Cara Mudah Menarik Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Menarik, Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Sekilas tentang WhatsApp

Menarik, Menghapus Pesan WA yang Sudah Lama — Sebagai salah satu aplikasi pesan instan, WhatsApp kini berkembang pesat dan telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan perkembangan itu pula aplikasi yang sering disingkat WA ini terus mengalami perubahan dan perbaikan. Namun meskipun demikian, aplikasi ini tetap memiliki ciri khas. Yaitu simpel dalam penggunaannya. Bisa dilihat dari tampilan dan fungsi-fungsi di dalamnya yang tidak menor namun begitu bermanfaat.

Akhir Oktober 2017 yang lalu, WhatsApp menambahkan fitur baru. Saat itu disebut sebagai unsend. Fitur tersebut berfungsi untuk menghapus pesan baik itu untuk pengirim maupun penerima. Atau dengan kata lain menarik pesan yang sudah dikirim. Namun pesan yang bisa dihapus hanya berlaku untuk pesan yang kurang dari 7 menit.

Kemudian setahun setelah itu WhatsApp mengembangkan fitur menghapus pesan tersebut. Jika pada awalnya hanya bisa menghapus pesan yang kurang dari 7 menit. Kini durasinya diperpanjang menjadi 1 jam, 8 menit lebih. Dengan begitu akan lebih mempermudah penggunanya yang sering melakukan kesalahan dalam menulis pesan.

Menghapus pesan WA yang lebih lama

Jika ditanyakan apakah pesan WA satu tahun yang lalu bisa dihapus!? Maka jawabannya iya. Sebagai seorang pengguna seringkali kita berusaha untuk melampaui batas yang ada. Jadi wajar jika kita merasa penasaran untuk mengetahui apakah ada cara menghapus pesan WA yang lebih dari 1 jam.

Prinsip kerja untuk menghapus pesan WA menggunakan dasar waktu pada perangkat anda. Jadi jika waktu saat ini pada perangkat anda tidak jauh dari waktu pesan dikirim. Maka pesan tersebut akan dapat dihapus. Meskipun "waktu saat ini" telah diubah.

Berdasarkan cara kerja tersebut kemungkinan ada 2 cara yang bisa berhasil untuk menghapus pesan WA yang sudah lama. Cara pertama dengan mengubah waktu pada perangkat smartphone anda. Dan cara yang kedua dengan memanfaatkan fitur WhatsApp Web.

Cara pertama menghapus pesan lama WhatsApp

Jika menggunakan cara pertama, maka anda perlu mengubah pengaturan waktu pada smartphone anda. Jika anda tidak ingin melakukannya anda bisa langsung ke cara kedua.
  1. Anda harus memiliki pesan WA di smartphone anda yang dikirim lebih dari 1 jam yang lalu.
  2. Matikan semua koneksi internet pada ponsel anda. Termasuk WiFi dan data selular.
  3. Tutup aplikasi WhatsApp. Termasuk dari recent apps.
  4. Buka pengaturan (settings) pada ponsel anda. Ubah jam (dan tanggal jika perlu) agar sesuai dengan waktu pengiriman pesan yang ingin dihapus. Anda bisa mengaturnya menjadi 5 menit setelah pesan dikirim.
  5. Bukan aplikasi WA tanpa mengaktifkan koneksi internet.
  6. Temukan pesan yang ingin anda hapus. Hapus pesan tersebut dengan menahan pesan hingga muncul pilihan ikon hapus di bagian atas.
  7. Jika muncul pilihan "Delete for everyone" atau "Hapus untuk semua orang", maka anda berhasil. Anda bisa menghapus pesan manapun yang anda inginkan termasuk menghapus dari penerimanya.

Menarik, Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Setelah itu anda bisa mengembalikan pengaturan waktu di ponsel anda agar sesuai dengan waktu saat ini. Untuk lebih mudahnya bisa dengan mengatur perubahan waktu otomatis. Lalu menyalakan koneksi internet anda dan lihatlah pesan yang sebelumnya anda hapus. Untuk memastikan hal tersebut anda bisa menanyakan pada orang yang anda kirimi pesan tersebut.

Cara kedua menghapus pesan lama WhatsApp

Cara yang kedua ini anda tidak perlu mengubah pengaturan waktu di ponsel. Anda hanya perlu mengubah waktu pada sebuah komputer atau laptop. Oleh karena itu cara kedua ini mengharuskan anda memiliki perangkat PC, baik itu komputer atau laptop yang memiliki koneksi internet.
  1. Terlebih dahulu ganti jam (dan tanggal jika perlu) pada PC yang anda gunakan. Sesuaikan dengan jam dan tanggal dari pesan yang ingin anda hapus.
  2. Buka WhatsApp Web lalu koneksikan web tersebut dengan WA pada ponsel. Setelah itu temukan pesan WA yang ingin anda hapus.
  3. Klik tombol pilihan yang ada di sudut kanan atas dari sebuah pesan. Lalu pada menu yang muncul pilih Hapus pesan.

Menarik, Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Lalu pada opsi yang muncul pilih "Delete for everyone" atau "Hapus untuk semua orang". Dengan begitu anda telah berhasil menarik pesan WA yang telah terkirim meskipun telah lebih dari 1 jam.

Penutup

Meskipun pesan yang telah dikirim di WA dapat dihapus kembali namun sedikit yang perlu anda perhatikan bahwa anda tetap perlu hati-hati dalam mengirim pesan. Khususnya pesan yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Pesan yang dapat menyakiti hati orang lain. Sebab kata-kata kurang baik yang dikirim melalui pesan mungkin dapat ditarik kembali. Namun kata-kata kurang baik yang menyakiti hati orang lain tidak akan pernah bisa ditarik lagi. Terima kasih dan sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel