Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad — Menurut kamus besar bahasa Indonesia huruf hijaiah dapat diartikan sebagai sistem aksara Arab atau huruf Arab. Huruf hijaiah pada umumnya kita kenal melalui pembelajaran bahasa Arab dan pembelajaran mengaji dan mengenal huruf Al-Qur'an yang biasanya menggunakan metode Iqro (baca). Huruf Arab pada dasarnya berjumlah 29 huruf. Adapun huruf Lam Alif dan huruf Ta Marbutah digolongkan sebagai salah satu dari 29 huruf dasar, sebab huruf tersebut dapat dipecah menjadi beberapa huruf seperti Lam dan Alif serta huruf Ha jika Ta Marbutah berbaris sukun (mati) dan akan menjadi huruf Ta jika memiliki harakat.

Huruf hijaiah biasanya seringkali dikaitkan dengan agama Islam. Terlepas dari kitab suci Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab, huruf hijaiah merupakan aksara yang digunakan dalam bahasa Arab sehari-hari. Bahasa Arab dapat dikatakan sebagai salah satu bahasa tertua di dunia yang masih digunakan hingga hari ini. Menurut sejarah bahasa Arab merupakan bahasa yang cukup banyak mempengaruhi bahasa Farsi setelah masuknya agama Islam ke tanah Persia. Banyak orang menganggap bahwa bahasa Arab sama dengan bahasa Farsi, namun pada dasarnya kedua bahasa tersebut berbeda baik dari segi kosakata maupun penyebutan. Meskipun jika diperhatikan dengan seksama kedua bahasa tersebut menggunakan huruf yang sama.

Perbedaan ahli Nahwu dan ahli Qori'ah

Terdapat beberapa berbedaan terhadap cara penyebutan nama-nama huruf hijaiah. Antara ahli bahasa Arab (ahli nahwu atau nahwiyyin) dengan ahli qira’ah. Menurut ahli bahasa Arab nama-nama huruf hijaiah dibaca dengan menambahkan huruf Alif Lam di depannya serta huruf Hamzah di belakangnya. Misalnya huruf Ba (ب) diberi nama al-Ba'u, ditulis dengan اَلْبَاءُ, sehingga ketika dibaca berbunyi Ba' atau Bak.

Cara penyebutan tersebut tidak sesuai dengan kaidah penyebutan yang digunakan oleh ahli qira'ah yang merujuk kepada bacaan Al-Qur'an pada huruf-huruf Pembuka Al-Qur'an seperti حم dan طه dan sebagainya. Penyebutannya tidak pernah diajarkan secara sima'i (mendengarkan langsung) bahwa huruf-huruf tersebut dibaca dengan Tho' Ha' atau Thak Hak, serta Ha' Mim (atau Hak Mim), melainkan wajib dibaca Tha Ha dan Ha Mim tanpa petik diakhir penyebutannya.

Oleh karena itu penyebutan nama huruf-huruf selain huruf Pembuka Al-Qur'an tersebut dapat diqiyaskan bacaannya sama dengan huruf-huruf Pembuka Al-Qur'an tersebut sehingga dibaca tanpa mengeluarkan bunyi huruf Hamzah pada akhirnya. (Sumber: https://belajaralquran.id/).

Menulis huruf Arab di komputer dengan Arabic Pad

Secara default sebuah program komputer akan menggunakan sistem penulisan dengan huruf latin seperti yang biasa kita temui. Namun untuk mendukung penggunaan di berbagai negara dengan berbagai aksara, program komputer dikembangkan sesuai kebutuhan. Termasuk huruf Arab juga dapat digunakan di komputer.

Kamu dapat menulis huruf Arab di komputer dengan menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan pengaturan dasar. Kamu dapat mengubah bahasa penulisan yang digunakan komputer kamu menjadi Arabic. Sehingga layout keyboard yang digunakan secara default disesuaikan dengan bahasa Arab dan kamu dapat mengetik langsung dengan huruf hijaiah. Namun hal tersebut terkesan merepotkan, kamu perlu mengganti bahasa penulisan setiap kali perlu menulis dengan huruf latin.

Solusi yang paling baik untuk kamu yang ingin mengetik tulisan Arab menggunakan komputer adalah dengan memanfaatkan sebuah perangkat lunak pengolah teks bernama Arabic Pad. Merupakan sebuah freeware, perangkat lunak gratis yang dikembangkan oleh Ebsoft dapat digunakan oleh siapa saja. Selain itu aplikasi ini juga mempunyai ukuran yang relatif sangat kecil hanya sekitar 43KB serta bersifat portable, artinya kamu Arabic Pad tidak perlu menginstall perangkat lunak tersebut untuk dapat digunakan. Cukup unduh lalu gunakan.

Arabic Pad mempunyai tampilan yang sangat sederhana serta mudah digunakan dan dapat dengan cepat dipahami. Ketika dibuka, tampilan awalnya akan menyerupai tampilan Notepad yang merupakan perangkat lunak bawaan Windows yang mungkin sering kita gunakan.

Download Arabic Pad

Arabic Pad dapat kamu gunakan secara langsung tanpa perlu melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan aplikasinya melalui beberapa link download berikut:

File yang kamu unduh merupakan file arsip dan harus diekstrak terlebih dahulu menggunakan aplikasi archive file execution semisal WinRar. Silakan buka aplikasi tersebut dengan cara membuka file Arabic Pad.exe. kamu akan menemukan tampilan seperti berikut ini (kecuali lafadz basmalah yang telah dituliskan).

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Cara Menggunakan Arabic Pad

Cara penggunaan Arabic Pad sama dengan penggunaan aplikasi Notepad. Kamu dapat langsung menulis pada jendela kerja yang telah disediakan. Terdapat beberapa peralatan dasar yang dapat kamu pilih pada tool bar di bagian atas. kamu juga dapat memilih beberapa menu melalui menu bar yang tersedia. Namun perlu kamu perhatikan bahwa pada Arabic Pad kamu tetap menggunakan keyboard latin seperti pada umumnya. Jadi tombol keyboard tertentu akan menghasilkan huruf hijaiah tertentu sesuai dengan pengaturan dasar yang telah ditentukan.

Untuk dapat menulis huruf hijaiah dengan baik dan benar kamu perlu mengetahui tombol keyboard apa saja yang digunakan menuliskan huruf-huruf hijaiah. Seperti untuk menuliskan lafadz basmalah di atas kamu akan menuliskan kata "bisomi allHi arvehomAni arvehiyom" pada keyboard latin. Untuk mengetahui apa saja tombol yang digunakan untuk menulis huruf hijaiah kamu dapat membacanya pada file Readme_en.html yang juga terdapat pada file arsip yang kamu unduh. Atau secara cepat kamu dapat membukanya melalui menu HelpHelp Topics pada menu bar Arabic Pad.

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Desain Grafis Arabic

Gaya tulisan pada Arabic Pad dapat kamu modifikasi sesuai keinginan kamu, termasuk jenis dan ukuran font yang kamu gunakan. Perlu kamu perhatikan bahwa gaya tulisan yang tersedia tergantung pada jenis font yang terpasang pada komputer kamu. Secara default sistem operasi Windows menyediakan jenis font untuk penulisan huruf Arab, dengan menggunakan font Microsoft Uighur. Namun kamu dapat menggunakan berbagai font Arabic Typography yang tersedia di berbagai situs di internet. Berikut ini beberapa contoh font typography yang dibuat dalam bentuk kaligrafi huruf hijaiah.

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad

Hal tersebut akan cukup membantu dalam mempercantik tampilan kaligrafi hijaiah yang kamu buat. Dengan begitu kamu akan lebih bebas memilih gaya tulisan sesuai dengan yang kamu inginkan. Atau jika kamu berminat kamu dapat memperoleh font dengan kualitas premium jika membeli font milik orang lain yang diperjualbelikan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetik Arabic di Windows dengan Arabic Pad"

Dapatkan Info Terbaru!