah PC dengan sistem operasi Windows apa saja. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik kanan file foto yang ingin diperkecil ukurannya
  2. Pilih Edit atau Open With lalu pilih Paint
  3. Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)
  4. Pada jendela Paint, pilih menu Resize
  5. Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)
  6. Atur ukuran bar (dalam persen) yang ingin kamu gunakan, ukuran tersebut juga akan mengurangi ukuran file foto tersebut
  7. Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)
  8. Jika sudah selesai, maka jangan lupa untuk pilih menu File lalu klik Save untuk menyimpan pada file yang sama (menimpa file lama) atau Save as untuk menyimpan gambar tersebut pada file baru

Resize Foto Secara Massal (Multiple)

Jika jumlah file foto yang ada sangat banyak, maka akan cukup merepotkan jika menggunakan cara di atas. Oleh karena itu ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil/resize ukuran foto yang banyak sekaligus (secara massal). Namun cara ini membutuhkan software atau aplikasi tambahan yang perlu di-download.

Tapi tenang saja, ukuran aplikasi sangat ringan hanya 1.3 MB dan tentunya aman untuk kamu gunakan. Terlebih dahulu silakan download di sini atau melalui link di bawah ini:


Selanjutnya install aplikasi tersebut seperti cara install aplikasi biasanya. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pilih semua file foto yang ingin di resize. Bisa dengan tahan tombol CTRL pada keyboard kemudian pilih satu per satu atau dengan CTRL + A untuk memilih semuanya sekaligus
  2. Klik kanan file yang sudah kamu pilih lalu klik Resize Pictures
  3. Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)
  4. Kemudian atur sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu tidak mengerti apa saja kegunaan pengaturan-pengaturan tersebut, maka cukup klik Resize dan lihat hasilnya
  5. Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)
  6. Tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah pilihan Resize the original pictures (don't create copies) jika diaktifkan maka akan menimpa file lama dengan file baru. Jadi jika kamu tidak ingin file lama foto tersebut terhapus, jangan aktifkan pilihan tersebut

Memperkecil Ukuran Foto Secara Online

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa mengubah ukuran file foto atau kompres ukuran file foto secara online. Cara ini mungkin lebih tergantung dengan kecepatan jaringan yang kamu gunakan. Tapi tidak ada salahnya untuk kamu lakukan pada kondisi jaringan yang stabil (dan tentunya punya kuota).

Kamu bisa gunakan aplikasi web untuk resize gambar secara online, dengan cara ini kamu tidak perlu install aplikasi apapun. Silakan buka salah satu link di bawah ini:

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran file pada foto atau gambar. Cara resize/compress ukuran foto jadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas foto secara signifikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Jika terdapat hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikan pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Mengecilkan Ukuran Gambar dan Foto (Multiple & Single)"

Dapatkan Info Terbaru!