Cara Mudah Disable Copy Gambar di Blogger

Cara Mengatur Gambar di Blogger Tidak Bisa di Copy. Cara Mudah Disable Copy Gambar di Blogger

Pelanggaran Hak Cipta

Cara Mengatur Gambar di Blogger Tidak Bisa di Copy - Plagiarisme atau sering disebut plagiat merupakan sebuah tindakan yang kurang terpuji. Di dunia maya pelanggaran yang paling banyak terjadi adalah pencurian, termasuk pencurian karya orang lain dan pelanggaran hak cipta.

Banyak orang yang menampilkan karya mereka melalui internet. Baik itu sebagai pameran, portofolio, maupun sebagai lahan bisnis untuk berjualan. Hal itu sah-sah saja serta banyak yang mengembangkannya hingga tren "belanja online" mulai terkenal. Bukan cuma membeli barang secara online, tetapi juga membeli berbagai hal yang benar-benar "online".

Meskipun demikian banyak pula orang, khususnya pengguna internet, yang mengeluhkan tindakan sebagian orang yang kerap melakukan plagiat terhadap karya orang lain. Tindakan tersebut bisa dibilang sebagai pencurian.

Namun jika plagiat dilakukan untuk kepentingan sendiri itu belum seberapa dibandingkan plagiat yang mengatasnamakan diri sendiri terhadap karya orang lain.

Dalam lingkup dan contoh yang lebih sederhana salah satunya adalah plagiat terhadap karya orang lain berupa tulisan, baik itu tulisan dalam karya tulis ilmiah maupun artikel posting dari blog. Salah satunya adalah artikel ini.

Tidak sedikit orang yang melakukan tindakan kurang terpuji dengan mengambil karya tulisan orang lain dan mempulikasikan atas nama sendiri. Seperti menyalin teks artikel dari blog seseorang lalu diposting melalui blog sendiri. Hal itu juga termasuk pelanggaran hak cipta. Meskipun hal itu akan berdampak buruk terhadap penilaian mesin pencari terhadap situs tersebut. Untuk mengatasi plagiat terhadap tulisan di blog kamu, baca tentang Mencegah Plagiat Konten Blog dengan Disable Blok Teks.

Selain karya dalam bentuk tulisan, terkadang gambar pun juga bisa menjadi sasaran orang-orang yang malas untuk membuat gambar sendiri. Seringkali pada sebuah blog terdapat posting berkonten gambar yang diambil dari blog orang lain tanpa izin dan tanpa menyertakan sumber.

Oleh karena itu, banyak pengguna yang melakukan berbagai cara untuk menghindari perbuatan orang-orang yang gemar melakukan plagiat. Termasuk plagiat gambar. Tips berikut ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi agar gambar di Blogger tidak bisa diplagiat orang lain atau dengan kata lain tidak bisa di copy.

Mengatur Gambar di Blogger Tidak Bisa di Copy

Untuk mengatur agar gambar di blog tidak bisa di-copy secara sembarangan oleh orang lain, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Baik itu salah satunya atau menggunakan dua cara tersebut sekaligus juga bisa.

Sederhananya dua cara tersebut adalah dengan memanfaatkan sintaks CSS dan cara yang kedua dengan memanfaatkan sintaks Javascript. Karena itulah cara ini bisa diaplikasikan bersamaan sekaligus.

Cara pertama: menggunakan CSS

Dengan memanfaatkan CSS kamu bisa mengatur agar gambar di blog tidak bisa di-copy orang lain. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka blogger
  2. Buka bagian Tema lalu pilih Edit HTML
  3. Temukan kode ]]></b:skin> di HTML blog kamu
  4. Tambahkan kode berikut tepat di atasnya
  5. /*Disable Selection Img*/
    .post-body img{pointer-events:none!important}
  6. Klik tombol Simpan

Setelah menyimpan perubahan kode HTML tersebut, kamu bisa coba periksa salah satu posting di blog kamu yang ada gambarnya. Lihatlah apakah gambar tersebut bisa di-drag atau di-copy.

Akan tetapi jika kamu merasa cara tersebut masih memungkinkan untuk menyalin gambar dari blog, maka cara kedua bisa kamu coba. Baik itu mengembalikan perubahan dari cara pertama atau tetap membiarkannya.

Cara kedua: menggunakan Javascript

Cara kedua ini bisa dibilang akan cukup memaksa pengunjung untuk tidak bisa menyalin gambar yang ada di blog. Pada dasarnya sintaks Javascript yang bisa kamu gunakan untuk mengatur agar gambar tidak bisa di-copy oleh pengunjung yaitu dengan menambahkan atribut onmousedown="return false" oncontexmenu="return false" onselectstart="return false" pada setiap tag img di blog kamu.

Namun jika posting pada blog jumlahnya ada ratusan, maka pekerjaan tersebut akan benar-benar melelahkan dan membutuhkan waktu yang agak lama. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan JQuery untuk melakukan hal tersebut.

Namun JQuery tidak benar-benar menambahkan atribut baru dan mengedit postingan di blog kamu. Dia hanya bertugas menambahkan atribut tersebut setiap kali halaman blog kamu dibuka. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka blogger
  2. Buka bagian Tema lalu pilih Edit HTML
  3. Tambahkan kode di bawah ini di atas penutup tag head yaitu </head>. Langkah ini hanya dilakukan jika blog kamu belum dipasangi JQuery. Jika sudah ada JQuery, langsung lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  4. <script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.3/jquery.min.js'></script>
  5. Tambahkan kode di bawah ini di atas penutup tag body yaitu </body>
  6. <script type='text/javascript'>
    $(&#39;img&#39;).attr({
      &#39;onmousedown&#39;:&#39;return false&#39;,
      &#39;oncontexmenu&#39;:&#39;return false&#39;,
      &#39;onselectstart&#39;:&#39;;return false&#39;
    });
    </script>
  7. Setelah itu klik tombol Simpan

Setelah perubahan tersebut tersimpan, lanjutkan dengan memeriksa melalui halaman blog kamu yang terdapat gambar. Dengan cara ini pengguna akan setidaknya membutuhkan usaha lebih untuk menyalin gambar yang ada di blog kamu. Serta cara ini bisa membantu mengurangi perbuatan pelanggaran hak cipta di internet.

Penutup

Dengan kedua cara di atas semoga bisa membantu mengurangi pelanggaran hak cipta, serta mencegah agar blog kamu tidak diplagiat oleh orang lain tanpa izin dan tanpa menyertakan sumber. Jangan lupa sampaikan komentar terbaik kamu di bagian komentar. Terima kasih dan sampai jumpa!

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel