Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Suka dengan konten Maringngerrang.com?
Jika kamu merasa terbantu dengan konten di blog ini, silakan dukung kami melalui Saweria.co/maringngerrang. Dukungan berharga dari kalian semua-lah yang membuat blog ini bisa tetap hadir di hadapan kamu. Terima kasih!

Membuat Contact Page dengan Google Forms

Membuat Contact Page dengan Google Forms

Contact Pada Blog

Membuat Contact Page dengan Google Forms ― Dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat halaman contact form di blogger tetapi dengan menggunakan fitur Google Drive. Mungkin sebelumnya sobat pernah menggunakan contact form yang disediakan oleh blogger. Sebelum itu, kita perlu nanya, apa sih itu halaman contact form?

Pada sebuah blog Contact Form merupakan sebuah form atau formulir yang digunakan oleh pengunjung blog untuk menuliskan pesan yang akan disampaikan ke pengelola blog tersebut. Jadi dengan adanya contact form, pengunjung blog bisa berkomunikasi kepada pengelola blog tersebut untuk menyampaikan baik itu pertanyaan maupun pernyataan.

Ada berbagai macam bentuk contact form yang biasanya disediakan pada sebuah halaman situs khususnya blog, biasanya dalam bentuk widget yang diletakkan pada sidebar atau juga dalam bentuk satu halaman penuh yang dapat dibuka tersendiri oleh pengunjungnya. Oleh karena itu bisa dibilang bagian yang satu ini cukup penting untuk tersedia di sebuah blog, jangan sampai terjadi masalah dengan fitur contact karena pesan tidak akan tersampaikan dengan baik.

Namun beberapa kasus yang mungkin terjadi adalah fitur contact form yang terpasang tidak dapat berfungsi dengan baik dikarenakan oleh satu dan lain hal. Oleh karena itu salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan layanan eksternal, atau layanan yang bukan disediakan oleh penyedia blog, dalam hal ini Blogger, salah satu yang paling efektif untuk digunakan adalah Google Forms.

Google Forms (Google Formulir)

Google Forms atau Google Formulir merupakan sebuah layanan/fitur yang disediakan oleh Google sebagai bagian dari aplikasi layanan Office dari Google seperti, Documents, Spreadsheet, dll, yang juga dihubungkan dengan media penyimpanan online Google Drive. Google Forms ini berbasis online dan disimpan pada Google Drive dan data yang dikumpulkan dapat di-ekspor dalam bentuk dokumen Spreadsheet yang menyerupai Microsoft Excel.

Google Formulir ini mempunyai ruang lingkup yang lebih umum dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, oleh karena itu layanan dari Google ini cocok untuk dipakai sebagai contact form pada sebuah blog, selain karena layanan ini mempunyai kemungkinan down atau mengalami masalah adalah lebih kecil, tetapi juga data atau pesan yang dikirimkan pengunjung bisa dengan mudah dikelola menggunakan Google Spreadsheet. Oleh karena itu berikut ini pembahasan tentang Membuat Contact Page dengan Google Forms.

Membuat Google Formulir

Secara umum halaman form kontak pada sebuah blog terlihat seperti ini, sedangkan halaman form kontak yang menggunakan Google Drive bisa kamu lihat pada halaman Demo. Untuk membuatnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Buka Google Drive lalu login dengan akun kamu
  2. Buatlah sebuah Google Formulir dengan menekan tombol Tambah (+) lalu pilih Google Formulir.
  3. Membuat Contact Page dengan Google Forms
  4. Isi bagian judul formulir (ganti Formulir tanpa judul) dengan Contact Us atau Hubungi Kami
  5. Isi bagian deskripsi dengan keterangan yang kamu inginkan, misalnya, Halaman ini merupakan halaman kontak untuk menghubungi admin
  6. Pada bagian pertanyaan yang pertama muncul saat kamu membuat formulir, ganti jenis pertanyaan dari Pilihan ganda menjadi Jawaban singkat. Lalu isikan judul pertanyaan dengan "Nama"
  7. Tambahkan deskripsi untuk pertanyaan pertama dengan menekan tombol "titik tiga" yang ada di sudut kanan bawah kotak pertanyaan tersebut, lalu pilih Deskripsi. Masukkan deskripsi "Isi dengan nama lengkap kamu"
  8. Aktifkan bagian Wajib diisi untuk nama
  9. Membuat Contact Page dengan Google Forms
  10. Tekan tombol + yang ada di bagian sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru
  11. Isikan judul pertanyaan dengan "Alamat Email" lalu ganti tipe pertanyaan kedua dari Pilihan ganda menjadi Jawaban singkat
  12. Jika muncul teks Saran: Aktifkan setelan pengumpulan email, maka JANGAN KLIK link tersebut! Pada bagian kanan bawah tekan tombol "titik tiga" lalu pilih validasi respons. Pilih jenis validasi dengan Teks lalu isian dengan Alamat email, teks kesalahan khusus bisa kamu isi dengan "Harap masukkan alamat email yang benar"
  13. Tambahkan deskripsi seperti langkah nomor 6 untuk pertanyaan alamat email, dengan deskripsi "Masukkan alamat email yang dapat dihubungi"
  14. Aktifkan bagian Wajib diisi untuk alamat email
  15. Membuat Contact Page dengan Google Forms
  16. Tekan tombol + yang ada di bagian sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru
  17. Isikan judul pertanyaan dengan "Pesan" lalu ganti tipe pertanyaan dari Pilihan ganda menjadi Paragraf
  18. Tambahkan deskripsi dengan cara yang sama seperti langkah 6 untuk pertanyaan pesan, dengan deskripsi "Masukkan pesan yang ingin kamu sampaikan"
  19. Pertanyaan pesan dapat kamu aktifkan Wajib diisi atau tidak, tergantung dari kamu tapi dalam hal ini saya sarankan tidak perlu diaktifkan (sebagai formalitas bahwa pengunjung bisa mengirimkan pesan kosong)
  20. Membuat Contact Page dengan Google Forms

Mengatur Google Forms menjadi Contact Form

Setelah mengikuti langkah di atas, kamu akan mendapatkan tampilan Google Formulir yang kurang lebih sama seperti ini:

Membuat Contact Page dengan Google Forms

Selanjutnya kamu bisa mengatur tampilan dari Google Formulir yang kamu buat sesuai keinginan. Yaitu dengan menekan tombol bersimbol pelet warna di bagian kanan atas. Lalu tentukan warna yang kamu sukai. Saya sarankan sebaiknya tidak perlu menggunakan gambar untuk header, karena dengan ukuran tertentu gambar tersebut tidak akan terlihat.

Membuat Contact Page dengan Google Forms

Membuat Contact Page yang Berisi Google Forms

Setelah desain formulir telah selesai dibuat dengan menggunakan Google Formulir dari Google Drive. Tekan tombol KIRIM yang ada di bagian kanan atas. Lalu pada pop up Kirim formulir, tekan simbol <> dan tekan tombol SALIN. Anda bisa menyesuaikan ukuran lebar dan tingginya nanti setelah melihat hasilnya di halaman blog kamu.

Membuat Contact Page dengan Google Forms

Selanjutnya kamu akan memasang formulir tersebut di halaman blog milik kamu. Untuk memasangnya kamu perlu membuat sebuah halaman statis, di halaman admin Blogger buka bagian Halaman lalu klik Halaman baru.

Isi judul halaman sesuai keinginan kamu, misalnya "Halaman Kontak". Lalu ganti mode penulisan dari Compose menjadi HTML dengan menekan tombol yang berada di bagian kiri atas di bawah nama blog kamu. Setelah itu masukan kode yang telah kamu salin dari Google Formulir tadi. Setelah itu langsung tekan tombol Publikasikan untuk melihat hasilnya di halaman blog kamu.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk membuat halaman formulir kontak dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di Google Drive, yaitu Google Formulir. Selain itu dengan menggunakan Google Formulir kamu bisa melihat hasil respon atau pesan yang dikirim melalui file Spreadsheet yang dibuat pada direktori Google Drive yang sama dengan formulir yang kamu buat tadi.

Semoga cara yang dijelaskan di atas bisa dipahami dengan jelas dan bisa bermanfaat untuk kamu. Jika ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu ditanyakan atau terdapat bagian yang dianggap keliru dan perlu diluruskan, silakan sampaikan semuanya pada kolom komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan sampai jumpa!

Posting Komentar untuk "Membuat Contact Page dengan Google Forms"

Dapatkan Info Terbaru!